Berlibur dengan Keluarga di Atas Royal Carribean Ovation of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia

Seperti apa rasanya berlibur di atas Ovation of The Seas, kapal pesiar terbesar ke-4 di dunia, memiliki 2.091 kamar dan mampu menampung tak kurang dari 4.000-an penumpang?

Atas undangan Singapore Tourism Board, saya mewakili Mommies Daily bersama 17 media lainnya berlayar 4 hari 3 malam di atas kapal pesiar Royal Caribbean Ovation of The Seas, dan membawa pulang pengalaman tersendiri untuk pembaca Mommies Daily. Dimulai tanggal 3 April bertolak dari Bandara Soekarno Hatta, menuju Changi dan langsung meluncur ke Marina Bay Cruise Centre Singapore. Rute Ovation of The Seas, waktu itu, Singapore-Penang-Singapore.

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies Daily

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies DailyCaptain Flemming B Nielsen di Ruang Kemudi Kapal Pesiar Royal Carribean Ovation of The Seas. Ia bilang, selama berlibur di Ovation of The Seas, anak bisa berlatih kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing yang mereka miliki. Dan berinteraksi dengan berbagai karakter manusia.

Saya super excited, seperti apa keadaan kapal buat Jerman dan mampu menumpang 4.905 penumpang yang dilayani oleh 1.500 crew dari seluruh penjuru dunia. Dan khusus keluarga, kapal ini menyediakan 16 tipe kamar family connected, buat mommies yang punya anak lebih dari satu. Sementara jika masih punya satu anak, mommies bisa menginap di kamar tipe balcony, seperti yang saya tempati berikut ini.

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies Daily

Fasilitas pendukung yang bisa dinikmati gratis!

Jika mommies dan keluarga plesiran dengan kapal yang baru saja beroperasi 7  bulan ini, tak perlu khawatir bosan. Beberapa deretan restoran siap melayani mommies dan keluarga, makan sepuasnya dan gratis. Tapi tetap ada restoran yang berbayar.

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies DailySalah satu restoran yang menyajikan aneka varian pizza, yang bisa mommies nikmati gratis. Namnya                         Sorrento’s, terletak di Deck 4/lantai 4.

Selain urusan perut, yang namanya berlibur pastinya buat bersenang-senang dong? gambar di bawah ini (searah jarum jam), ada kolam renang untuk anak dan dewasa, wall climbing, PIXEL show dan North Star. Yang saya sebutkan terakhir, semacam wahaha kapsul bermuatan 14 orang, dan akan diangkat setinggi 91 meter dari atas permukaan laut, dan akan bisa melihat Ovation of The Seas dari atas, deg-degan tapi seru!

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies Daily

Nggak cuma itu, mommies sekeluarga juga bisa adu tabrakan dengan bumper car, main futsal, dan permainan lainnya, yang bisa bikin betah si kecil berlama-lama liburan mengarungi lautan lepas. Khusus permainan i Fly, si kecil udah boleh coba, lho. Syaratnya cuma satu! Minimal berusia 3 tahun, kapan lagi, ya, kan si kecil bisa merasakan terbang dalam sebuah tabung.

Kids activity lainnya, bisa mommies baca di flyer Kids Daily Planner, yang diperuntukkan untuk usia 3-11 tahun. Silakan minta ke awak kapal yang bersliweran di sana. Untuk urusan kesehatan, di dalam kapal disediakan klinik yang beroperasi 24 jam, tapi disarankan mommies juga melengkapi diri dengan travel asurance, karena kalau tidak biayanya akan lumayan tinggi karena di-charge dalam bentuk mata uang dollar Amerika. Yang suka dari kapal ini, sayang memerhatikan kebersihan, di setiap sudut kapal terdapat hand sanitizer, dan setiap pengunjung yang masuk restoran diwajibkan cuci tangan dulu dengan air mengalir.

    Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies Daily

Karena banyak permainan gratis yang bisa dicoba seluruh anggota keluarga, saya sarankan pergi saat si kecil minimal 3 tahun atau ketika mereka berusia SD.

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies Daily

Kapal sempat bersandar di port Penang, di sana mommies bisa menikmati wisata kuliner khas Penang dan membeli aneka oleh-oleh. Hati-hati, ya, perhatikan jam kembali berkumpul di setiap titik, karena kalau tidak mommies bisa ketinggalan kapal untuk kembali berlayar si Singapore.

