5 Cara Tingkatkan Keamanan Lingkungan Rumah Jelang Lebaran

Coba lakukan beberapa hal di bawah ini, agar lingkungan tempat tinggal mommies lebih aman menjelang lebaran dan saat ditinggal mudik. 

Kalau mommies ingat-ingat, isi berita di televisi H- sekian dan H+ sekian setelah hari raya lebaran, terdiri dari kejadian perampokan rumah kosong. Iya, tak bisa dipungkiri sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, menggunakan kesempatan dalam kesempitan untuk niat jahatnya. Ketika si empunya rumah pergi untuk mudik, saat itulah kelompok penjahat beraksi menggasak isi rumah.

5 Cara Tingkatkan Kemanan Lingkungan Rumah Jelang Lebaran - Mommies DailyImage: www.mydecorative.com

Keluarga saya sendiri, termasuk yang nggak melalukan tradisi pulang kampung. Karena kami asli Jakarta. Cukup terlihat, lengangnya situasi tempat tinggal kami, beberapa hari sebelum dan setelah hari raya. Biasanya, para tetangga yang hendak pulang kampung, akan pamit ke tetangga sekitarnya, untuk “menitipkan” rumahnya.

Baca juga: Tips Rumah Tetap Aman Saat Mudik

Dari hasil pengamatan saya, dan referensi dari beberapa sumber, mommies juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini, terkait meningkatkan sistem keamanan di lingkungan rumah.

1. Pasang CCTV

Ini untuk merekan tindak tanduk, orang-orang yang berniat jahat di rumah kita, atau lingkungan sekitarnya. Harga CCTV sekarang juga sudah beragam, ada yang di bawah 500 ribu, dan sudah terhubung dengan perangkat handphone, artinya mommies bisa mengecek real time keadaan rumah mommies lewat telepon genggam dimanapun, dan kapanpun.

2. Kordinasi dengan pihak keamanan perumahan.

Jalin komunikasi yang baik dengan pertugas keamanan rumah. Karena merekalah nanti yang akan menjadi ujung tanduk sistem keamanan rumah. Beri catatan kecil, alamat rumah mommies, dan pesan tolong rutin mengecek keadaan rumah. Tak ada salahnya beri apresiasi berupa uang insentif selama mereka menjaga rumah mommies.

3. Titipkan barang berharga di Polsek setempat

Saya pernah membaca artikel, yang menyebutkan bahwa Polsek Mampang, Jakarta Selatan tahun lalu bersedia ketitipan barang berharga milik warganya. Mungkin hal yang sama berlaku di setiap polsek, silakan mommies cek dan tanyakan bagaimana prosedurnya. Jika hal ini tidak memungkinkan dilakukan, menurut hemat saya, bisa dititipkan ke rumah saudara atau kerabat yang sudah mommies percaya dan tidak mudik.

4. Jika perlu, pasang teralis dan ganti gembok

Tak ada salahnya memberlakukan keamanan berlapis. Menghambat akses maling yang ingin mendobrak masuk ke dalam rumah. Dengan pemasangan teralis di beberapa akses pintu masuk. Atau bisa juga mengganti gembok yang lebih mumpuni.

5. Tingkatkan siskamling

Di setiap lingkungan rumah, biasanya ada sistem siskamling. Jika keluarga mommies mudik, bisa juga menitipkan ke para tetangga. Menjaga hubungan baik sesama warga dan tetangga, bisa jadi investasi keamanan yang mumpuni demi keselamatan bersama.

Last but not least, jangan lupa cek kompor gas dan peralatan rumah tangga lainnya yang terhubung dari listrik dan gas. Apakah sudah dalam keadaan aman ditinggalkan atau belum, double check, bahkan triple check.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting yang Perlu Diketahui

Semoga ketika nanti sudah tiba waktunya mudik, rumah mommies senantiasa aman dan mommies sekeluarga pulang dalam keadaan selamat, tanpa kurang satu apapun, ya :)


Post Comment