Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini!

Ditulis oleh: Amanda Santoso

Mumpung masih awal tahun, silakan lihat tren apa yang sedang hits dalam mendekorasi atau merancang dapur agar selain fungsional, dapur juga terlihat cantik dan keren.

Coba jelajahi Instagram dengan hashtag tertentu, pasti muncul banyak foto dapur dengan beragam gaya dan warna. Dari situ, kita bisa lihat bahwa sekarang dapur telah menjadi ruang penting, tidak sekadar tempat memasak tetapi juga tempat mereflesikan hobi, gaya, serta menjadi tempat bercengkrama bersama keluarga dan tamu yang datang berkunjung.

Shades of Grey

Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini! - Mommies Daily
Ingin mengganti warna lemari dapur? Walau putih tetap menjadi warna favorit untuk lemari dapur, namun sepertinya di tahun ini banyak orang mulai menggunakan warna abu-abu dan turunannya. Jane Lockhart, desainer interior dari Kanada, mengatakan, “Warna navy dan warna gelap lainnya cocok untuk lemari bagian bawah. Untuk bagian atas, gunakan warna-warna muda yang netral.”

Flat-panel cabinet doors

Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini! - Mommies Daily
Desain lemari dapur yang minimalis bahkan tanpa handle akan banyak diminati. Untuk dapur yang ukurannya tidak terlalu luas, opsi menggunakan hidrolik pada pintu lemari dapur bisa dijajaki. Pintu akan dapat dibuka dan ditutup dengan mudah, hanya perlu satu tekanan saja.

Geometri

Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini! - Mommies Daily
Bosan dengan backsplash mozaik yang sempat nge-tren beberapa waktu lalu? Tahun ini geometri akan jadi bintangnya. Pola keramik chevron, herringbone, dan heksagon jika dikombinasikan dengan panel warna muda dan netral akan terlihat kontras dan sophisticated.

Desain dari bawah ke atas

Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini! - Mommies daily
Jika selama ini Mommies tidak terlalu memerhatikan lantai, kini saat yang tepat untuk mengubahnya. Gunakan keramik dengan motif eye catching, misalnya Tegel Cap Kunci, untuk area dapur. Jangan takut untuk menggunakan warna yang cerah. Setelah selesai memutuskan warna dan motif lantai, baru Mommies pikirkan warna dan gaya untuk lemari dapur.

Eat-in kitchen

Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini! - Mommies Daily
Belakangan ini kita mungkin sering melihat desain hunian yang menyatukan area dapur dan area makan, terutama untuk hunian minimalis yang tidak membedakan dapur kotor dan dapur bersih. Konsep dapur terbuka ala kafe ini adalah opsi yang cukup menarik untuk dipertimbangkan. Sembari memasak Cheesy Meat Sauce Block Toast, Mommies bisa tetap mengawasi anak-anak dan jika ada teman berkunjung bisa tumplek blek di area utama baru ini. Seru, kan?

Penggantung perkakas dapur

Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini!
Perkakas dapur seperti panci, wajan, tutup panci, dan sutil tidak harus disimpan di dalam lemari. Mommies bisa menggantungnya di satu sudut dapur. Hal ini tentunya lebih efisien waktu ketimbang harus memindahkannya dari rak pengering ke dalam lemari penyimpanan. Namun, perhatikan juga ya mom tempat penyimpanan pisau atau jarak kompor, apakah mudah dijangkau si kecil, karena dapur masuk ke dalam 7 area yang berbahaya di rumah bagi anak.

Be creative!

Percantik Dapur Sesuai Trend 2017 dengan 7 Cara Ini! - Mommies Daily
Mencari referensi dari majalah atau situs desain sah-sah saja, tapi pasti rasanya ada yang kurang kalau dekorasi tidak dikombinasikan dengan sentuhan personal. Libatkan suami dan anak-anak dalam menentukan aksen tambahan dapur. Misalnya, luangkan waktu untuk melakukan DIY projects membuat magnet kulkas dari bahan yang tidak terpakai lagi atau menambahkan sentuhan barang antik, hasil hunting barang di toko-toko yang menjual barang antik.


One Comment - Write a Comment

Post Comment