Resep Brownies Cokelat Kukus Pasti Berhasil

Dulu, saya sering gagal kalau bikin semacam bolu kukus gitu. Tapi resep Brownies Cokelat Kukus ini dijamin berhasil mekar.

Jika anak-anak sudah merengek meminta saya bikin kue, tapi bahan-bahan kue terbatas, resep brownies cokelat kukus ini jadi andalan saya banget. Nggak ribet, nggak mahal, dan bahannya bisa dibeli di mana saja ;) Resep ini saya dapat dari mbak @tintinrayner, seorang instagrammer yang hobi banget eksperimen resep.

brownieskukus

Bahan A

200 gram gula halus
2 butir telur
160 cc Air
1/2 sendok teh pasta vanilla

Bahan B

200 gram tepung terigu (saya pakai protein sedang)
25 gram cokelat bubuk (saya pakai yang dark choco powder)
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh baking powder

Bahan C

10 gr cake emulsifier/ SP

Bahan D

25 gram Chocochips (saya skip ini, tapi kalau mau lebih crunchy dalamnya ya harus pakai)
1/2 sendok teh cokelat pasta

Cara Membuat:

Dengan menggunakan mixer, kocok semua bahan A kurang lebih selama 5 menit dengan kecepatan maksimum. Turunkan kecepatan mixer ke kecepatan rendah, dan masukkan bahan B, kocok selama 1 menit.

Masukkan bahan C, kocok lagi kurang lebih selama 5 menit dengan kecepatan tinggi. Tambahkan pasta cokelat.aduk rata,masukkan chocochips (jika pakai).

Siapkan cetakan bolu kukus (yang bolong-bolong itu, lho), alasi dengan paper cup, dan tuang adonan sampai penuh. Kukus selama kurang lebih 15 menit dengan api besar.

TIPS:

1. Jangan buka tutup kukusan sampai matang.
2. Kalau pakai kukusan biasa, tutup panci harus dibungkus serbet, ya, biar air di tutup nggak tumpah ke adonan brownies.
3. Kalau pakai kukusan yang tutupnya kayak gunung itu, nggak perlu dibungkus.


Post Comment