Ide Bisnis untuk Si Kecil

Punya bisnis itu nggak cuma bisa dilakukan orang dewasa saja, lho, anak-anak pun bisa melakukannya. Berikut beberapa pilihan bisnis yang bisa dilakukan oleh si kecil.

Ibu, aku tuh mau punya uang sendiri. Gimana caranya? Apa aku kcoba jualan saja seperti kakak Icha?

Suatu ketika, anak saya, Bumi sempat mengajukan pertanyaan di atas. Mendengar niatan Bumi untuk bisa cari uang sendiri, saya sih senang-senang saja. Kebetulan, kakak sepupunya, yang sudah duduk di kelas 6, sering jualan es mambo di rumahnya.

Mendengar cerita kakak sepupunya ini, Bumi pun lantas tergiur. Langsung terbayang-bayang, uang hasil jualannya bisa dibelikan lego baru, hahahaha.

Melihat semangatnya, saya pikir ini adalah kesempatan yang cukup baik. Setidaknya, dengan berjualan dan diajarkan untuk mendapatkan uang hasil usahanya sendiri, anak saya bisa belajar untuk menghargai nilai uang, tidak jadi anak yang matre, dan tentu saja bisa belajar untuk bekerja.

Ide bisnis untuk si kecil - Mommiesdaily

Intinya, sih, menurut saya menanamkan jiwa wirausaha pada anak sejak dini  banyak manfaatnya, jiwa ini akan melekat hingga ia tumbuh dewasa nanti.

Lagi pula, banyak juga kok pilihan bisnis yang bisa dilakukan anak-anak.

Membuat es atau camilan

Seperti yang sudah dilakukan sepupunya Bumi, saat ini ia memang sedang getol-getolnya jualan es mambo dan puding susu hasil buatannya sendiri.

Memang, sih, jualan es atau camilan punya daya tarik yang besar. Apalagi kalau memang di wilayah rumah banyak anak-anak sebaya yang suka jajan. Jadi bisa dimanfaatkan kan?

Untuk memasarkan dagangannya, nggak ada salahnya untuk melakukan promosi dulu atau memberikan tester. Jangan lupa untuk menulis pengumuman di depan rumah atau berjualan di dekat taman bermaian dan lapangan.

Lagi pula, momen masak membuat camilan atau puding juga bisa dijadikan sebagai ajang bonding dengan anak bukan?

Membuat aksesoris

Memang, sih, ide ini lebih cocok buat anak perempuan. Ketika saya masih jadi murid SD, saya pun pernah melakukannya. Membuat jepitan pita, bando hingga gelang dan kalung dari manik-manik.

Begitu dagangan disukai teman-teman dan menghasilkan uang, rasanya puas bukan main. Supaya lebih menarik untuk dibeli, bisa juga menerapkan sistem pre order, sesuai keinginan. Dijamin, deh, bakal lebih laris manis.

Toh, dari segi modal, bisnis jualan aksesoris ini nggak butuh dana yang besar. Siapa tahu saja usaha ini makin berkembang, dan kelak jika si kecil benar-benar menekuninya, akan jadi bisnis besar. Di kecil bisa jadi desainer aksesoris andal dan ternama….

Membuat lukisan atau komik

Nah, kalau si kecil punya minat dan bakat menggambar, bagaimana kalau diarahkan untuk membuat komik saja? Atau melukis! Dulu, saya punya teman yang jago melukis atau membuat sketsa, bakatnya ini pun akhirnya dimanfaatkan olehnya. Mengingat Bumi juga doyan gambar dan membuat komik sederhana, rasanya bakat ini perlu saya arahkan. Intinya, sih, bisa memanfaatkan hobi yang dimiliki anak.

Penyewaan buku

Kebetulan, anak saya memang punya minat baca. Ya, meskipun belum terlalu konsisten untuk terus membaca, tapi setidaknya dia sudah punya ketertarikan dengan buku. Setiap bulan, ia pun punya jatah untuk membeli buku baru sesuai dengan incarannya.

Karena buku cerita lumayan menumpuk, nggak ada salahnya sih jika dimanfaatkan untuk bisnis penyewaan buku. Tawarkan saja pada teman-teman sekolah atau teman di lingkungan rumah. Setidaknya, hasil penyewaan buku bisa dimanfaatkan kembali untuk membeli buku baru bukan? Jadi ibu nggak perlu keluar uang lagi, hahahaha.


Post Comment