5 Essential Item yang Wajib Dimiliki Ibu Baru yang Kembali Bekerja - Mommies Daily

5 Essential Item yang Wajib Dimiliki Ibu Baru yang Kembali Bekerja

Sebentar lagi cuti bersalin mommies akan berakhir?  Yuk cek, 5 essential item di bawah ini sudah mommies miliki atau belum?

Ingatan saya kembali ke 3 tahun lalu, saat detik-detik menjelang cuti bersalin selesai. Sedih sudah pastilah, namanya juga ninggalin anak, tapi berusaha tenang karena masih ada mama dan papa yang bersedia dititipin si kecil Jordy. Soalnya kalau sayanya rungsing, kontak batin dengan si kecil akan terjadi. Jadi, tenang, berdoa dan percayakan Jordy pada mama dan papa.

5 Essential Item yang Wajib Dimiliki Ibu Baru yang Kembali Bekerja - Mommies Daily

Secara bersamaan saya juga dibuat excited, mempersiapkan beberapa barang yang akan menjadi “penolong” ibu baru yang akan kembali bekerja. Proses paling seru itu, pas hunting beli, hihihi. Entah beli online, atau ke tokonya langsung, yaaa, sambil jalan-jalan refreshing boleh dong?

Apa saja sih, yang waktu itu saya persiapkan?

  1. Alat pompa

Karena saya berkomitmen memberikan Jordy ASI, alat ini wajib ada untuk membantu saya menyetok ASIP. Untuk menentukan produk mana yang saya pilih, saya rajin ngobrol dengan saudara, dan teman-teman yang sudah terlebih dahulu melahirkan. Mulai dari harga (ini penting, hahaha), dimana dibelinya, keunggulan apa, mudah apa nggak beli spare part-nya kalau rusak. Dan hal berikutnya yang crusial, adalah bisa tahan lama nggak. Sayang, kan kalo beli mahal, tapi hanya bisa berfungsi sebentar saja.

  1. Botol susu

Selanjutnya yang tak kalah penting, adalah alat bantu Jordy untuk menikmati hasil ASIP, yaitu botol susu. Untuk pemilihan item yang satu ini, terus terang saya lumayan picky. Untuk menghindari sejumlah masalah menyusui lewat media lain, seperti bingung puting, dan kolik. Kan kasihan mama saya, kalau semua itu terjadi lantaran salah memilih botol susu. Masih dari hasil obrolan sesama ibu baru, dan survei kecil-kecilan, pilihan saya jatuh pada botol susu Philips Avent tipe Natural 2.0. Apa saja yang membuat saya jatuh cinta sama produk ini?

5 Essential Item yang Wajib Dimiliki Ibu Baru yang Kembali Bekerja - Mommies Daily

  • Material dot silikonnya lembut. Menyerupai tekstur payudara. Inilah yang akan menghindari si kecil dari bingung puting. Dan hal ini sudah terbukti pada Jordy, yang tidak mengalami bingung puting selama menggunakan botol Philips Avent.
  • Ada fitur kelopak pada dot, fungsinya supaya lebih lentur tapi tetap kokoh.
  • Ada ulir/garis spiralnya pada dot, ini cocok untuk bayi usia 0-3 bulan untuk memudahkan gerakan lidah bayi.
  • Ada sistem anti koliknya! Supaya tidak ada udara yang mengalir ke perut bayi. Jadi bayi aman terhindar dari kembung.
  • Botol leher lebar, bayi bisa merasakan sistem pelekatan yang mirip dengan payudara ibu. Dan lebih nyaman dalam proses menyusui.
  • Last but not least, bentuknya ergonomis bahkan dipegang tangan kecilnya. Mudah dan nyaman digengam dari segala arah.

Punya Philips Avent semacam punya “perwakilan” sentuhan lembut untuk si kecil selama saya bekerja. Oh iya, dot yang tersedia ada yang dari 0 bulan sampai 9 bulan. Jangan lupa diganti setiap 3 bulan sekali, untuk kebersihan dan kesehatan si kecil ya mommies. Dan pas banget, nih, ada berbagai potongan harga menarik. Diskon Rp 25.000 setiap pembelian 1 botol Natural Baru Twin Pack, Rp 15.000 setiap pembelian 1 botol Natural Baru Single Pack, dan diskon Rp 5.000 setiap pembelian 1 dot Natural Baru. Buruan mommies, karena promo ini hanya berlaku sampai 30 Juni 2017. Keterangan lengkap bisa mommies cek disini.

5 Essential Item yang Wajib Dimiliki Ibu Baru yang Kembali Bekerja - Mommies Daily

  1. Cover menyusui

Selain untuk menyusui langsung saat di tempat umum, alat ini juga berguna ketika mommies harus pumping dadakan. Misalnya waktu itu, saya harus pumping di tengah-tengah agenda rapat tahunan kantor. Dan tidak ada nursery room yang bisa saya gunakan. Jadilah memanfaatkan ruangan kosong. Kalau ada cover ini, kan, kegiatan pumping jadi lebih tenang nggak risih. Usahakan selektif memilih bahannya, mommies. Saya mengutamakan kualitas bahan, terbuat dari katun tipis tapi tidak menerawang, dan nggak makan tempat di tas.

  1. Cooler bag ASI

Cooler bag ASI  ini nantinya untuk menyimpan hasl ASIP. Waktu itu saya beli yang sekalian bisa muat alat pumping, untuk meminimalisir bawaan ke kantor. Coraknya pun saya pilih yang saya banget :D Supaya kegiatan pumping lebih semangat. Tali cooler bag, kalau bisa yang agak lebar, supaya nggak bikin punggung sakit. Karena kalau sudah diisi hasil ASIP, ice gel, dan alat pumping jadi berat banget!

 

  1. Botol kaca dan teman-temannya

5 Essential Item yang Wajib Dimiliki Ibu Baru yang Kembali Bekerja - Mommies Daily

ASIP mommies nantinya akan ditempatkan ke botol kaca, yang banyak banget dijual di toko-toko perlengkapan bayi. Bisa beli satuan, atau lusinan. Selain itu, saya juga bali label nama, untuk menandai tanggal dan jam ASIP. Ini berpengaruh dengan pemberian ASIP ke Jordy. Disarankan, memberikan ASIP dari tanggal yang paling lama. Fungsi lainnya, supaya pas saya taruh sementara di kulkas kantor, nggak tertukar dengan ASIP ibu-ibu lainnya. “Teman” lainnya dari botol ada ice gel, fungsinya untuk mendinginkan ASIP agar tetap segar, selama perjalanan kantor ke rumah. Saya selalu bawa dua ice gel, supaya suhu dingin dalam cooler bag bisa maksimal.

Pasti di antara mommies ada yang punya referensi item lainnya, silakan, lho, dibagi ke kami informasinya?

 


Post Comment