Book Review: Real Mom Real Journey

Buku Real Mom Real Journey yang bisa jadi “teman” di tengah perjuangan, dan ummm, mungkin masa-masa galau menjadi ibu baru?
Real Mom Real Journey memotret kisah-kisah Mommies yang tergabung dalam IndonesiaMontessori.com, termasuk sang Founder, Elvina Lim Kusumo yang biasa dipanggil Vina. Dari cerita tentang interaksi harian dengan anak, saat harus memilih, time management, sampai perjuangan mendapatkan buah hati, semua ada
Book Review: Real Mom Real Journey - Mommies Daily
Yang pertama terlintas saat saya skimming through this book adalah buku Chicken Soup for The Soul. 28 Mommies Stories, ditambah 4 cerita Motherhood Lifehacks, akan cukup membuat hangat hati (terutama) New Mommies yang masih mencari jatidiri sebagai ibu *tsaah, hahaha.
Eh, tapi betul, lho. Kisah-kisah para ibu disitu lebih dekat dengan realita kita orang Indonesia, situasi sehari-hari yang lebih familiar dan ‘membumi’, ketimbang dalam Chicken Soup yang terkadang terlalu dramatis sampai kita berpikir, ‘ah, itu kan hidup orang lain’.Satu-satunya yang ‘terasa’ berbeda adalah saat membaca hal-hal kecil seperti ‘facial dua jam’, ‘delivery order‘, dan ‘perawatan di salon’, saya langsung terpikir, ‘Oh, wow, mewah banget!’ Nggak semata-mata mewah dari segi materi saja, tapi juga dari segi waktu.

Downside-nya, bagi saya layout buku ini terlalu ramai. Highlight atas term-term penting memang bagus, tapi kalau berbeda-beda warna, ditambah lagi kolase foto serta kotak berisi quotes dan notes, cukup membuat saya terganggu saat berusaha membaca salah satu tulisan. But maybe that’s just me.

Book Review: Real Mom Real Journey - Mommies Daily
Overall, buku ini cocok untuk Mommies yang sedang mengalami ‘Mommies Meltdown‘, istilah yang dipakai Mbak Vina, membantu untuk berpikir bahwa kita nggak mengalami semua ini sendiri. Di luar sana banyak yang seperti kita, bahkan dengan perjuangan yang lebih berat. 

Sebagai bonus, buat Mommies yang menjalankan sistem ini, ada 10 Montessori Inspired Activities yang bisa jadi contekan untuk dipraktikkan di rumah bersama anak.

Kenal sosok ibu yang mungkin sedang galau atau butuh me-time? Buku ini mungkin cocok sebagai kado untuk menemaninya berjuang.

Post Comment