Resep Home Made Chicken Wing

Berawal dari anak-anak yang hobi banget jajan chicken wing untuk ngemil, saya pun browsing resep home made chicken wing yang ternyata nggak susah.

Setiap kali ke restoran pizza yang satu itu, anak-anak suka sekali memesan chicken wing. Lalu, kalau belanja bulanan, mintanya dibelikan frozen chicken wing yang udah berbumbu itu, lho.

Tadinya saya suka belikan, tapi kalau dipikir-pikir lagi, pasti ada, deh, cara bikin chicken wing sendiri yang bumbunya nggak rumit, tanpa pengawet. Browsing punya browsing, saya ketemu resep home made chicken wing yang rasanya nggak kalah sama resto.

Berikut resep home made chicken wing yang juga sudah sempat saya modifikasi sedikit. Saya beli di toko khusus jualan ayam 1 kg middle wing (ini sebutan chicken wing kalau di toko tersebut). Nanti setelah selesai diolah, saya pisahkan dalam plastik-plastik kecil, sesuai dengan jumlah porsi yang diinginkan.

Resep Home Made Chicken Wing - Mommies Daily

Bahan:
1 kg middle wing /chicken wing
5-6 siung bawang putih, haluskan
3 ruas jahe
2-3 sendok makan saus tiram
2-3 sendok makan kecap manis
1 buah jeruk nipis
1 sendok teh merica bubuk
garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Cuci bersih ayam (walau saya belinya di supermarket dan biasanya sudah dibersihkan, saya selalu cuci ulang). Setelah dicuci, campurkan dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan hingga 15-30 menit. Cuci lagi ayamnya.
2. Dalam sebuah wadah besar, campurkan semua bahan seperti bawang putih yang dihaluskan, kecap, dan lain-lain. Masukkan chicken wing ke dalam adukan bumbu, lalu campurkan semua bahan dengan tangan.
3. Simpan di dalam kulkas, lebih lama lebih baik biar bumbunya meresap.
4. Ungkep ayam di atas api kecil, aduk-aduk hingga airnya menyusut dan kental.
5. Siapkan plastik-plastik food grade, dan masukkan chicken wing 6-7 potong atau sesuai dengan jumlah porsi yang moms inginkan.
6. Sebelum dihidangkan chicken wing bisa digoreng atau dipanggang. Jika digoreng, goreng di atas api sedang dan sebentar saja, karena kan sudah diungkep. Kalau nggak digoreng, biasanya saya panggang di happy call sekitar 5-10 menit hingga berwarna coklat keemasan.


Post Comment