School Review: SD Lentera Insan Depok

Satu lagi SD Swasta berbasis Islam di Depok yang menerima Anak Berkebutuhan Khusus.

Baca juga:

Biaya Beberapa SD di Jakarta, Depok dan Bogor

Sebenarnya saya sudah lama mendengar sekolah ini. Jauh sebelum saya menyadari kalau Rimba memiliki Sensory Processing Disorder. Tadinya saya pikir gedung SD Lentera Insan jadi satu dengan gedung Taman Kanak-Kanaknya, tapi ternyata keduanya terletak di lokasi berbeda, dan cukup jauh satu sama lainnya. Jika TK Lentera Insan berada di pinggir jalan besar Kelapa Dua, Depok, SD-nya sendiri justru berada di sebuah kompleks perumahan Permata Puri I, di Jl. Radar Auri, Depok. Karena terletak di dalam kompleks, menurut saya SD Lentera Insan sangat aman dan nyaman.

School Review: SD Lentera Insan Depok - Mommies Daily

Tergabung Dalam JSIT

JSIT merupakan kependekan dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Artinya, sekolah-sekolah yang tergabung dalam JSIT ini merupakan sekolah Islam yang memadukan secara integratif nilai dan ajaran agama Islam dalam bangunan kurikulum, melalui pendekatan pembelajaran yang efektif dan sudah pasti melibatkan orangtua dengan guru secara optimal. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai JSIT, mommies bisa cek di sini . Selain Lentera Insan, Nurul Fikri juga termasuk di dalam jaringan JSIT.

Kelas Reguler & Khusus

SD Lentera Insan pada dasarnya menerima semua anak, dengan semua kondisi. Apakah anak dengan gangguan perkembangan, maupun anak-anak yang tergolong cerdas istimewa. Di SD Lentera Insan ada dua jenis kelas. Kelas reguler adalah kelas yang diikuti oleh sejumlah siswa reguler dan beberapa siswa ABK, yang telah memenuhi syarat dari sekolah dalam proses penerimaan murid baru, ada pemeriksaan dan tes psikologi yang diikuti. Jika ternyata ada hambatan perkembangan yang perlu ditangani lebih intensif, maka murid tersebut akan masuk di kelas khusus.

Baca juga:

Kelas Akselerasi Solusi Buat Anak Luar Biasa Cerdas?

Psikolog yang mendukung SD Lentera Insan adalah Hj. Fitriani F Syahrul, M.Si.Psi. Beliau adalah penerima Inclusif Education Award dari Kemdikbud RI tahun 2012. Saat saya menilik kelas yang berlangsung, jumlah siswa memang nggak banyak. Kalau nggak salah lihat, ada sekitar 15-20 anak, dan di-handle oleh 2 orang guru. Terlihat bahwa penanganan terhadap ABK di sini sangat optimal.

Bagi setiap siswa akan ada jadwal konsultasi dengan tim pelayanan psikologi per tahunnya. Tentunya jadwal dan jumlah pertemuan akan berbeda tergantung kondisi anak. Berdasarkan konsultasi tersebut, pihak sekolah akan berdiskusi dengan orangtua, tentang cara mengatasi masalah atau hambatan yang mungkin dihadapi. Sejauh ini, saya merasa hal tersebut sangat menyamankan orangtua.

Proses Belajar & Biaya

Proses belajar di SD Lentera Insan memberikan peluang yang besar terhadap murid untuk berani berpendapat dan mengemukakan ide, melalui aktivitas sharing pengalaman pribadi, atau mengemukakan pendapat terhadap suatu tema yang dipelajari. Untuk uang pangkal tahun 2016/2017, sebesar Rp 23 juta rupiah. Sementara uang SPPnya berkisar di angka Rp 1.200.000. Namun untuk ABK yang membutuhkan shadow teacher dan penanganan khusus lainnya, uang SPP bisa berkisar antar Rp 3-4 juta.

Susah Masuknya

Proses penerimaan di SD Lentera Insan tidak seperti sekolah umum lainnya. Yaitu memiliki periode pendaftaran yang kurang jelas. Hanya akhir periodenya saja yang jelas, yaitu bulan Februari. Istilahnya, dulu-duluan daftar deh. Bahkan ada yang sudah daftar 2 tahun sebelumnya, persis seperti SD Karakter.

Setelah Rimba melalui proses penerimaan di bulan Oktober 2016, yaitu pendaftaran dan tes psikologi, pihak sekolah belum bisa memastikan apakah diterima atau tidak. Ini disebabkan mereka mengutamakan siswa-siswa TK Lentera Insan yang ingin melanjutkan ke SD tersebut. Dan karena jumlah kuota setiap tahun juga tidak banyak, hampir dipastikan nyaris seluruh siswa TK Lentera Insan lanjut ke SD-nya dan menyisakan sedikit kuota untuk anak-anak sekolah lain. Sehingga menurut saya, sepertinya percuma saja untuk mendaftar di sini, mengingat Rimba tidak terdaftar sebagai murid TK Lentera Insan ;)


Post Comment