Kalau Sudah Menemukan Tanda Ini, Waktunya Make-Up Dibuang

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Biarpun masih terlihat bagus, kalau sudah kadaluarsa, make-up malah bahaya buat kulit kita, moms. Ini cara mengenali makeup kadaluarsa.

Kadang saking kebanyakannya, atau malah saking jarangnya palet eye-shadow digunakan, ia teronggok begitu saja di sudut meja rias kita. Begitu ingin dipakai, masa kadaluarsanya pun sudah lewat. Eits, jangan maksa untuk digunakan, ya! Kosmetik kadaluarsa, walaupun terlihat baik-baik saja dan masih bagus, justru nggak bagus buat kulit kita. Eye shadow, eyeliner, atau maskara yang expired bisa menjadi tempat bakteri berkembang, dan bisa menyebabkan konjungtivitis, infeksi pada mata yang menyebabkan mata bengkak dan merah.

Yuk, pelajari kapan waktunya kosmetik kita harus disingkirkan.

Kalau Sudah Menemukan Tanda Ini, Waktunya Make-Up Dibuang - Mommies Daily

Maskara
Biasanya maskara punya masa kadaluarsa 3-4 bulan setelah segelnya dibuka. Namun kalau sebelum masa tersebut maskara kesayangan mommies sudah mengental, atau mengeras, jangan dipakai lagi, ya. Kondisi tersebut umumnya menunjukkan kontaminasi bakteri dan kotoran dari udara.

Eyeliner
Kalau mommies sudah melihat bercak putih pada ujung eyeliner pencil, itu artinya sudah terkontaminasi jamur. Jadi, langsung disingkirkan saja, ya, mom. Untuk eyeliner cair, disebut kadaluarsa kalau sudah mengering, terasa kasar dan baunya nggak sedap.

Lebih suka mengaplikasikan eyeliner menggunakan kuas terpisah? Nah, ini juga bisa memicu bakteri masuk ke dalam eyeliner, nih, moms. Rajin-rajinlah mencuci kuas supaya nggak mempercepat masa kadaluarsa eyeliner kesayangan.

Foundation
Alas bedak yang sudah kadaluarsa malah akan menyumbat pori-pori kita. Kulit akan kemerahan dan terasa gatal. Karenanya, kalau foundation sudah berubah warna maupun teksturnya, sebaiknya jangan dipakai lagi. Untuk alas bedak cair, biasanya akan terlihat lapisan-lapisan aneh di dalam botolnya. Baunya pun nggak enak.

Bakteri dan kotoran di udara bisa menyumbang bakteri ke alas bedak. Jadi saat dipakai, usahakan langsung ditutup setelah kita menuangkannya ke tangan.

Lipstick
Pada umumnya, perona bibir ini bertahan hingga 18 bulan moms. Namun, sebaiknya segera ganti lipstick bila warna, bentuk, dan aromanya mengalami perubahan signifikan. Tips mudah, lap lipstik berbentuk stik setiap selesai digunakan guna menghilangkan bakteri atau kotoran. Sementara untuk liquid lipstick lebih pe-er, sih. Tipsnya, jangan di-share dengan orang lain :D.

Eyeshadow atau Blush On
Kosmetik dengan bentuk pressed powder biasanya memang lebih lama masa kadaluarsanya dibanding yang berbentuk cair. Jadi, blush on, bedak, atau eye shadow bisa bertahan sekitar 2 tahun. Tapi, segera singkirkan dan jangan dipakai lagi kalau warnanya menggelap, serta teksturnya berubah menjadi pecah-pecah. Biasanya, kalau terkena air, eye shadow atau blush on lebih cepat terkontaminasi dengan bakteri. Jadi, jangan lupa tutup rapat semua pressed powder Anda, setelah selesai digunakan, ya.

PENTING!
Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui masa kadaluarsa kosmetik kita. Perhatikan saja gambar botol terbuka pada kemasan (biasanya terletak di bagian bawah produk) yang ada tulisan 6M, atau 12M. Itu menandakan bahwa setelah dibuka, produk bisa bertahan selama 6 atau 12 bulan.


Post Comment