Yakin Cara Mommies Mencuci Rambut si Kecil Sudah Benar?

Ritual keramas yang kita anggap “enteng” ini, ternyata juga punya tata caranya sendiri, lho. Mau tahu bagaimana menerapkannya?

Di tengah kegiatan mandi, keramas adalah kegiatan pertama yang saya lakukan bersama Jordy. Meski anak saya laki-laki, saya tetap kasih perhatian khusus untuk kesehatan rambut. Ditambah, rambut Jordy yang tergolong panjang untuk anak laki-laki, daaaan keriting! Jadi kebayang, dong, kalau nggak diurus dengan benar, kusutnya sampai susah buat disisir *berasa punya anak perempuan *___*

Yakin Cara Mommies Mencuci Rambut si Kecil Sudah Benar? - Mommies DailyImage: www.blog.safetytubs.com

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Mandi si Kecil Bersih & Ramah Lingkungan

Menyoal masalah rambut, ada survei yang baru-baru ini saya terima dari My Baby, yang dilakukan di seluruh Indonesia di awal tahun ini. 98% ibu mengakui kalau kepala bayi merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif. Ini benar sih, saya jadi ingat kalau udara lagi panas banget, waktu masih bayi hingga sekarang, kulit kepala Jordy jadi bau asem, hihihi. Yaaa, se-asem-asemnya bau anak, pastilah, ya, kita mah demen aja nyiumnya, hahaha. Yang saya khawatirkan, keringat tadi mengendap, mengering pada kulitnya lalu mengganggu pertumbuhan rambutnya.

Margareta Komalasari SpA dari RS Pusat Pertamina dan Brawijaya Women & Children Hospital, mengamini masalah-masalah yang kerap terjadi pada kulit kepada anak tadi. Menurut dr. Margareta, kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan produk berbahan alami, supaya aman dan tidak menambah masalah. “Penggunaan langsung bahan alami itu sangat baik, tetapi perlu diperhatikan juga pemilihan bahan dan juga faktor kebersihan dalam penerapannya ke kulit kepala dan rambut,” jelas dr Margareta.

Baca juga: Cara Baru Membiasakan si Kecil Melakukan Rutinitas Mandi

Tata cara keramas juga penting, nih, mommies, supaya kandungan alami dari produk yang kita pilih ini bisa dimaksimalkan. Berikut tips praktis dari dr. Margareta, yang bisa mommies aplikasikan:

2. Lakukan keramas kepada si kecil setiap hari, karena iklim Indonesia tropis. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala.

  1. Memilih produk sampo yang tidak pedih di mata. Tujuannya tentu saja, supaya si kecil merasa nyaman saat kerasa.
  2. Lakukan pijatan lembut di kulit kepala untuk mempelancar peredaran darah, sehingga akar rambut juga bisa menerima nutrisi dengan baik. dan rambut juga tumbuh sehat.
  3. Manfaatkan sebaik-baiknya momen kerasa ini, karena mengeramasi anak juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan bonding dengan anak.

Baca juga: 5 Cara Mengajarkan Anak Menghemat Pamakaian Air

My Baby lewat produk barunya, My Baby Shampoo Black & Shine bisa jadi piliha mommies untuk melakukan perawatan rambut dan kulit kepala si kecil. Nggak perlu risau dengan keamanannya, karena telah teruji klinis tidak pedih di mata bayi. Selain itu, kandungan alaminya, alpukat dan kemiri akan membantu mommies membuat rambut si kecil lebih tebal, hitam dan wangi lebih lama.

Hmmm, saya bisa pertimbangkan, aaah, untuk coba My Baby Shampoo Black & Shine :)


Post Comment