Komunitas Bermain yang Seru dan Sarat Edukasi Buat si Kecil

Sesekali coba deh ajak si kecil bergabung di komunitas main berikut ini. Bisa tambah teman dan pengalaman baru eksplore dunia bermain.

Menjelang usia Jordy ke-3 saya lagi  siap-siap mendaftarkan Jordy ke play group atau taman bermain. Ternyata memilih sekolah untuk TB aja, lumayan pelik, ya, mommies. Gimana nanti masuk SD, ahahaha, makin pusing :D. Prinsip saya, sih, sekolah bermain Jordy yaaa, isinya main. Kalaupun ada sisi edukatif, pendekatannya tetap dilakukan lewat jalan bermain.

Komunitas Bermain yang Seru dan Sarat Edukasi Buat si Kecil - Mommies Daily

Baca juga: 10 Permainan Seru dan Sarat Edukasi dari Seluruh Dunia

Nah, selain melalui sekolah. Saya jadi ingat nih, Adisty, Editor Mommies Daily pernah menulis tentang komunitas bemain. Jadi tertarik mau mencoba. Da pas mencari dari sumber yang lain, ternyata masih ada beberapa komunitas bermain yang bisa si kecil coba. Mau tau apa saja?

1. Komunitas Hong

Kalau lagi main ke Bandung, jangan lupa ajak si kecil main ke komunitas ini. Tepatnya di daerah Dago. Nama pendirinya, Kak Zaini, ia merupakan pecinta dan peneliti permainan tradisional. Ia juga mengoleksi aneka mainan tradisional, bukan hanya yang berasal dari Indonesia, tapi juga dari seluruh belahan dunia.

Kata “Hong”, berasal dari permainan petak umpet khas tradisi Sunda. Oh iya, selain bermain, anak-anak juga bisa ikutan workshop membuat mainan tradisional, asyik, kan? Anak-anak jadi tahu proses pembuatan tradisional seperti zaman kita dulu. Dan hasilnya bisa dibawa pulang.

Alamat                  : Jl. Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Telepon               : 022-2515773

IG                           : @komunitashong

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orangtua Saat Anak Bermain

2. Komunitas Ayo Main

Komunitas Ayo Main berbasis di Jakarta, dan merupakan organisasi nirlaba yang ingin menyebarluaskan penanganan tumbuh kembang anak lewat media bermain. Komunitas ini juga ingin membantu para orangtua yang kesehariannya sudah sibuk dengan pekerjaan, supaya lebih banyak keluarga yang bisa bermain dalam arti yang sebenarnya. Target mereka dari usia anak 3 tahun hingga SD.

Telepon               : 0821.1456.1428

Email                     : info.ayomain@gmail.com

FB Fanpage         : ayomain

3. Komunitas Anak Bawang

Sekarang kita beralih ke Solo. Komunitas ini diprakarsai oleh sejumlah mahasiswa dari Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Berawal dari Seminar Tradisional, yang diadakan oleh mereka untuk melestarikan permainan tradisional, yang berujung pada terbentuknya komunitas Anak Bawang secara resmi, pada 10 November 2012.

Kenapa dinamankan Anak Bawang, mommies  sering mendengar kan, istilah “Anak Bawang” waktu kecil dulu? Kalau ada anak kecil yang belum cukup umur, disebuta “Anak Bawang”. Dimaklumi kalau melakukan kesalahan, malahan selalu dilindungi, hihihi. Intinya dia ikut bermain, tapi tidak diperhitungkan dalam permainan tersebut. Namun, bukan berarti diremehkan. Karena suatu saat nanti, “Anak Bawang” akan beranjak besar dan bergabung menjadi pemain utama.

4. Komunitas Jendela

Kembali lagi ke Kota Kembang, Bandung. Komunitas ini didirikan karena rendahnya minat membaca buku di kalangan anak-anak. Cocok dengan tagline mereka, “ Prepare The Reader to Build Future.” Tepatnya berdiri pada 21 April 2013, disebuah Balai RW 19 di Jalan Cikutra Barat No 131, yang disulap menjadi perpustakaan.

Buku yang disediakan juga bermacam-macam – pelajaran sekolah, cerita dongeng, dan masih banyak lagi. Jika mommies tertarik menyumbang, mereka bersedia menampung. Nggak hanya membaca buku, komunitas ini juga mengadakan nonton film bareng, yang bertemakan edukasi. Selain di Bandung, cabangnya juga ada di Yogkakarta, Jakarta, Lampung, Malang, Bengkalis, Jember, Bangka dan Sumatera Utara.

Email                     : komunitasjendela@gmail.com

IG                           : @inijendela

Baca juga: Mengapa Bermain di Luar Itu Penting?

Di antara mommies, ada yang sudah pernah coba salah satu komunitas di atas? Mau dong bagi-bagi ceritanya ke kami :)


Post Comment