Tips Fashion: Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Ditulis Oleh : Monik Wulandari

Sudah sesuai belum, pilihan kacamata mommies dengan bentuk wajah?

Memilih kacamata itu susah-susah gampang. Pengalaman saya, yang sudah sejak SMP memakai kacamata, koleksi kacamata yang paling pas dengan bentuk wajah, mungkin hanya tiga buah. Hahaha..

 

Entah karena dulu tidak mengerti dengan ‘teori’ mix and match atau karena ‘maksa’ aja mengikuti tren. Padahal kacamata adalah fashion item yang juga menjadi pusat perhatian dari penampilan keseluruhan. Kalau salah memilih, wajah Anda justru terlihat tidak proporsional. Ingat istilah ‘kaca muka’?

Inti dari pemilihan kacamata yang benar adalah tetap menonjolkan feature wajah Anda (dalam hal ini mata, dong, ya) dalam tampilan terbaiknya. Nah, untuk menghindari kesan yang salah, coba ikuti beberapa tip di bawah ini.

Oval

Bentuk wajah oval merupakan bentuk yang paling mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai bentuk kacamata, karena bentuk wajahnya yang ramping. Tapi jangan sampai Anda kebablasan, karena wajah Anda bisa terlihat ‘keberatan’ jika memilih bentuk frame yang terlalu tebal dan besar.

kaca mata bentuk oval*Gentle Monster @Optik Seis

Bulat

Seimbangkan bentuk wajah yang bulat dengan memilih kacamata dengan frame mengotak. Dan jika Anda memiliki pipi yang chubby, perhatikan betul ukuran lebar kacamata. Jangan sampai wajah Anda terlihat seperti terjepit oleh gagang kacamata. Selain tidak enak dilihat, pastinya lama-kelamaan bisa mengakibatkan rasa sakit hingga pusing.

1703134-12*Gucci @Optik Seis

Persegi

Wajah persegi yang tegas perlu diperlembut dengan bentuk frame kacamata dengan ujung membulat, atau kalau Anda ingin tampil berani, bentuk bulat sekalian. Perhatikan juga tinggi frame, jangan sampai ruang lensa yang terlalu besar, membuat bentuk wajah terkesan memanjang.

1702095-12*Oliver Peoples @Optik Seis

Hati/ Diamond

­­Bentuk wajah hati memiliki area dahi yang lebar lalu menyempit di bagian dagu, sehingga memiliki kesan mungil. Pilihan kacamata yang paling pas adalah yang memiliki frame tipis dan ramping, sehingga tidak ‘menutupi’ wajah secara keseluruhan.

1701281-12*Gucci @Optik Seis

Oh iya, tip terakhir yang tak kalah penting adalah masalah kenyamanan. Selalu cari tahu lebar kacamata yang paling cocok dengan ukuran wajah, pilih nose pad yang ‘Asian Fit’ jika hidung Anda tidak semancung para bule, dan selalu coba fitting yang pas setelah lensa kacamata selesai dipasang—untuk yang minus (atau plus). Selamat bergaya!

 

 


Post Comment