banner-detik
SELF

5 Latihan yang Bisa Dilakukan oleh Ibu Bekerja Saat Naik Kereta atau Bis Kota

author

dewdew09 May 2017

5 Latihan yang Bisa Dilakukan oleh Ibu Bekerja Saat Naik Kereta atau Bis Kota

Berikan tempat duduk pada yang berhak, sepanjang kita sehat, kita bisa lakukan 5 latihan ini di kereta atau bis kota, moms.

Latihan Saat di Kereta - Mommies Daily

Sudah mafhum, bagi para ibu bekerja yang komuter, alias tinggal di suburb tapi kerja di tengah kota, transportasi umum macam commuter line atau Trans Jakarta menjadi andalan untuk berangkat ke kantor. Tunjuk tangan buat yang pagi-pagi sudah berjibaku dengan antrian di halte Trans J demi mendapatkan posisi enak, atau berkompetisi dengan sesama perempuan (tak jarang juga dengan pria) supaya bisa nyaman di dalam gerbang commuter line.

Jangan lantas merengut kesal bila kalah dalam berebut tempat duduk. Ikhlasin juga tempat duduknya kepada yang lebih berhak (ibu hamil, lansia, dan orangtua dengan anak). Berdiri di dalam kereta, maupun bis kota sebenarnya nggak jelek-jelek amat, kok.

Nah, daripada sibuk dengan gadget, baca update akun gosip di media sosial yang nggak ada gunanya, kenapa nggak coba melakukan latihan-latihan sederhana berikut ini? 5 latihan ini justru menguntungkan dan bisa menguatkan beberapa bagian otot tubuh. Jadi perjalanan ke kantor nggak akan terlalu membosankan, dan bikin beberapa bagian tubuh bisa lebih sehat.

Berdiri Sambil Senam Kegel

Selama berdiri, kencangkan otot panggul bawah. Kayak senam kegel biasa, deh. Caranya persis seperti saat kita menahan untuk buang air kecil, atau BAK. Tahan pengencangan otot tersebut hingga 5 detik, lalu lepaskan. Ulangi gerakan ini sebanyak 4-5 kali. Tapi ingat, hindari melakukan ini justru saat kita kebelet mau BAK, karena malah akan melemahkan otot panggul.

Angkat-Angkat Barbel

Bukan berarti kita bawa barbel beneran seberat 1 – 5 kg. Jadikan saja tas yang dibawa sebagai barbel. Cara latihannya pun gampang, angkat tas menggunakan tangan kanan, dengan siku menekuk, serta telapak tangan menghadap ke dada. Setelah selesai, pindahkan tas ke tangan kiri. Lakukan gerakan yang sama, masing-masing 4-5 kali. Yang mesti diperhatikan, jangan sampai latihan angkat barbel ini mengganggu penumpang di sekitar Anda, ya. Sayangnya memang, kalau kondisi gerbong atau bis kota lagi penuh, latihan ini terpaksa di-skip.

Peregangan Leher

Nah, ini buat mommies yang sering merasa leher pegal. Dalam kesempatan ini, kita bisa melakukan stretching leher. Caranya adalah dengan menekukkan leher ke kanan sebanyak 5 kali, lalu lakukan arah sebaliknya dalam hitungan yang sama.

Stretching Bahu Membahu

Namanya kebanyakan duduk, ngetik di depan komputer lama, atau sering lembur, bisa bikin bahu terasa kaku. Untuk itu, dibutuhkan relaksasi otot-otot di bahu. Selama berdiri, moms bisa melakukan stretching. Naikkan bahu ke arah telinga sampai terasa tekanan pada bahu dan daerah leher, lalu tahan selama 3-5 detik. Kembali relakskan bahu ke bawah, sampai posisi normal. Lakukan ini dalam 5 hitungan.

Pelemasan Sendi

Yah, namanya juga berdiri, pasti kaki bakal sering terasa pegal. Apa lagi commuter line, atau Trans Jakarta yang ditunggu tak kunjung datang. Di dalam perjalanan, coba lemaskan pergelangan kaki dengan cara berdiri tegak. Putar-putar pergelangan kaki kanan ke arah luar sebanyak 5 hitungan. Kemudian lakukan bergantian dengan kaki sebelah kiri.

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS