Resep Roll Mocca Kenari

Resep bolu gulung paling simpel. Triknya ada di cara menggulungnya.

rollmoca

Roll mocca atau bolu gulung sebenarnya paling gampang dibikin. Cuma memang ada triknya. Supaya roll cake tetap mulus saat digulung, gulung menggunakan kain bersih yang dibasahkan air matang. Jangan lupa, gulungnya pas banget habis keluar dari oven, ya. Kalau sudah dingin, biasanya dipastikan retak saat digulung.

Cake
Bahan A:
5 butir telur utuh
85 gram castor sugar
½ sendok makan SP
1 sendok makan air
70 gram tepung protein rendah
15 gram tepung maizena
10 gram susu bubuk

Bahan B
100 gram butter (sebaiknya yang salted)
1 sendok teh pasta mokka

Cara Membuat:
1. Dengan menggunakan mixer, kocok semua bahan langsung dengan kecepatan tinggi hingga berwarna putih dan kental (soft peak)

2. Lelehkan butter. Kemudian masukkan ke dalam adonan bahan A menggunakan spatula. Aduk. Masukkan juga pasta mokka sedikit-sedikit sambil terus diaduk lipat.

3. Setelah rata, tuang ke dalam loyang bolu gulung yang sudah dialasi kertas roti. Loyang untuk roll cake biasanya berukuran 25x25cm.

4. Panggang dengan suhu 190 derajat Celsius selama lebih kurang 20 menit.

5. Setelah matang, keluarkan dari oven. Keluarkan dari loyang, letakkan di atas kain bersih yang sudah dibasahkan air matang. Gulung dengan bantuan kain tersebut saat cake masih panas. Diamkan hingga dingin.

6. Setelah dingin, buka gulungan roll cake, lapisi dengan olesan buttercream. Gulung kembali. Lapisi juga bagian luar dengan buttercream, lalu hias dengan potongan kenari.

Tips: Saya beli kenari yang sudah diiris-iris kecil. Sebelum digunakan untuk melapisi roll cake, panggang dulu irisan kenari di dalam oven dengan api kecil.


Post Comment