Role Model

Ditulis Oleh : Ruthania Martinelly

Setiap orang punya masing – masing role model. Orang yang kita look up…. yang memberikan kita inspirasi tanpa harus merubah jati diri.

Kalau dipikir – pikir, pembentukan seseorang hingga menjadi role model ini bermula dari keluarga. Benar bukab?Tanpa bermaksud menyudutkan, biasanya ‘kakak’ menempati urutan pertama untuk ‘ditiru’. “Lihat tuh Kakak…. Coba deh lihat Uni…. Kalau Abang dulu ga gini….”

Saya, si sulung, juga senyam senyum kalau ingat ini… It’s true untuk prioritas dan dapetin apa- apa pertama. It’s our privilege dan toh para ‘kakak’ tidak minta dilahirkan duluan, ahahahaa. Tapi…… berkaca ke konsep parenting zaman kekinian, sepertinya orang tua zaman sekarang perlu lebih hati – hati. Karena bisa jadi cerita hidup si ‘kakak’ tidak selalu di ‘atas’. Karena si ‘adik’ belum tentu tidak lebih baik. Belum lagi si ‘tengah’ yang semakin terhimpit kalau apa – apa yang didahulukan adalah kakaknya.

5 Kiat Memilih Buku Anak Sesuai Usia - Mommies Daily

Punya anak lebih dari satu dengan sejumlah karakter dan plus minusnya, membuat kita perlu lebih cermat dan tidak lagi berkacamata kuda. Bukan sesuatu yang mudah memang untuk mengubah pola yang sudah ada, namun hal tersebut juga bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Saya ingat seorang teman yang bela-belain menyekolahkan anaknya di 2 sekolah yang beda, karena ia percaya anak-anaknya masing – masing punya bakat dan talenta berbeda. Jadi ia memperlakukan anaknya sebagai individu sejak dini. Nggak  ada tuh cerita ‘di bawah bayang – bayang kakak’ atau ‘kenapa si adik nggak sepintar kakaknya’.

Contoh seperti ini mungkin tidak semua bisa diterapkan. Kebetulan teman saya mampu untuk menyekolahkan anak – anaknya di sekolah yang berbeda. Namun yang saya suka adalah konsep dia memperlakukan anaknya sebagai truly individu sejak awal. Sesuatu yang mungkin belum kita pikirkan.

Karena yang terlihat adil belum tentu adil

Karena yang terlihat sudah pas belum tentu pas

Karena setiap anak adalah role model

Jadi Mommies, treat them equally, since the very early.


Post Comment