Tradisi Sharing Session di Kantor Saya

Sejak bekerja di Mommies Daily, saya baru mengenal yang tradisi Sharing Session yang ternyata banyak manfaatnya (untuk saya pribadi). Mungkin mau mencontoh untuk di kantor Anda?

Setelah menclak – menclok di empat kantor sebelum melabuhkan hati di Female Daily Network, saya nggak tahu ada yang namanya kegiatan Sharing Session. Begitu masuk FDN-lah baru saya merasakan seperti apa itu Sharing Session.

Secara singkat, Sharing Session di kantor saya ini dilakukan seminggu satu kali, setiap Senin pagi dan berlangsung selama 30-45 menit. Dulu ketika orang-orangnya belum sebanyak sekarang, setiap peserta SS wajib sharing mengenai rencana pekerjaan untuk satu minggu ke depan, dan problem-problem yang mungkin dihadapi. Namun sekarang, secara karyawan semakin banyak, maka hanya para Dept Head yang menjelaskan perkembangan pekerjaan dan rencana pekerjaan. Di akhir sesi, akan ada satu orang yang diminta presentasi mengenai topik apa saja secara singkat, kurang lebih 5 menit.

Saya pribadi merasakan beberapa manfaat dengan adanya Sharing Session ini:

Tradisi Sharing Session di Kantor Saya - Mommies Daily

  1. Melatih keberanian berbicara di depan umum

Pertama kali mengikuti sharing session sekitar 2 tahun lalu dan menyadari bahwa setiap orang akan mendapat bagian presentasi, saya lumayan deg-degan. Yak arena saya itu paling nggak doyan ngomong di depan orang banyak dan menjadi pusat perhatian *__*. But the show must goes on kan ya, jadilah saya pasrah dan sudah dua kali presentasi (yeaaaaay). Ini benar-benar melatih saya untuk berbicara di depan umum.

  1. Mengenal rekan-rekan sekerja

Setiap kali ada anggota baru, maka anggota baru itu pasti diminta untuk memperkenalkan dirinya saat Sharing Session (bahkan anak magang pun juga wajib!). Ini membuat saya jadi lebih mudah mengenal orang-orang baru. Melihat mereka presentasi saya jadi paham kesukaan masing-masing orang dan tipe seperti apa mereka. Mengenal bukan hanya untuk urusan kerjaan, namun juga secara personal.

  1. Berbagi derita bersama

Hahahaha, maksud saya, dengan melemparkan problem yang kami hadapi, siapa tahu aja ada bala bantuan dari tim divisi lain yang selama ini belum kepikiran oleh divisi kami. Sama –sama memikirkan solusi untuk setiap masalah. Otak banyak orang tentu lebih ciamik dibanding otak satu atau dua orang.

  1. Terbiasa membuat laporan

Laporan yang harus disampaikan setiap hari Senin pagi membuat saya terbiasa untuk membuat laporan secara rutin. Jadi kalau mendadak ada permintaan bikin report, sudah terbiasa.

Nah, itu 4 manfaat yang saya rasakan dari Sharing Session. Siapa tahu mommies mau mencoba menerapaknnya di kantor kan. Atau ada tradisi lain di kantor mommies yang mungkin bisa saya sontek?


Post Comment