Mau Bunga Dalam Vas Tahan Lama? Silakan Gunakan Cara Ini

Kehadiran bunga di dalam ruangan tertentu bisa membuat suasana berbeda dan tambah asri. Cari tau, yuk, gimana caranya membuat bunga di dalam vas jadi bisa tahan lama?

Saya selalu suka, deh, kalau main ke rumah kerabat atau saudara, yang konsisten menaruh bunga di ruangan tertentu. Kalau di rumah saya, cuma hari-hari tertentu aja, kayak menjelang lebaran. Itu pun bunga anggrek putih, satu macam. Nggak yang hebo, berbagai macam saya kumpulkan dalam vas.

Mau Bunga Dalam Vas Tahan Lama? Silakan Gunakan Cara Ini - Mommies DailyImage: www.abetterflorist.com

Di lain kesempatan, saya lagi merencanakan mau mempercantik ruangan kamar dengan bunga-bunga yang lebih beragam *niatnya, yaa :D. Lagi pilih-pilih vasnya dulu. Terus kepikiran, gimana caranya, ya, supaya bikin bunga-bunga cantik itu tahan lama? Hmmm, setelah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, ini cara-cara paling simple membuat bunga lebih tahan lama di dalam vas.

  1. Atur pemberian air

Nggak mentang-mentang mau awet, lalu dikasih airnya sampai penuh,hihihii. Cukup setinggi 2 cm dari tangkai terbawah. Jangan lupa ganti air secara berkala, setidaknya 1-2 hari sekali. Tujuannya supaya tangkai tidak membusuk dan bunga juga jadi segar lebih lama.

  1. Jangan menaruh bunga terlalu banyak

Iya sih, mommies punya bunga favorit yang aneka ragam macamnya. Tapi tahan-tahan untuk dimasukin semuanya ke vas, ya, mommies. Logikanya seperti ruangan yang diisi sama telalu banyak orang. Ketersedian oksigen juga jadi tipis, kan? Hal yang sama juga berlaku pada bunga di dalam vas. Sirkulasi udara antara bunga, jadi nggak berjalan dengan baik, bunga nggak bisa napas dengan baik.

  1. Potong tangkai bawah bunga 1 cm/hari

Saat tangkai terendam air, otomatis akan terjadi penyerapan air. Semakin lama, tangkai tersebut terendamm, maka akan ada lebih banyak air yang terseral. Untuk mengakalinya supaya nggak cepat busuk, potong tangkai sawah bunga, kurang lebih 1 cm setiap harinya.

  1. Hindari matahari langsung

Nggak semua jenis bunga,  bisa kuat dengan paparan sinar matahari langsung. Misalnya anggrek, dan beberapa jenis lainnya. Malah cepat layu, jika langsung kena sinar matahari. Vas bungga bisa ditaruh, agak jauh dari jendela, yang punya akses dengan sinar matahari.

  1. Jangan semprotkan air pada bunga

Pada dasarnya, tangkai bunga adalah bagian akar yang butuh media untuk menyerap air untuk bertahan. Jika mommies menyemprotkan air setiap harinya, untuk alasan supaya segar, maka usaha tersebut akan berakhir sia-sia, dan malah berpotensi membuat bunga dalam vas tidak bisa bertahan lama.

Ada yang mau menambahkan? Silakan, mommies…


Post Comment