Kiat Merawat Lantai Kayu di Rumah Kita

Lantai kayu memang membuat tampilan rumah terasa lebih hangat, namun perawatan lantai kayu juga nggk semudah lantai keramik biasa.

Saya ingat banget, beberapa waktu setelah suami dari kakak saya meninggal, kakak saya kemudian memutuskan untuk pindah rumah. Awalnya, untuk rumah barunya, kakak saya ingin membuat lantai kayu, karena ia merasa lantai kayu terlihat lebih cantik dan homey. Namun, setelah melalui beberapa pertimbangan, kakak saya tetap menggunakan lantai keramik.

Perawatan yang tidak semudah lantai keramik dan harus ekstra berhati-hati saat memindahkan perabotan membuat keinginan memiliki lantai kayu harus disimpan rapat-rapat :D. Bagaimana merawat lantai kayu?

Kiat Merawat Lantai Kayu di Rumah Kita - Mommies Daily

1. Bersihkan debu dengan menggunakan kain pel kering setiap hari untuk menghilangkan debu yang menempel.
2. Bisa juga menggunakan alat penyedot debu yang memiliki sikat lembut.
3. Jangan menggunakan sikat dengan bulu jerami yang keras karena dapat menggores permukaan lantai.
4. Sapu sesuai dengan arah lantai kayu.
5. Jangan biarkan ada genangan air terlalu lama pada lantai kayu karena akan merusak lapisan pelindung. Segera bersihkan dengan spons atau kain lembut yang basah, kemudian keringkan dengan kain yang kering.
6. Gunakan air hangat untuk mengepel lantai kayu.
7. Pastikan kain pel sudah benar-benar diperas dengan baik.
8. Untuk membersihkan noda lama, gunakan perasan air lemon atau cuka putih yang didiamkan selama empat menit, setelah itu bersihkan dengan lap bersih.
9. Rayap adalah salah satu musuh utama lantai kayu, apalagi jika kondisi udara atau tanah di tempat kita tinggal cukup tinggi kelembapannya. Maka gunakan lapisan atau bahan kimia anti rayap. Dan biasanya perawatan anti rayap ini harus rutin dilakukan beberapa bulan sekali.
10. Hindari menggunakan sepatu dengan heels karena dapat merusah kondisi permukaan lantai kayu.

Jadi, sekali lagi, sebelum ingin menjadikan rumah terlihat homey atau gaya dengan sentuhan kayu pada lantainya, pastikan dulu apakah kita siap melakukan semua hal di atas ini?


Post Comment