banner-detik
ENTREPRENEUR

4 Poin Penting untuk Keuangan Mommiespreneur

author

Mommies Daily03 May 2017

4 Poin Penting untuk Keuangan Mommiespreneur

Ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance.

Punya usaha atau baru memulai usaha start-up? Mulai merasa ternyata passion saja tidak cukup untuk membuat bisnis menguntungkan? Mungkin mommies tidak sendirian.

mommiespreneur

Saya teringat saat baru memulai bisnis kantor konsultan perencana keuangan 7 tahun silam, hal pertama yang saya lakukan adalah menghitung proyeksi keuangan dan mencari sumber dana untuk memulai bisnis. Setidaknya ada empat poin penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan usaha.

  • Pahami model bisnis
  • Bagaimana model bisnis yang paling optimal untuk usaha yang baru dibentuk. Setiap usaha memiliki kondisi unik yang menjadikannya punya model bisnis yang berbeda.

  • Komponen biaya
  • Mencari tahu apa yang menjadi cost-driver alias penggerak biaya untuk usaha Anda. Gunanya, supaya Anda bisa membedakan biaya apa saja yang sifatnya variabel tergantung banyaknya penjualan dan biaya apa saja yang sifatnya tetap dan pasti terjadi meski tidak ada penjualan.

  • Teknik mendapat keuntungan
  • Sistem pembayaran keuntungan untuk pemilik. Mommies sebaiknya menentukan bagaimana pemilik usaha dibayar. Alternatifnya bisa menggunakan sistem gaji bulanan, jika mommies juga terlibat dalam operasional usaha. Apabila usaha masih tergolong baru, sistem komisi atas hasil penjualan juga dapat digunakan. Namun, apabila mommies hanya sebagai pemegang saham tanpa terjum langsung secara aktif dalam operasional, maka umumnya pemilik hanya terima dividen secara berkala dari nilai keuntungan.

  • Sumber dana untuk memulai usaha.
  • Nah, menentukan sumber dana berbisnis adalah hal pertama yang sebaiknya dipikirkan saat memulai usaha. Apabila menggunakan uang sendiri, seberapa besar uang rumah tangga yang idealnya diinvestasikan kedalam usaha baru. Apabila memilih mencari pinjaman ke Bank, yakinkah arus kas usaha mampu untuk membayar komitmen cicilannya? Lain lagi jika memilih untuk bermitra, bagaimana pembagian keuntungan atau kerugian yang terjadi. Lebih jelasnya, mommies bisa membaca lagi artikel yang pernah saya tulis mengenai modal usaha.

    Mencari komposisi yang ideal untuk usaha dapat dengan mudah dipelajari salah satunya dengan mengikuti workshop khusus untuk mommiespreneur. Selain itu, mommies juga bisa bertanya kepada saya melalui forum di femaledaily. Live a Beautiful Life!

     

    Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

     

    Share Article

    author

    Mommies Daily

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan