Fitri Maya Safira, “Female Daily Sangat Membantu dalam Bisnis Banananina”

Kalau mommies mengaku sebagai bags lover dan berniat punya usaha menjual tas branded, coba simak cerita Fitri Maya Safira, owner Banananina dalam mengembangkan bisnisnya.

Kalau banyak perempuan yang sering lemah dengan produk makeup atau skincare, saya itu paling lemah dengan godaan tas. Hahaha…. Nggak tahu kenapa, kok, sepertinya tas khususnya tas berhan kulit sering menggoda saya dan minta ‘diadopsi’. Itupun juga bukanlah tas high class yang harganya juta-jutaan, ya. Lah wong, punya tas produk lokal kulit aja juga saya sudah senang. Termasuk kalau membeli  tas preloved. Sejauh produknya masih bagus dan memang berkualitas, kenapa nggak? Beli produk preloved nggak ‘dosa’, kok.

Ngomongin kecintaan perempuan pada tas ternyata juga nggak selamanya negatif, kok. Maksudnya nggak hanya buang-buang uang saja, gitu,karena justru bisa membuka peluang bisnis yang mendatangkan penghasilan. Hal inilah yang dilakukan oleh Fitri Maya Safira, owner Bananania. Kalau mengaku bags lover, rasanya sudah familiar dong dengan Bananania?

banananina-mommiesdaily

Sebelum membuka toko di Menteng Central, Ground Floor Jakarta, Mbak Maya, begitu saya menyapa pemilik Bananania ini, dirinya juga sempat memanfaatkan forum Female Daily Network lho untuk membuka lapakya. Perempuan berhijab yang bercerita kalau sudah mulai aktif di forum sejak tahun 2009, forum Female Daily punya peran yang cukup besar dalam, terutama dalam mendapatkan review posistif dari para member.

Setelah beberapa bulan saya menjual tas melalui Multiply, akhirnya saya kepikiran untuk menjual tas juga di Forum Jual Beli Female Daily. Ternyata responnya bagus, jadi saat Female Daily mengajak untuk ikut bazaar yang mereka selenggarakan, saya ikutan. Female Daily sangat membantu saya dalam bisnis ini, terutama review dari para member. Dari situ customer perlahan-lahan mulai percaya sama saya, sehingga Banananina banyak mendapat review positif dan menjadi trusted seller”.

Ceritain sedikit dong soal sejarah brand Banananina?

Awalnya saya menjual tas preloved milik saya di tahun 2009 dan respon pasar cukup bagus. Lalu saya beli beberapa tas dari luar negeri, saya jual di Jakarta dengan harga yang lebih murah dari official store brand-brand tersebut, ternyata responnya juga bagus. Akhirnya saya memberanikan diri untuk buka PO pembelian tas yang saat itu lagi banyak dicari orang seperti Longchamp, Kate Spade, Coach dan Michael Kors. Ternyata responnya semakin bagus.

Setelah punya lebih banyak customer, saya mulai mencoba untuk menyediakan tas ready stock dan alhamdulillah pembelinya semakin banyak. Waktu itu saya hanya mengandalkan Multiply, bag forum dan BBM. Tidak pernah menyangka 3 tahun kemudian saya bisa membuka toko sendiri di Menteng Central dan akhirnya bisnis ini semakin berkembang sampai saat ini.

Baca juga : Banananina Hadir dalam Bentuk Ecommerce

Sejauh ini produk dari brand apa saja yang ditawarkan di Banananina?

Produk yang ditawarkan Banananina meliputi berbagai macam aksesoris seperti tas, dompet, sepatu, scarf, sunglasses, jewelry bahkan key chain, selain itu ada juga beauty brand. Brand yang tersedia di Banananina terbagi menjadi 2 kategori, yang pertama adalah Lifestyle dengan range harga 1 sampai 7 juta seperti Fossil, Kate Spade, Coach, Michael Kors, Tory Burch dan Longchamp. Kategori kedua adalah Luxury brand dengan range harga mulai dari 7 juta seperti Prada, Louis Vuitton, Gucci, Balenciaga, Chanel dan Hermes. Sementara untuk beauty brand Banananina menyediakan Kylie, Dior dan Louboutin.

Belum lama ini Banananina me-launching kanal tas preloved, apakah produk ini merupakan koleksi pribadi atau seperti apa?

Sebenarnya Preloved by Banananina di tahap pertama ini khusus menawarkan barang Sosialita dan Selebritis Indonesia saja, karena ini kan lini baru Banananina sehingga kami ingin menjaga kualitas barangnya terlebih dulu. Setelah fase Brand Building-nya mulai mature dan customer Banananina puas dengan barang Preloved yang kami tawarkan, kami akan mulai menerima barang Preloved dari kalangan selain Sosialita maupun Selebritis. Kemungkinan akan mulai dibuka pada kuartal keempat tahun ini.

Kebetulan saya juga punya beberapa koleksi tas yang ingin saya tukar dengan koleksi-koleksi baru, jadi akhirnya saya merelakan koleksi pribadi saya untuk ditawarkan juga di Preloved by Banananina.

Apa saja kelebihan para pecinta tas untuk belanja di Bananania ketimbang beli di toko yang ada di pusat perbelanjaan?

