Layak Dicoba! 5 Jenis Permainan untuk Asah Kemampuan STEM si Kecil

5 mainan ini bisa bantu kemampuan si kecil di bidang science, technology, engineering dan matematika. Tak terasa sambil bermain ada ilmu yang sedang mereka serap  terapkan.

Sebagai ibu zaman sekarang nggak bisa dipungkiri, makin banyak teknologi yang berpihak sama kita, ya nggak mommies? Sebut saja berbagai aplikasi untuk ibu bekerja, yang bisa simplify banyak hal hingga bisa kita kontrol lewat telepon genggam. Mau pesan makanan tinggal klik layanan antar, jadwal padat tapi tetap prefectionist sama kebersihan rumah? Gampang! Panggil aja jasa bersih-bersih rumah.

Senang ya, kalau teknologi dimanfaatkan untuk kemudahan hidup orang banyak, ya memang harusnya seperti itu, sih, ya. Dan yang nggak kalah membuat hati ibu-ibu gembira, kini makin banyak permainan yang bisa bantu si kecil meningkatkan sejumlah bakatnya. Contohnya beberapa mainan berikut ini, yang diklaim bisa mengasah kemampuan STEM (science, technology, engineering dan matematika.) Apa saja itu?

1. LEGO Boost Robotics Creative Toolbox

5 Jenis Permainan untuk Asah Kemampuan STEM si Kecil - Mommies DailyImage: robotics.benedettelli.com

Siapa yang tak kenal dengan mainan berbentuk block warna warni ini? Sejak usia setahun, Jordy anak saya, juga sudah diperkenalkan dengan LEGO versi besar, atau DUPLO. Makin tinggi usia anak, maka tingkat kesulitannya juga sisesuaikan. Contohnya LEGO Boost Robotics Creative Toolbox. Terdiri dari 843 LEBO bricks, dan bisa dirakit menjadi 5 model robot berbentuk gitar, hewan, dan tokoh robot ala LEGO. Dalam kurs dollar Amerika mainan ini dibanderol $160, atau hampir setaraRp 2.130.000 dan peruntukkan untuk anak usia 7-12.

2. Fisher Price Think & Learn Code A Pillar

5 Jenis Permainan untuk Asah Kemampuan STEM si Kecil - Mommies DailyImage: walmart.com

Tiruan berbentuk serangga berbadan panjang ini, menurut saya unik. Karena anak-anak dapat bongkar pasang bagian badan si serangga. Nantinya si serangga bisa berjalan, sambil berbelok ke segala arah dengan suara-suara yang membuat mereka makin betah bermain. Mainan ini untuk si kecil yang berusia 3-8 tahun dengan harga $50

3. Primo Toys Cubetto

5 Jenis Permainan untuk Asah Kemampuan STEM si Kecil - Mommies DailyImage: primotoys.com

Dari permainan ini anak-anak usia 3 tahun ke atas akan belajar menandai sesuatu dengan warna , sebelum mereka mahir membaca. Jadi masing-masing warna punya “perintah” yang beragam, kotak berwarna merepresentasikan perintah untuk membuat kotak, dan kayu dengan logo senyum mengarahkan si keci untuk mengurutkannya, entah itu mengurutkan ke depan, atau berbelok 90%. Nggak hanya itu, permainan ini juga dilengkapi dengan buku dan peta yang membuat beragam aktivitas Cubetto. Primo Toys Cubetto bisa mommies bawa pulang dengan harga $225.

4. Dash & Dot

5 Jenis Permainan untuk Asah Kemampuan STEM si Kecil - Mommies DailyImage: forbes.com

Dash tergolong mobile robot, dan temannya si Dot, semacam tempat si Dash berpijak. Anak-anak  bermain menggunakan aplikasi untuk mengontrol dari jarak jauh. Membuat Dash keliling kamar, sementara Dot memancarkan cahayanya. Yang menantang dari permainan ini, terletak pada aplikasinya, lumayan kompleks. Yang paling sulit adalah mengoperasikan  Google’s Blocky, dan dilengkapi puzzle yang menantang anak-anak menyelesaikannya lewat program Dash and Dot. Bisa dimainkan untuk anak 5 tahun ke atas, dengan harga $280, hmmm kali ini lumayan merogoh kocek agak dalam.

5. Kano

5 Jenis Permainan untuk Asah Kemampuan STEM si Kecil - Mommies Daily

Image: allthingsd.com

Dengan Kano, memungkinkan si kecil berusia 6 tahun ke atas punya komputer pertamanya. Cocok banget buat anak mommies yang hobi merakit DIY. Ketika semua perangkat sudah terpasang sempurna, anak-anak bisa mengoperasikannya dengan kode-kode tertentu. Silakan mengumpulkan bujet $160, siapa tahu mau dihadiahkan untuk ulang tahun si kecil :)

Saya tertarik menambung untuk membelikan anak sulung mainan yang nomor satu, kalau mommies?

Baca juga:

Pilah-pilih Mainan untuk si Kecil, Apa Saja yang Sebaiknya Harus Diperhatikan?

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orangtua Saat Anak Bermain

10 Permainan Seru dan Sarat Edukasi dari Seluruh Dunia

*Artikel ini diadaptasi dari workingmother.com


Post Comment