Agar Saat Berhubungan dengan Suami Nggak ‘Kebablasan’

Ingin saat berhubungan dengan suami berjalan aman? Harus baca tips andalan ini.

Setelah memiliki 2 hingga 3 orang anak, sebagian besar ibu (termasuk saya di dalamnya) buru-buru memasang “pengaman” (alias kontrasepsi). Bahkan untuk beberapa ibu (walau kasusnya jarang), merasa cukup memiliki 1 anak saja. Sehingga, penggunaan kontrasepsi pada kami pegang peranan penting.

Agar Saat Berhubungan Dengan Suami Nggak ‘Kebablasan’ - Mommies Daily

Teman-teman saya banyak yang menggunakan IUD, atau minum pil KB sebagai pilihan kontrasepsi. Sementara saya merasa lebih nyaman dengan kondom. Walaupun pilihannya bermacam-macam, dan secara data klinis menyampaikan tingkat kesuksesan alat kontrasepsi yang beredar adalah 90%, tetap saja, ada saat-saat darurat yang dialami oleh pasangan-pasangan pengguna kontrasepsi ini.

Saat darurat yang seperti apa, sih? Pernah nggak, moms, merasakan ketika IUD baru saja dilepas, dokter malah menyarankan untuk diberi jarak waktu sebelum memasangnya kembali, sehingga mommies nggak ada pengaman sama sekali untuk beberapa waktu? Atau ketika mommies lupa meminum pil KB selama dua hari berturut-turut? Ndilalah, di saat-saat seperti ini, ehem, suami pun  mengajak bercinta. Duh, bukannya nggak mau, ya dn bukannya nggak bergairah juga. Cuma, hati deg-degan nggak, sih, kalau sampai bablas bakal jadi lagi?

Walaupun suami bersumpah demi langit dan bumi untuk melakukan coitus interuptus, yang namanya kebablasan bukan nggak mungkin terjadi, lho. Wah, kalau sudah begini, masih ada cara nggak, ya, yang bisa diandalkan untuk tindakan pengamanan?

Agar Saat Berhubungan Dengan Suami Nggak ‘Kebablasan’ - Mommies Daily

Ternyata sekarang ada pil kontrasepsi darurat atau biasa disebut morning after pill, moms. Namanya Andalan Postpil. Pil ini merupakan kontrasepsi darurat untuk mencegah kehamilan yang tak direncanakan setelah berhubungan tanpa pengaman. Jadi, kalau ada yang terlupa minum pil KBnya, belum sempat pasang IUD, atau lupa pakai kondom saat bercinta (atau jangan-jangan kondomnya bocor), Andalan Postpil ini bisa jadi sahabat buat mommies jika dikonsumsi dalam kurun waktu maksimal 120 jam atau 5 hari setelah berhubungan. Semakin cepat diminum semakin tinggi tingkat efektivitasnya.

Cara kerja Andalan Postpil ini adalah dengan mencegah pertemuan antara sel telur dan sperma. Kandungan khusus di dalamnya akan mengentalkan lendir rahim, sehingga membuat sperma sulit masuk ke dalam rahim. Jadi, ia tidak bekerja menggugurkan bila sperma dan sel telur sudah bertemu, ya.. Apabila pembuahan sudah terjadi, maka kandungan levonorgestrel yang ada didalamnya tidak akan mengganggu kehamilan.

Namun, jangan lantas ini dijadikan alat kontrasepsi yang rutin, moms. Karena Andalan postpil tidak dirancang untuk bisa dikonsumsi setiap saat setelah melakukan hubungan seksual. Ingat, hanya untuk darurat saja, ya, moms ;) Andalan Postpil sangat aman dan efektif bila dipakai sesuai anjuran. Selanjutnya untuk penggunaan kontrasepsi rutin, sebaiknya konsultasi ke dokter atau Bidan terlebih dahulu. Andalan Postpil bisa didapat di Kimia Farma, K-24 atau apotik terdekat di rumah mommies. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik di http://www.tundakehamilan.com/kontrasepsi_darurat


Post Comment