Harga yang ditawarkan oleh Banananina lebih terjangkau daripada yang ditawarkan oleh official store masing-masing brand. Selain itu, kadang ada beberapa koleksi yang tidak dijual di Indonesia oleh official store tersebut, tapi di Banananina ada. Ada juga koleksi yang sudah discontinue tapi di Banananina masih tersedia. Jadi saya bisa mengatakan salah satu kelebihan kami adalah variasi barang yang cukup banyak.

Tahun ini kami kembali mengampanyekan Certified by Banananina, ini juga salah satu kelebihan kami karena kami berkomitmen untuk menjamin keaslian produk yang kami jual. Makin kesini pembuatan barang palsu semakin advance ya, sehingga untuk beberapa orang masih sulit membedakannya. Banananina saat ini sudah memiliki tim otentikator khusus untuk melakukan uji coba terhadap barang yang masuk ke toko kami sehingga kami menjamin keaslian semua barang yang kami jual. Ini juga salah satu hal yang ingin saya highlight sebagai keunggulan kompetitif Banananina, selain kemudahan berbelanja di offline dan online store kami maupun service excellent yang tiap harinya selalu kami tingkatkan.

banananina2-mommiesdaily

Sekarang ini nggak sedikit terjadi penipuan yang berkedok menjual tas branded lewat online, minta beberapa kiat dong, Mbak Maya, untuk para pembaca Mommies Daily agar tidak salah memilih seller saat belanja di online shop?

Kenali dengan baik siapa penjualnya, cari tahu dulu kredibilitas si seller ini, baik dari review di halamannya, di forum tas atau tanya teman yang sudah pernah berbelanja disana. Sebaiknya cari seller yang memiliki foto produk yang dia foto sendiri, dibanding seller yang mengambil foto dari internet. Lalu yang terakhir, kalau si seller belum meyakinkan atau tidak memiliki toko, langkah terakhir adalah transaksi COD sehingga buyer bisa mengecek barang terlebih dulu sebelum membayar.

Bisnis menjual produk aksesoris seperti yang dilakukan Mbak Maia terlihat menggoda, boleh tidak minta beberapa tips hal apa saja yang perlu dilakukan jika ada mommies yang ingin mengembangkan usahanya dengan menawarkan produk aksesoris seperti tas?

Kuncinya adalah sabar. Biasanya di awal-awal memulai bisnis, seller sendiri yang akan menjawab semua pertanyaan dari pembeli. Ini adalah fase dimana kesabaran kita diuji, kadang ada yang sudah nanya macem-macem eh tidak jadi beli, jangan lantas jadi kesel. Kalau kita bisa menangani situasi ini, kita pasti bisa menangani situasi berat lainnya.

Yang kedua, mungkin bagi orang lain keindahan gambar tidak terlalu penting. Tapi bagi saya ini adalah salah satu kunci sukses sebuah bisnis. Saat ini kita hidup di masa dimana orang mudah tertarik dengan foto yang bagus atau tempat yang instagenic. Dengan menyajikan gambar-gambar yang eye catchy, orang pasti tertarik dengan produk Anda. Tidak ada salahnya sedikit berusaha untuk membuat foto yang bagus sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan brand image.

Jangan lupa untuk bersosialisasi dan memperluas network. Word of Mouth masih menjadi cara promosi yang ampuh, tapi di era digital ini word of mouth tidak hanya dari mulut ke mulut di geng arisan tapi mulai beralih ke forum-forum online. Jadi tidak ada salahnya untuk keeping up dengan komunitas online forum untuk mempromosikan bisnis Anda.

Yang terakhir adalah selalu berinovasi. Kita hidup di era yang sangat dinamis, perubahan terjadi begitu cepat. Kalau kita tidak mampu beradaptasi secara cepat pula, maka kita bisa kehilangan kesempatan bahkan kehilangan bisnis kita sendiri. Dulu mungkin BBM Group adalah cara paling efektif untuk jualan, tapi sekarang orang mulai beralih ke marketplace, jadi kita harus tanggap dalam menghadapi perubahan tersebut dan memiliki strategi yang tepat untuk terus berkompetisi.

Sebagai mommiespreneur tantangan apa yang paling terasa bagaimana Mbak Maya menyiasatinya?

Dulu saya pikir setelah memiliki usaha sendiri, saya bisa meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarga, ternyata sama saja. Tapi setidaknya saat ini setelah tim kami semakin besar waktu saya lebih fleksibel, jadi kalau lagi butuh quality time bersama anak-anak saya bisa “ngabur” dari kantor. Karena fleksibilitas inilah, akhirnya saya dituntut untuk bisa mengatur waktu dengan bijak, kapan saya harus memberikan prioritas untuk kantor, kapan saya harus memberikan prioritas untuk keluarga dan tentu saja seperti semua wanita di luar sana saya juga butuh me-time. So far, tantangannya masih sebatas manajemen waktu sih, dan manajemen keuangan. Kadang saya masih suka khilaf kalau melihat tas berjejer cantik di warehouse Banananina, hehehe. Alhamdulillah usaha ini saya jalani berdua dengan suami, he is my number one support system.

—-

Wah, terima kasih buat sharing-nya, ya, Mbak Maya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat saya bisa mengikuti jejak Mbak Maya punya bisnis yang berkaitan erat dengan tas-tas cantik. Oh, ya, setelah dipercaya untuk memiliki dua puteri kembar, saat ini Mbak Maya juga sedang mengandung anak ke-3. lho. Sehat-sehat terus, ya, Mbak Maya :)

 


Post Comment