Hindari 5 Kesalahan Makeup Ini Biar Nggak Keliatan Tua

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Niat dandan kan agar terlihat segar atau lebih muda :D. Nah, kalau makeup membuat tampak lebih tua, apa yang salah? Mungkin pada cara aplikasinya!

Niat memulas wajah dengan make-up tentu supaya wajah kelihatan lebih mulus, bersinar, dan lebih menarik, ya kan? Tapi kalau ternyata malah bikin wajah kelihatan lebih tua dari aslinya? Bukan make-up-nya yang salah, pengaplikasiannya mungkin ada yang nggak benar. Yuk, mulai dengan yang benar.

Kesalahan Makeup - Mommies Daily

Tipis-Tipis Saja
Banyak yang salah kaprah, semakin tambah umur, semakin tebal foundation, atau concealer yang dipakai buat menutupi kekurangan. Padahal hal ini nggak selamanya benar. Buat sehari-hari, walaupun alas bedak tetap diperlukan, pengaplikasiannya nggak perlu tebal-tebal. Nggak apa-apa kalau mau skip concealer. Pakai ujung jari sudah cukup. Kalau nggak pede pakai jari, pakai sponge atau brush juga oke.

Pilih Alas Bedak Yang Tepat
Buat kulit berminyak, foundation paling tepat adalah loose powder foundation supaya kulit wajah nggak kelihatan kayak tambang minyak seharian. Sementara untuk kulit kering, boleh saja nggak pakai foundation, coba tinted moisturizer dengan menggunakan spons saat pengaplikasiannya.

Riasan Gelap?
Untuk mommies yang sudah berusia di atas 30-an, riasan gelap di sekitar bawah mata bisa menjadikan tampilan jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Ingin tetap pake eyeliner? Pakai eyeliner tipis-tipis saja di kelopak mata dan pertegas dengan maskara. Kalau saya, sih, pakai bulmat palsu yang natural biar mata kelihatan lebih ‘berbicara’

Concealer Berlebihan
Nggak semua wanita yang berusia di atas 35 punya garis-garis halus di sekitar mata. Yang usia muda pun, kalau salah perawatan kulit bisa punya juga. Untuk itu biasanya concealer jadi andalan buat nutupin kekurangan. Tapi, sekali lagi, jangan berlebihan. Kalau berlebihan malah garis-garis halus akan makin jelas terlihat dan makeup malah menunjukkan kekurangan tersebut.

Jangan Lewatkan Primer
Sebelum pakai alas bedak, selalu, selalu, dan selalu aplikasikan primer terlebih dahulu. Primer berguna untuk membuat wajah menjadi kanvas yang mulus, menutup pori-pori, dan membuat tampilan makeup jadi lebih halus. Pilih saja primer yang berbahan dasar silikon.

Pakai Lipstick Warna Natural
Kalau nggak mau terlihat makin tua, hindari warna-warna gelap seperti ungu, atau cenderung coklat tua. Gunakan saja lipstick warna-warna merah tanah, coral, atau merah bata. Oya, gunakan juga lip liner ya, biar nggak berantakan.

Alis Warna Lembut
Saya memang dari dulu bukan penggemar alis tebal dengan warna hitam tegas. Memang alis seperti ini bagus, tapi efeknya, jadi menampilkan wajah di usia yang lebih tua dari usia sebenarnya. Nggak salah, sih. Tapi kalau ingin terlihat natural, gunakan warna lembut dan perlahan, isi daerah yang kosong untuk mempertebal alis secara natural. Bentuk dan warna alis seperti ini mempertegas bentuk wajah dan menjadi instant face lift. Pilih palet eyebrow supaya warnanya bisa di-mix sesuai dengan warna alismu, mom.


Post Comment