5 Alasan Kenapa Sarapan dengan Gandum Utuh Baik untuk Kesehatan Anak

Dari pada menyiapkan sarapan karbohidrat yang bisa bikin anak cepat ngantuk, bagaimana kalau sarapannya diganti dengan gandum utuh? Ada banyak alasan, kok, kenapa gandum untuh baik untuk kesehatan anak.

Ngomongin sarapan, saya sih, yakin kalau semua mommies sudah sangat ‘melek’ informasi dan tahu kalau sarapan itu baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Hidup sehat memang perlu dimulai dengan sarapan. Meskipun begitu, kita tetap saja perlu memerhatikan menu dan kandungan gizinya. Kalau, saya, sih, berusaha nggak memberikan sarapan dengan menu ‘berat’ atau kebanyakan karbohidrat.

Toh, banyak penelitian yang membuktikan kalau kebanyakan mengonsumsi karbohidrat memang bisa bikin cepat ngantuk. Terutama kalau mengonsumsi karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, dalam jumlah banyak, tanpa dibarengi serat, seperti sayur dan buah.

Oleh karena itulah, saya lebih sering memberikan anak saya, Bumi sarapan sereal yang terbuat dari gandum utuh. Selain gizinya memang baik, bikinnya juga nggak pakai ribet. Tinggal ambil secukupnya, berikan susu dan tambahkan potongan buah, jadi, deh! Sarapan enak dan bergizi bisa langsung bisa disantap anak saya, dengan semangat!

5 Alasan Kenapa Sarapan dengan Gandum Utuh Baik untuk Kesehatan Anak-mommiesdaily

Kebetulan belum lama ini saya juga sempat mengikuti acara jumpa pers yang berkaitan dengan sarapan sehat dengan gandum utuh bersama Nestle Breakfast Cereals yang punya komitmen mendorong kebiasaan sarapan sehat. Bukan apaa-apa, nih, faktanya sampai sekarang 44.6% anak Indonesia memang masih mengonsumsi sarapan yang bergizi rendah dengan asupan energi yang kurang dari kebutuhan harian yang dianjurkan. Padahal, kalau anak mengonsumsi sarapan sehat degan gizi berimbang bisa meningkatkan nilai akademis 4,5 lebih tinggi.

Baca juga : 3 Unsur yang Wajib Ada Dalam Menu Sarapan Anda

Lewat pemaparan Sari Sunda Bulan, selaku ahli gizi dari PT NAFAS Butri Sejahtera dan Ece Durukan selaku Regional Nutrition and External Affairs Manager di CPW Asia-Middle East-Africa E saya makin yakin kalau ada banyak alasan mengapa gandum utuh baik untuk sarapan anak.

Kaya Nutrisi

Memang, sih, saatini seral yang ada di pasaran memang sangat beragam. Tapi coba perhatikan kandungnnya lebih dulu. Apakah benar terbuat dari gandum utuh atau whole grain? Gandum Utuh ini terdiri dari seluruh bagian pada biji gandum yang terbagi atas tiga bagian yaitu dedak atau kulit, biji, benih dan endosperma. Di mana kandungan whole grain kaya akan zat bioaktif dalam jumlah tinggi seperti serat, vitamin, mineral, antioksidan dan zat fitokimia lain.

Baik Untuk Pencernaan

Gandum utuh memiliki kandungan serat atau fiber yang sangat tinggi. Artinya,  tentu saja baik untuk untuk melancarkan fungsi pencernaan. Apalagi kalau saat memakan sereal ditambahkan lagi dengan buah-buahan yang kaya anak serat dan vitamin sehingga  bisa membantu kerja usus semakin maksimal.

Sarapan Koko Krunch

Mengurangi Risiko Kanker Usus

Aduh, kalau ngomongin masalah penyakit saya suka ngeri sendiri. Sebagai orangtua, saya tentu ingin sehat sampai tua. Bisa menemani anak sampai akhir hayat dengan kondisi yang bugar. Dengan rajin mengonsumsi sarapan dengan bahan gandum utuh, ternyata bisa mencegah terjadinya risiko kanker usus. Hal ini disebabkan karena gangguan pencernaan yang jadi sumber penyebabnya bisa dihindari. Seperti yang kita ketahui, kasus kanker usus besar makin banyak lantaran pilihan menu yang kurang tepat. Antara lain disebabkan kekurangan serat.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Sudah tahu, dong, ya, zaman sekarang penyakit diabetes nggak cuma menyerang orang yang usianya sudah lanjut saja? Anak-anak pun bisa kena penyakit diabetes. Nah,  karena gandum utuh punya sumber serat yang baik dan penting maka kandungannya ini bisa mengurangi risiko diabetes tibe 2.  Hal ini dikerenakan  gandum kaya akan magnesium, yang merupakan mineral yang bertindak sebagai co-faktor untuk lebih dari 300 enzim. Enzim ini terlibat dalam penggunaan fungsional tubuh insulin dan sekresi glukosa. Selain itu, konsumsi secara teratur gandum mempromosikan kontrol gula darah yang sehat.

Rasa Enak yang Bisa menggugah Selera

Buat saya, sih, sarapan nggak cuma harus mengandung vitamin dan nutrisi yang baik, tapi juga harus enak. Ya, bayangkan saja, belum lama melek mata, kalau makanannya nggak ‘mengundang’ selera pasti nggak napsu makan. Terlebih buat anak-anak. Jadi, sarapan juga harus enak dan menggugah selera seperti sarapan sereal yang dilengkapi buah-buahan kegemaran anak.

 


Post Comment