5 Kiat Memilih Buku Anak Sesuai Usia

Ditulis oleh: Amanda Santoso

Punya dua anak beda usia membuat saya harus pintar-pintar memilih buku bacaan yang cocok untuk mereka sesuai dengan usianya.

5 Kiat Memilih Buku Anak Sesuai Usia - Mommies Daily

Siapa, sih, yang tidak ingin anaknya senang membaca? Manfaat membaca untuk anak banyak sekali. Memilih buku bacaan untuk anak adalah proses yang gampang-gampang susah karena berkaitan dengan selera dan minat anak. Bagaimana memilih buku bacaan anak yang sesuai dengan kelompok usia dan perkembangan Si Kecil?

Baca juga:

How to Raising Reader?

Usia bayi hingga 2 tahun

5 Kiat Memilih Buku Anak Sesuai Usia - Mommies Daily

Untuk kelompok usia ini, sebaiknya Mommies pilihkan buku yang berisi gambar berukuran besar dan berwarna cerah. Agar tidak mudah rusak, beli buku berbahan karton tebal atau busa. Anak-anak usia bayi hingga 2 tahun adalah pendengar, mereka lebih menyukai buku dengan teks singkat disertai gambar yang mengilustrasikan kejadian pada cerita tersebut.

Usia 3 hingga 5 tahun

Untuk usia 3 hingga 5 tahun, buku yang cocok adalah yang mengenalkan huruf, angka, dan bentuk. Buku cerita yang isinya menceritakan kehidupan sehari-hari seperti pengalaman liburan, bersekolah, atau kehidupan binatang juga menarik minat mereka. Tokoh utama dalam cerita sebaiknya berusia sama dengan Si Kecil, ini akan membuatnya merasa terhubung dengan jalan cerita. Teks cerita bisa sedikit lebih kompleks dan banyak menggunakan pengulangan kata. Ini dapat menstimulasi Si Kecil belajar membaca.

Usia 5 hingga 8 tahun

Untuk buku yang akan dibaca bersama Mommies, pilihkan buku bergambar dengan alur cerita cukup kuat dan tokoh yang menarik. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah mulai bisa membaca, pilihkan buku dengan cerita yang lugas dan terdiri dari kata-kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dampingi anak-anak saat mereka membaca buku, ajak mereka diskusi mengenai apa yang baru dibaca agar Mommies bisa memberikan pemahaman.

Buku untuk kelompok usia ini tidak melulu fiksi. Sekarang sudah banyak buku referensi yang ditulis untuk anak-anak. Buku non-fiksi ini bisa mendorong Si Kecil untuk membaca buku dengan topik baru dan memuaskan rasa ingin tahunya akan hal-hal yang lebih kompleks.

Usia 9 hingga 11 tahun

5 Kiat Memilih Buku Anak Sesuai Usia - Mommies Daily

Si Kecil mulai mandiri dalam membaca buku. Ajak ia memilih sendiri buku yang sesuai dengan minatnya. Kelompok usia ini haus akan wawasan baru dan ingin memperkaya kosa kata. Pilihkan buku tanpa gambar, ini akan merangsang imajinasinya untuk melihat dunia yang diceritakan oleh buku tersebut.

Baca juga:

Pilihan Buku Bernilai Edukasi Untuk Anak

Usia 12 ke atas

5 Kiat Memilih Buku Anak Sesuai Usia - Mommies Daily

Pra-remaja dan remaja biasanya tertarik pada novel dengan alur cerita keseharian, menampilkan tokoh yang memiliki pengalaman mirip dengan mereka. Mereka juga sudah dapat menggali informasi dari buku ensiklopedia dengan menggunakan daftar isi dan glosarium. Saat menemukan kosakata baru, mereka biasanya akan mencari tahu artinya dengan membaca kamus. Mommies bisa memilihkan buku biografi, almanac, fiksi sejarah, dan mitologi

Memilih buku yang tepat untuk anak akan membantu mengembangkan kemampuan baca anak. Sebagai orangtua, Mommies harus bisa melihat tahapan kemampuan baca anak. Ini adalah modal untuk Mommies memilihkan buku yang tepat untuk anak. Saat anak sudah memerlihatkan preferensi topik, dorong mereka untuk memilih sendiri buku yang ingin dibaca. Jangan paksa anak membaca habis buku yang tidak ia sukai. Jadikan membaca aktivitas yang menyenangkan, bukan tugas yang harus diselesaikan.

Dengan meluangkan waktu bersama anak-anak ke toko buku, menyusuri rak saat memilih buku yang tepat artinya Mommies sedang membekali anak dengan keterampilan yang akan berguna hingga ia kelak dewasa.

Baca juga:

Direktori Perpustakaan Anak


Post Comment