Ma, Aku Mau Naik Kereta Api Aja…

Oleh : Rosalia Titi Wening

Begitu selalu ucapan Bri jika kami sedang memilih alternatif moda transportasi untuk liburan. Dan saya punya alasan mengapa saya meng-amin-kan, selain karena sebuah memori bersama ibu.

Bagi saya, 3 bulan sebelum libur Lebaran adalah waktu yang lumayan pas untuk merencanakan liburan (kalau ada dana lebih, ahahaha, makanya penting mengecek dana liburan agar nggak boncos). Tapi nggak jarang, suka apes juga sih, tiket pesawat atau kereta api sudah sold out *__*.

Kalau bicara tentang liburan dan keribetan perencanaannya, salah satu hal penting yang wajib dipikirkan dari jauh-jauh hari dalah pilihan transportasi yang akan digunakan. Duluuuu, saya ingat betul saat pulang kampung untuk mudik, ibu saya selalu mengandalkan kereta api untuk kemana saja. Bahkan hingga kini, ibu saya lebih nyaman menggunakan kereta api. Alasannya simpel banget, “Kalo naik kereta api itu nggak capek dan bisa jalan-jalan kalo bosen :).”

Dan pengalaman itu pula yang membuat saya ataupun Bri (kayaknya) lebih memilih kereta api sebagai pilihan utama. Ada beberapa alasan sih, di antaranya:

Ma, Aku Mau Naik Kereta Api Aja… - Mommies Daily

Pengetahuan “berjalan”
Memilih kereta api berarti saya sudah harus siap menjelaskan apa saja yang Bri lihat selama perjalanan. Dari mulai melewati pematang sawah, gunung, lembah, hutan, danau hingga sungai. Melihat pemandangan baru menjadi hal yang menyenangkan buat anak-anak yang tidak mereka temui di kota besar. Apa yang ia lihat layaknya pengetahuan berjalan yang dapat mereka ceritakan kepada teman-temannya.

Anak bebas bermain
Anak-anak akan cenderung cepat bosan saat melakukan perjalanan jauh, biasanya kita orangtua sudah menyiapkan satu koper sendiri yang berisi mainan. Saat sudah jenuh melihat-lihat pemandangan di luar sepanjang perjalanan, mommies bisa sodorkan mainan yang dibawa. Tempat yang luas untuk mereka mondar mandir juga terbilang aman, dan mereka bebas kapan saja mau ke kamar kecil. Itu juga yang membuat saya memutuskan lebih memilih kereta api saat liburan bersama keluarga.

Kemudahan pemesanan tiket kereta api secara online
Hari gini apa pun bisa kita pesan via online. Begitu juga dengan tiket kereta api. Tentu saja hal ini memudahkan pelanggan untuk memesan jauh-jauh hari tanpa perlu mengantre. Bahkan kita juga bisa memesan tempat duduk yang kita inginkan. Awalnya saya menggunakan aplikasi travel booking hanya untuk pemesanan pesawat saja, tapi kali ini aplikasi yang saya gunakan semakin berinovasi. Traveloka yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) jelas memberikan kemudahan saya saat pemesanan, yang kali ini tujuan saya bersama keluarga adalah Malang (Gara-gara melihat direktori tempat menginap unik di Mommies Daily yang salah satunya ada di Malang)

Untuk rutenya sendiri setelah saya cari tahu, dari pulau Jawa sampai Sumatera mereka provide, baik untuk semua kelas ataupun subkelas. Untuk jadwal dan kursi dapat kita pesan sejak 90 hari hingga 6 jam sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, mau liburan serba terjadwal kamu bisa atur jauh-jauh hari, mau dadakan juga bisa.

Buat saya jelas saja kemudahan pemesanan via online tiket kereta api memberikan spare waktu untuk saya manfaatkan seperti untuk packing pakaian (butuh trik khusus memang packing untuk liburan sekeluarga), menyiapkan makanan yang siap makan untuk dibawa, obat-obatan dan perintilan (seperti must have item untuk mama saat liburan) lainnya. Kebayang kan ya untuk liburan seminggu dengan satu anak, belum lagi pakaian saya dan suami, jelas butuh ekstra waktu dan tenaga.

Untuk urusan pembayaran setelah pemesanan juga mudah kok. Tinggal memilih metode pembayaran yang beragam. Mau kartu kredit, bisa, ATM transfer dan internet banking, bisa banget :). Nah, yang uniknya lagi pemesanan melalui Traveloka kamu bisa melakukan pencarian tiket kereta api berdasarkan kota, sehingga tidak perlu tuh bingung jika tidak mengetahui stasiun yang ingin dituju.

Bagaimana dengan boarding pass? Tidak usah khawatir, kamu akan mendapatkan boarding pass resmi dengan cara memindai barcode yang tertera di e-tiket Traveloka di mesin yang tersedia di stasiun keberangkatan. Ringkes ya!

Untuk yang mau coba-coba pengen tahu penjelasan saya di atas, sila download aplikasi Traveloka (Android dan iOS) dan situs web mobile.

Kalo mommies, memilih transportasi apa nih saat pergi berlibur sekeluarga? Yang paling penting jaga mood anak-anak ya, biar mereka merasakan liburan yang menyenangkan tanpa terlalu kelelahan.


Post Comment