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies DailyMenikmati cendol khas Penang, kalau di kurs rupiah nggak sampai Rp 10.000

Yang harus diingat:

  1. Siapkan 3 mata uang: dollar Amerika (untuk transaksi di kapal), ringgit dan dollar Singapore.
  2. Berpakaian senyaman mungkin untuk semua anggota keluarga, saya sarankan yang menyerap keringat.
  3. Menggunakan alas kaki sneakers, no wedges apalagi high heels. Karena di atas kapal, dari satu titik ke titip lain, mommies akan berjalan, menggunakan lift atau anak tangga.
  4. Saat berangkat, pastikan si kecil dan semua anggota keluarga lainnya, dalam keadaan sehat. Karena ada ribuan penumpang lainnya berasal dari seluruh belahan dunia yang tinggal sekapal dengan kita.
  5. Pastikan membawa perlengkapan P3K, dan obat-obat dasar untuk si kecil. Misalnya obat penurun panas, flu, batuk, alergi, mengobati lebam dan lain-lain.
  6. Jangan lupa beli travel asurance, untuk satu keluarga.
  7. Punya satu tas khusus, untuk menaruh dokumen-dokumen penting. Sehingga dalam perjalanan, tas tersebut mudah anda akses. Biasanya saya memilih tas selempang atau tas pinggang.
  8. Pergi dengan suasana gembira! Hahaha, ini penting. Karena suasana hati orangtua, akan memengaruhi mood si kecil.
  9. Dari awal buat kesepakatan dengan suami, mengenai pembagian tugas mengurus kebutuhan anak selama di kapal. Jadi semua bisa happy!
  10. Di setiap kamar, setiap harinya akan disediakan “Compass of The Day”, isinya panduan kegiatan apa saja yang mommies bisa nikmati bersama keluarga. Manfaatkan hal ini sebaiknya mungkin, ya
  11. Membawa tumbler atau tempat minum, karena di dalam kamar mommies tidak disediakan air mineral. Tapi ada beberapa restoran, yang mempersilakan mommies refill air putih ke dalam tumbler.
  12. Wajib bawa sunblcok untuk wajah dan tubuh. Untuk anak-anak, jangan lupa pakai sunblock khusus anak, ya, mommies. Soalnya saat berada di deck paling atas, terutama lokasi berenang. Sinar mataharinya, lumayan terik.

Harga tiket dan cara membelinya

Selama 4 hari 3 malam, dengan rute Singapore-Penang-Singapore, tiket Ovation of The Seas dihargai 5-8 juta, tergantung tipe kamar yang mommies butuhkan. Tediri dari tipe inside, window, balcony dan suite. Waktu terbaik membeli tiket, ketika ada acara travel affair berlangsung. Biasanya tiket sailing, sudah keluar dari 1 tahun sebelumnya, dan tentu harga bisa lebih bersahabat. Selain di travel fair, mommies bisa datang ke travel agent besar di kota masing-masing untuk me-arrange liburan mommies di Ovation of The Seas. Selain cocok banget untuk liburan keluarga, bagi mommies yang bingung mau gathering atau annual meeting kemana lagi, di kapal ini saya juga banyak menemui rombongan dari berbagai perusahaan yang sedang mengadakan agenda tahunan mereka di sana. Jadi kerja bisa sambil liburan, hihihi.

Berlibur dengan Keluarga di Atas Kapal Pesir Ovation Of The Seas, Kapal Pesiar ke-4 Terbesar di Dunia - Mommies Daily

Setelah kapal kembali merapat di Marina Bay Cruise Centre Singapore, saya bersama rombongan kembali menjelajah Singapore. Akan saya ceritakan di artikel yang berbeda, ya, mommies.

Diantaranya menjelajahi Geylang Serai Market (pasar dengan komoditi makanan halal di Singapore), berkesempatan membuat makanan khas Singapore, Popiah Rolling, mengunjungi pabrik Curry Puff yang sudah tersohor, membuat perfume sesuai dengan kepribadian mommies, melihat pemandangan dari gedung tertinggi di Singapore dan yang terakhir berjalan-jalan di Kampong Glam menggunakan Vespa antik. Daaan pastinya nggak kalah seru dari pengalaman saya di berlayar bersama Ovation of The Seas.


Post Comment