5 Liburan Kreatif di Rumah dengan Anak Tanpa Mahal

Sekarang nggak ada lagi istilah kehabisan ide ketika akhir pekan atau liburan panjang sekolah datang. Karena mommies punya 5 cadangan kegiatan kreatif bersama si kecil.

Tantangan menjelang akhir pekan buat saya dan pasangan, bagaimana membuat anak pertama kami, Jordy yang berusia 2,5 tahun, punya aktivitas yang berkualitas bersama kami. Nggak hanya dari segi emotional bonding-nya, tapi juga bagaimana menstimulasi kecerdasannya.

Saya dan pasangan kebetulan, tipe orang rumahan…hihihi. Menjadikan rumah sebagai pusat utama kegiatan keluarga. Alasannya, ya, rumah, kan tempat berteduh kami, di mana semua nilai baik keluarga bisa ditanamkan. Kedua tentunya, tempat yang saya anggap aman dan nyaman. Dan yang paling penting, bisa menekan budget keuangan keluarga, ahahaha. Setuju dong buat alasan saya yang terakhir ini, mommies? Ini dia 5 kegiatan referensi dari saya, yang bisa mommies gunakan.

1. Olahraga dengan si kecil

5 Liburan Kreatif di Rumah dengan Anak Tanpa Mahal - Mommies Daily

Kalau mommies termasuk yang jarang olahraga, inilah saat yang tepat buat kembali mencari keringat. Olahraga di akhir pekan, cocok dong ya, buat mommies yang sehari-harinya sibuk dengan kegiatan kantor. Duh, tapi kok bingung, mau olahraga apa? Dipilih aja gerakan yang super gampang, yang penting gerak. Atau search keyword di youtube “movement activities for kids”, dan semacamnya. Kalau masih belum menemukan  ide, bersih-bersih rumah dan mencuci mobil, juga bisa ajang olahraga, lho :)

2. Kids documentary movie

5 Liburan Kreatif di Rumah dengan Anak Tanpa Mahal - Mommies Daily

Ketika anak kita sudah besar, tentunya kita mau, dia punya dokumentasi yang lengkap dan apik tentang dirinya. Dan jangan hanya dalam bentuk foto. Mengingat, sekarang lagi zamannya vlogging, kenapa nggak kita juga simpan dokumentasi keluarga dalam bentuk video. Apalagi smartphone sekarang, megapixel-nya udah canggih, sudah cukup bagus untuk sekelas dokumentasi keluarga. Oh iya, lebih seru lagi, kalau ada jalan ceritanya. Misalnya, “Sabtu seru memasak bersama ayah dan bunda.” Bergiliran nge-shoot, jadi semuanya bisa masuk frame.

3. Menggambar dan mewarnai

Meski gadget-gadget sekarang sudah dilengkapi dengan games atau fitur menggambar dan mewarnai, saya masih lebih suka media kertas dan pensil warna. Dari segi motoriknya, kan, juga bisa terstimulasi lebih baik. Buat kegiatan yang satu ini, tugas saya dan pasangan sebagai orangtua jadi lebih ringan, dengan HP DeskJet Ink Advantage 3775. Segala macam bentuk hewan, bentur dasar seperti segitiga, lingkaran, persegi panjang dan sebagainya, tinggal saya cari di internet, simpan dan print melalui smartphone. Wah kok bisa? Iya mommies, jadi printer ini bisa terkoneksi dengan wireless langsung dari smartphone. Aplikasinya juga sudah tersedia untuk pengguna IOS, Android, Windows 8 Tablet, dan Google Chrome. Mommies bisa cari tahu lebih banyak di sini, ya.

5 Liburan Kreatif di Rumah dengan Anak Tanpa Mahal - Mommies Daily

 

Kalau udah kayak gini Jordy, nggak bisa stop mewarnai macam-macam bentuk gambar. Bosan dengan satu bentuk, bisa langsung print bentuk lainnya dari HP. Asiknya lagi, printer ini juga dilengkapi dengan fitur scan dan copy. Bentuknya yang compact bikin nggak makan tempat.

4. Let’s cooking

5 Liburan Kreatif di Rumah dengan Anak Tanpa Mahal - Mommies DailyManfaat belajar masak buat si kecil udah nggak perlu diragukan lagi deh, ya. Belajar warna dari macam-macam sayuran, mengenal berbagai macam rasa, satuan berat, tekstur bahan-bahan makanan dan pastinya belajar membaca. Motoriknya juga ikut terlatih, saat dia mengaduk, menguleni adonan atau menuang cairan tertentu ke dalam wadah. Jangan lupa awasi dari benda-benda tajam, dan panasnya wajan, ya, mommies.

5. Mencari harta karun

5 Liburan Kreatif di Rumah dengan Anak Tanpa Mahal - Mommies Daily

Jadi dari awal, saya akan kasih tau si kecil, benda apa saja yang akan dia cari. Misalnya, mobil-mobilan kecilnya, kacamata ayah dan jam tangan bunda. Nanti akan saya kasih petunjuk berupa peta, tempat yang  saya taruh “harta karun” tadi, akan saya beri tanda. Petanya berupa foto ruang tamu aja, yang difoto dari smartphone, edit sedikit untuk kasih tanda-tanda adanya “harta karun” tadi dan tinggal print deh, pakai HP DeskJet  Ink Advantage 3775. Liburan tanpa mahal, tapi tetap kreatif, kan? hihihi.

Dari kelima pilihan tadi, mommies tertarik coba yang mana? Atau ada ide lainnya?


Post Comment