Berburu Penginapan untuk Liburan Keluarga

Liburan Lebaran dan liburan sekolah sudah di depan mana, sudah saatnya saya mulai berburu penginapan untuk liburan keluarga, yang tentunya nggak bikin kantong bolong!

liburan keluarga-mommiesdaily

Begitu selesai ambil raport kenaikan kelas, anak saya Bumi, langsung tanya, “Bu…. Aku kan mau liburan nih… kita jalan-jalan, yuk! Aku sudah lama nih, nggak naik kereta api. Mau liburan sambil naik kereta api.”

Rrrrrr…. Untung saja permintaannya nggak aneh-aneh, liburan sambil naik kereta api, bukan yang perjalanannya harus pakai pesawat terbang. Kan, saya bisa ngajak ‘liburan’ kota tua atau mungkin ke Tanah Abang saja? Toh, bisa naik kereta api, hahahhaaa.

Kalau ngomongin liburan keluarga, siapa sih, yang nggak kepengen? Maunya saya, sih, kalau bisa dalam setahun bisa liburan keluarga dua kali. Sekadar pergi ke Bandung, Cirebon, atau ke Malang sambil wisata kuliner, saya juga sudah bahagia. Lagipula yang paling penting bisa kumpul bersama keluarga.

Tapi setiap liburan keluarga, saya cukup concern dengan pemilihan penginapan. Kalau solo travelling, sih, mungkin bisa sedikit cuek, cari penginapan hanya untuk istirahat. Tapi kalau liburan sama anak, kan nggak bisa begitu. Ada beberapa pertimbangan yang saya perhatikan.  Apa saja?

Tentukan anggaran

Sebelum menentukan  hotel mana yang ingin dipesan, pastikan dulu dana  yang ingin kita alokasikan untuk hotel. Jangan sampai over budget. Budget ini tentu saja bisa diketahui saat kita menentukan rute perjalanan. Biar gimana, buget ini kan akan berpengaruh dengan tipe penginapan mau kita pilih.

Penginapan yang sesuai kebutuhan

Kalau cuma liburan dengan keluarga inti, mungkin memilih hotel sudah cukup. Bisa pilih tipe kamar super deluxe atau family room yang bisa mengakomodir semua anggota keluarga. Tapi kalau memang pergi bersama-sama keluarga lainnya atau memang liburan bareng bersama sahabat, nggak ada salahnya, sih, untuk pilih cottage atau villa. Biayanya bisa lebih murah!

Bandingkan harga

Sudah tahu, dong, ya, kalau sekarang sudah banyak banget situs booking hotel secara online. Nah, jangan lupa untuk membandingkan situs satu dengan situs yang lainnya. Kalau memang ada selisih kan lumayan banget, dana tersebut bisa dialokasikan untuk yang lainnya.

Manfaatkan travel agency

Biasanya, sih, kalau sedang musim liburan seperti sekarang, harga hotel memang akan merangkak naik. Selain membandingkan harga lewat situs online, bisa juga manfaatkan travel agent. Kadang kala, travel agency ini juga punya paket liburan yang cukup menarik dengan harga yang nggak bikin kantong bolong.

Pehatikan lokasi penginapan

Kalau memang mau liburan dan keliling kota untuk eksplorasi tempat wisata ataupun wisata kuliner, nggak ada salahnya kok, pilih penginapan yang nggak terlalu dekat dengan lokasi tempat wisata. Soalnya, nih, hotel atau penginapan yangdekat dengan tempat wisata, biasanya lebih mahal.  Mencari hotel yang tidak dekat dengan dengan tempat wisata merupakan salah satu cara mencari hotel murah pada saat liburan keluarga yang bisa dilakukan.

Cek reward card

Punya kartu kredit? Coba, deh, cek poin kartu kredit yang kita punya, siapa tahu bisa ditukarkan dengan voucher hotel. Soalnya ada beberapa bank memang ada yang bekerja sama dengan hotel hotel tertentu sehingga harganya bisa lebih murah.

Jangan lupa review

Sudah punya incaran hotel yang ingin dipesan, jangan lupa  baca ulasan dari tamu hotel lain. Bisa lewat blog atau juga review yang memang sudah ditulis di situs pemesanan hotel online. Biasanya, sih, review yang ditulis ini lebih jujur dan detail. Lumayan kan, bisa punyagambaran dan bekal buat pertimbangan.


Post Comment