Jangan Malas Cuci Kuas MakeUp Kalau Nggak Mau Kulit Bermasalah

Pertimbangkan lagi, ya, kemalasan Anda mencuci kuas makeup. Bisa kena radang selaput mata, atau malah herpes.

Kuas atau brush make-up buat sebagian besar Anda sudah menjadi senjata andalan setiap hari buat mengaplikasikan makeup. Mulai dari foundation brush, powder brush, hingga lip brush, selain ada di meja rias, ada juga yang travel size biar muat masuk dompet make-up yang dibawa-bawa di dalam tas.

Jangan Malas Cuci Kuas MakeUp Kalau Nggak Mau Kulit Bermasalah - Mommies Daily

Seringnya, nih, biar pun kuas-kuas itu dipakai setiap hari, dibersihkannya cuma sebulan sekali. Ouch…pertimbangkan lagi, deh, frekuensi memandikan brush kesayangan Anda. Karena makeup brush yang kotor justru membahayakan kesehatan, terutama kesehatan kulit.

Bikin gampang jerawatan
Selain sisa makeup, debu, bakteri dan kotoran yang menempel pada kuas akan menyumbat pori-pori kulit. Semakin dibiarkan, lama-kelamaan wajah mommies semakin rentan akan jerawat. Coba, deh, bayangin aja, ketika kotoran yang menempel di kuas pindah ke blush on, lalu ke wajah, pindah lagi ke bedak, begitu seterusnya. Gimana nggak gampang jerawatan?

Radang selaput mata
Nah, kalau radang selaput mata bisa terjadi kalau Anda suka berbagi kuas yang kotor dengan orang lain. Kebiasaan ini bisa menyebabkan Anda terkena radang selaput mata konjungtiva dari mereka yang sudah terkena. Akibat berbagi kuas, kita pun tertular. Nggak akan menyebabkan kebutaan,sih. Tapi pasti mata nggak bakal nyaman, dan bikin mata jadi merah.

Lebih cepat keriput
Kalau kulit kita bolak-balik terkena kotoran, bakteri, dan radikal bebas yang juga berasal dari kuas makeup, mau nggak mau, kulit jadi stres. Kulit yang stres menurunkan kemampuan kolagen yang menjaga kekencangan kulit, utnuk berfungsi optimal. Kulit wajah pun menjadi cepat keriput.

Bisa kena herpes
Wait, what? Kok, serem? Herpes memang bisa ditularkan kalau kita berbagi lip brush dengan orang yang menderita herpes di bibirnya. Kalaupun itu brush juga punya kita sendiri, tapi kita tetap meminjamkannya, bukan nggak mungkin kita kena juga.

Jadi penting diingat, ya! Makeup Brush atau kuas kosmetik, yang jarang dicuci adalah tempat berkumpulnya debu, alergen, bakteri, sisa makeup, minyak, sel kulit mati, dan entah apa lagi yang hinggap di sana jika berbulan-bulan Anda tak ‘memandikannya’.

Percuma, deh, menghabiskan banyak waktu dan uang untuk merawat kulit wajah di dokter kulit, dan menggunakan rangkaian perawatan kulit wajah yang mahal, kalau pas aplikasi makeup tetap saja pakai brush yang kotor. Mulai sekarang, rajin-rajin, deh, memandikan makeup brush Anda, minimal seminggu sekali setelah digunakan.

Sekarang, kan, banyak banget sabun pembersih khusus brush, juga papan penggilesan mini kayak brush egg ini supaya makin memudahkan Anda mencuci brush. Ini juga berlaku buat spons, ya. Oya, pikir lagi 1000 kali sebelum meminjamkan kuas makeup Anda ke teman ya… :).


2 Comments - Write a Comment

Post Comment