5 Area Ini Juga Membutuhkan Sunscreen

Ada 5 area yang kadang dilupakan orang ketika mengaplikasikan sunscreen. Padahal area-area ini juga butuh lho perlindungan dari terik sinar matahari.

hot-sun-pic

Sejak remaja peralatan perang saya untuk urusan skincare hanya sebatas pembersih muka, pelembap, eye cream, serum wajah. Pemakaian sunscreen? Cukup terlambat setelah muncul flek di area pipi. Dulu saya berpikir bahwa yang membutuhkan perlindungan dari serangan sinar matahari hanyalah area wajah dan lengan serta kaki…

Saat saya membaca-baca artikel di internet, ternyata masih banyak area-area lain di tubuh kita yang membutuhkan perlindungan sunscreen mom…. di mana saja itu?

1. Bibir
Ini dia yang sering saya lupakan, bahwa bibir pun juga wajib diproteksi dari gempuran sinar UVA dan UVB. Kita bisa memilih memakai lipbalm yang mengandung SPF. Jika kita mengabaikan perlindungan pada bibir, ada kemungkinan muncul garis-garis gelap dan membuat kulit bibir menjadi pecah-pecah kemudian menghitam. Konon semakin tipis bibir kita maka semakin butuh perlindungan SPF.

2. Telinga
Telinga meskipun tertutup rambut (dalam kasus saya) tetap membutuhkan sunscreen. Banyak kasus terjadi kanker kulit yang terdeteksi awal dari area telinga. Pilihan sunscreen-nya bisa yang berbentuk gel, krim atau spray namun dengan SPF tinggi.

3. Bahu
Kalau selama ini selalu fokus pada wajah, tangan dan kaki, maka area bahu juga jangan dilupakan. Karena selama bajut kita tidak terlalu tertutup banget, maka area bahu pasti terkena paparan sinar UVA dan UVB. Apalagi kalau pakaian yang kita gunakan model sleeveless atau ketika berenang.

4. Kelopak mata
Menurut beberapa ahli, salah satu area yang paling tinggi terkena kanker kulit adalah di area kelopak mata dibandingkan area tubuh atau wajah lainnya. Bisa dimulai dengan menggunakan sunscreen berbentuk stik.

5. Kulit kepala
Melindungi kulit kepala dan rambut dari teriknya sinar matahari karena sinar matahari dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan iritasi. Jadi, segera cari hair sunscreen untuk melindungi tidak saja area rambut namun juga kulit kepala. Jika udara sedang terik banget, bisa juga dibantu dengan pemakaian topi. Ya, carilah topi cantik gitu sekalian buat gaya :D.


Post Comment