4 Tips Menyimpan Buah dan Sayur di Dalam Kulkas Supaya Tahan Lama

Dengan trik sederhana, ternyata buah dan sayur mommies bisa bertahan lebih lama. Dan yang paling penting nilai gizinya terjaga dengan baik.

Semenjak punya anak, kulkas saya isinya nggak jauh-jauh  dari buah sayur dan aneka sumber protein. Yang paling sering re-stock adalah buah dan sayur. Karena setau saya, dua sumber serta ini sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua hari.

4 Tips Menyimpan Buah dan Sayur di Dalam Kulkas Supaya Tahan Lama - Mommies Daily

Tapi ternyata, sebetulnya dari beberapa sumber yang saya baca. Sayur dan buah bisa bertahan lebih di dalam kulkas, asalkan memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Lapisi sayuran dengan kertas atau tissue

Pada dasarnya sifat sayuran akan cepat sekali membusuk. Terutama di beberapa jenis sayuran, pada bagian bawahnya, berisiko terjadi pembusukan. Misalnya sawi putih,  perhatikan deh, kalau kita beli di supermarket, tepat di bagian bonggol bawah akan dilapisi dengan kertas tipis. Hal yang sama, bisa mommie lakukan pada sayuran yang dibeli. Manfaatkan tissue untuk menyerap minyak, untuk membungkus sayuran mommies. Fungsinya untuk menyerap kelembapan sayuran agak tidak cepat membusuk.

  1. Pisahkan sayur dan buah

Buah biasanya akan mengeluarkan gas etilen, dan bereaksi sebagai hormon pematang. Efek lainya akan mempercepat layunya sayuran mommies, jika dicampur dengan sayuran.

Beberapa buah atau sayur yang memproduksi etilen di antaranya: apel, apricot, alpukat, pisang (matang) , blueberry, tomat, kentang, papaya, manggus, manga, kiwi, anggur, jambu biji, dan plum.

Kebalikannya, ini adalah daftar bahan makanan yang sensitive terhadap etilen: pisang (mentah), brokoli, kol, wortel, kembang kol, ketimun, terong, bawang putih, kacang hijau, sayuran hijau, daun bawang, paprika, strawberry, semangka, dan ubi jalar.

  1. Hindari mencuci sayur dan buah ketika menyimpan di dalam kulkas

Hal ini dilakukan karena hanya akan membuat sayur dan buah menjadi lembap, dan mempercepat tumbuhnya bakteri, dan berujung akan membuat sayur dan buah menjadi busuk.

  1. Secara berkala periksa kualitas kulkas mommies

Percuma saja kalau semua trik sudah dilakukan, tapi kulkas yang kita gunakan nggak mumpuni dari segi kualitas. Rajin membersihkan kulkas, minimal seminggu sekali bisa jadi langkah awal memastikan kulkas kita selalu dalam keadaan baik.

Beberapa waktu lalu, kulkas di rumah saya baru saja rusak. Sudah beberapa kali diperbaiki, tapi kembali lagi ngadat.  Sementara ini, keluarga kami hanya menggunakan satu kulkas dulu, padahal kami butuh dua kulkas, mengingat orangtua saya setiap pagi punya ritual minum juice, jadi harus menyetok buah-buahan setiap hari, dan dari segi jumlah bakalan terlalu padat jika dipaksa disimpan hanya dalam satu kulkas.

Dari hasil pencarian untuk calon kulkas baru, saya dapat informasi dari teman. Polytron baru saja mengeluarkan lemari es seri Belleza 3 yang punya fitur jagoannya, Shielded Moisture Compartment, teknologi yang memungkinkan menjaga kesegaran buah hingga 14 hari. Nggak hanya buah yang jadi perhatian Belleza 3, sayur juga mendapatkan porsi perhatian yang sama. Buktinya lemari es ini juga dilengkapi Humadity Control Crisper Compartment, kalau fitur yang satu ini tugasnya menjaga kelembapan agar sayur tetap segar dan nggak cepat kering.

Selain dari segi fungsi, estetika lemari es Belleza 3 juga diperhatikan, supaya tetap cantik “mejeng” bersanding dengan perkakas lainnya di rumah. Kalau saya sepertinya akan menjatuhkan pilihan ke warna dark grey, supaya netral. Pilihan warna lainnya ada dark blue, dark brown, violet dan black mirror. Belleza 3 juga menggunakan Kompresor terbaru R 600A. Dampaknya bisa menghemat eneri dan pendinginan lebih cepat, mencapai 15%.

Dari beberapa fiturnya tadi, saya pribadi, kepincut mau mengajaukan proposal ke Pak suami, hahaha. Kebutuhan keluarga untuk punya lemari es yang mampu menjaga kualitas buah dan sayur memang menurut saya penting banget.

Kalau kata dr. Reisa Broto Asmoro, yang juga hadir dalam peluncuran Belleza 3, beberapa waktu lalu di Jakarta. Mengatakan “Kesegaran buah dan sayur sangat penting untuk mengaja kandungannya sebagai sumber vitamin, antioksidan yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan phytochemicals, zat kimi yang hanya ditemukan dalam buah dan sayur yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh seperti betacarotene, lycopene dan juga polyphenols.”

Jadi nggak sabar, menikmati buah dan sayur yang disimpan di lemari es yang punya fitur canggih untuk memertahankan kualitas kesegaran bahan makanan keluarga kami. Pak suami…., jangan lupa acc, proposal saya, ya…:D


Post Comment