5 Langkah Menyiapkan Si Kecil Masuk TK

Penulis : Amanda Santoso

Nggak terasa sebentar lagi Si Kecil memasuki dunia baru. Dunia Taman Kanak-Kanak. Kira-kira, persiapan apa yang saya lakukan agar transisi ini berjalan mulus?

Jangan Lebay

Pengakuan saya: Saya lebih excited ketimbang dirinya. Ada rasa bangga sekaligus haru (mellow). Namun saya harus bisa menahan diri jangan terlalu bersemangat, takutnya nanti si kecil malah cemas soal aktivitas barunya. Akhirnya, saya coba mengajak si kecil untuk ngobrol dalam suasana santai, menyebutkan keseruan yang bisa terjadi di sekolah.

Berhasil… karena si kecil akhirnya menanti hari pertama sekolahnya.

IMG_20170404_083141

Biasakan Untuk Mengikuti Jadwal

Saya mencoba untuk me-review kegiatan sehari-hari Si Kecil di rumah. Kalau si kecil Mommies belum ada jadwal kegiatan, coba deh dibuat. Jika ia masih kesulitan mengikuti jadwal, mungkin ini waktu yang tepat untuk melatihnya. Mengikuti rutinitas tertentu dapat mengajarkan anak-anak dalam mengambil keputusan serta bertanggung jawab. Rebecca Pacios, Ph.D, penasihat kurikulum senior di ABCmouse.com menjelaskan bahwa anak-anak akan belajar maksimal apabila mereka memiliki aktivitas harian yang terjadwal. Rutinitas akan membuat mereka belajar mengenai struktur dan konsep waktu. Jika tidak punya jadwal yang konsisten di rumah, Si Kecil kemungkinan mengalami kesulitan beradaptasi dengan konsep sekolah.

Buat penyesuaian rutinitas

Meskipun Si Kecil sudah terbiasa mengikuti jadwal, saya membuat sedikit perubahan yang tentu sudah disesuaikan dengan waktu sekolahnya nanti. Yang saya utamakan jadwal untuk pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum Si Kecil tidur. Jadwal pagi hari bisa meliputi rutinitas merapikan tempat tidur, mandi dan berpakaian, sarapan, dan menyiapkan kebutuhan untuk dibawa ke sekolah. Mommies bisa buat chart “Aktivitas Pagiku” berisi kegiatan yang harus dilakukan, disertai gambar agar Si Kecil mendapat visualisasi mengenai kewajiban paginya. Biasanya di kelas sekolah juga ada jadwal harian yang mirip dengan chart tersebut, ini akan membantu Si Kecil teratur mengikuti rutinitas yang telah ditentukan.

Latih kemampuan motorik Si Kecil

Agar kemampuan motoriknya sebelum masuk sekolah terasah, saya juga membuat project kecil yang menyenangkan untuk dikerjakan bersama seperti crafting yang mengharuskan Si Kecil menggunting kertas, mewarnai, dan menempel menggunakan lem.

Libatkan Si Kecil Dalam Proses

Anak-anak umumnya senang dianggap “sudah besar”. Ajak anak terlibat dalam proses persiapan masuk sekolah. Berdiskusi soal tas dan perlengkapan yang akan dibeli misalnya. Ini akan memberikan anak rasa percaya diri.
Selain lima hal di atas, ada satu hal yang harus dicermati, yaitu separation anxiety. Pada awal masa sekolah, biasanya anak-anak akan merasa cemas, terutama di hari pertama. Mereka merasa dipaksa keluar dari zona nyamannya. Siapkan diri untuk melihat sedikit air mata dan drama, ya.

Jika Mommies mengantarnya ke sekolah, jangan terlalu lama berada di lingkungan sekolah. Ini akan membuat anak semakin sulit beradaptasi. Sesi dadah-dadah juga sebaiknya dibuat singkat, gunakan tone suara dan kata-kata yang positif untuk memberi semangat.

Ternyata banyak juga, ya, yang harus dipersiapkan. Terpenting bagaimana sikap anak saat menjalaninya. Pastikan ia selalu gembira dalam bersekolah.

Baca juga : Hal yang Tidak Diharapkan Orangtua dari Sekolah Anak

Baca juga : Pentingnya hari Pertama Sekolah

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

Post Comment