Liburan Keluarga Mengunjungi Taman Nasional? Why Not!

Ummm, mau ngapain lagi ya, liburan sama keluarga? Sepertinya kalau menelusuri salah satu taman nasional di Indonesia akan menarik :) 

Beberapa waktu lalu suami saya yang kebetulan juga berprofesi sebagai jurnalis, liputan ke Taman Nasional Pulau Komodo. Pulau ini dinobatkan sebagai 7 Keajaiban Dunia, pada 16 Mei 2013 di Zurich, Swiss. Ketika pulang suami saya membawa banyak cerita tentang pulau ini (nanti akan saya ceritakan di bawah, ya, mommies). Selama suami saya cerita, pikiran saya jadi mengawang-ngawang. Suatu saat nanti, seru juga kalau kami sekeluarga bisa ke sana.

Sebelum beranjak ke daftar Taman Nasional yang dipunya Indonesia, kita cari tahu dulu, apa sih sebetulnya Taman Nasional, itu? Jadi mommies, menurut Wikipedia, Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang punya ekosistem alami. Lalu zona Taman Nasional ini kerap dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Taman Nasional, biasanya kawasan yang dilindungi oleh Wolrd Conservation Union Ketegori II. Entah di dalamnya ada satwa atau tanaman langka atau sebagai cagar alam.

Baca juga: Direktori Tempat Menginap dengan Konsep Unik di Indonesia

Berikut ini daftar Taman Nasional yang ada di Indonesia, saya yakin, jika mommies pergi ke sana bersama keluarga, banyaaak banget ilmu baru yang akan diserap si kecil. Tentang pelestarian lingkungan hidup, bagaimana manusia wajib sayang sama alam, sejarah, aaaah pokoknya ini ajang kreasi sambil belajar.

Baca juga: 7 Tips Siapkan Liburan Agar Tidak Mati Gaya

Liburan Keluarga Mengunjungi Taman Nasional? Why Not! - Mommies DailyImage: www.tourism.nttprov.go.id

1. Taman Nasional Pulau Komodo

Ini dia yang sempat saya singgung sedikit di awal artikel. Taman ini terdiri dari 3 pulau besar, yaitu Komodo, Rinca dan Padar dan 26 pulau besar/kecil lainnya. Kalau dari namanya sudah jelas, Komodo menjadi satwa khas yang dilindungi. Tapi nggak Cuma Komodo, mommies, ada rusa, bagi hutan, kuda luar, penyu, dan kerbau liar. Sayangnya akses ke Pulau ini masih terbilang mahal, menggunakan kapal sedang, bermuatan belasan orang. Nggak hanya binatang, sejumlah tumbuhan seperti rotan, bambu, dan bakau juga tumbuh subur di pulau ini. Sekadar mengingatkan, jika mommies sedang datang bulan, ketika mengunjungi pulau komodo, wajib lapor ke pemandu wisata dan pawang komodo. Soalnya komodo punya kemampuan mencium darah segar dari jarak 7 kilometer! Taman nasional ini terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Liburan Keluarga Mengunjungi Taman Nasional? Why Not! - Mommies DailyImage: www.wisatabaliutara.com

2. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional yang satu ini adanya di ujung barat pulau Bali. Terdiri dari beberapa tipe vegetasi, hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hitan hujan dataram rendah, savana, terumbu karang, padang lamun, pantai berpasir  dan perairan laut dangkal dan dalam. Banyak yaaaa, saya sendiri belu, terbayang fisiknya seperti. Yang pasti indah dan nggak kalah panorama alamnya seperti di belahan dunia lainnya.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata untuk Anak di Bali

Liburan Keluarga Mengunjungi Taman Nasional? Why Not! - Mommies Daily

Image: Youtube Original Diving

3. Taman Nasional Bunaken

Terkenal karena keindahan terumbu karangnya, bahkan diakui sebagai terumbu karang terlengkap, yeay, makin bangga jadi orang Indonesia. Letaknya di perairan laut Sulawesi, tepatnya di Manado Sulawesi Utara. Ada event tahunan yang bisa mommies incar kalau mau ke sana, yaitu Sail Bunaken yang diadakan Mei s/d Agustus. Jadi, kalau me Manado, jangan sampai skip ke tempat ini, yesss.

Liburan Keluarga Mengunjungi Taman Nasional? Why Not! - Mommies Daily

Image: www.penabiru.com

4. Taman Nasional Way Kambas

Letaknya di provinsi Lampung, dan merupakan pusat konervasi gajah terbesar di Indonesia. Si kecil yang suka sama gajah, dijamin terperangah melihat kawanan gajah berjalan di habitat aslinya. Oh iya, bukan hanya gajah yang jadi penghuni taman nasional luasnya 1.300 km² ini, tapi ada juga spesiues hewan orang utan dan badak Sumatera. Uniknya di pusat pelatihan gajah liar, si kecil bisa menyaksikan pelatih pasukan gajah bermain bola, menari, berjabat tangan, mengalungkan bunga dan masih banyak atraksi yang tidak akan membuat bosan si kecil berlama-lama di sana.

Liburan Keluarga Mengunjungi Taman Nasional? Why Not! - Mommies DailyImage: id.wikipedia.org

  1. Taman Nasional Wakatobi

Kalau melihat pernampakannya, kayak ada di surga dunia! Ya gimana nggak, warna biru airnya khas banget, bikin hati teduh *TSAH! Sejak ditetapkannya pada tahun 2002, taman nasional ini punya keanekaragaman hayati laut. Salah satu yang jadi perhatian utamanya adalah gugusan terumbu karang yang terleta pada 25 titik di sepanjang 600 km garus pantai wiiiih panjang banget, yaaaa. Taman Nasional Wakatobi ada di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Alam untuk Anak


Post Comment