Kumpulin Sedikit-Sedikit (Duit), Bisa Jadi Bukit (Duit)

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Jangan anggap remeh uang receh. Kalau dikumpulin sedikit-sedikit, lumayan bisa beli emas buat investasi, kayak saya ini.

Kadang-kadang, kita suka nggak terlalu perhatian sama uang receh. Uang receh di sini artinya bukan cuma kembalian belanja sayur sekitar 100-500 perak, ya. Tapi juga uang receh buat jajan kopi hits, es teh tarik, atau printilan buat hiasan meja kantor. Uang receh nggak berasa, sih, pas dikeluarin, tapi kalau dikumpulin bisa buat nabung untuk liburan ke Lombok. Atau buat beli yang penting-penting seperti pulsa sampai bensin. Atau dalam kasus saya, bisa beli emas hehehe.

Cara ngumpulin uang receh sebenarnya gampang, asal rela dan ikhlas beberapa pos jajan hal nggak penting, dipotong. Seperti beberapa hal yang saya lakukan ini:

Kumpulin Sedikit-Sedikit (Duit), Bisa Jadi Bukit (Duit) - Mommies Daily

Vanilla Latte Seminggu Sekali

Dulu, saya hobi banget jajan kopi atau vanilla latte setiap pagi, supaya tetap bersemangat menghadapi kerjaan kantor yang menumpuk? Setelah saya hitung-hitung, 30.000 dikali 5, sudah 150.000 per minggu, lho. Kalau dikali 3 minggu saja,  lebih dari cukup bayar cicilan 5gr emas di Pegadaian ;). Akhirnya, saya coba bikin sendiri atau beli kopi instan lokal. Untuk vanilla latte? Ya, boleh, deh, seminggu sekali jajannya. :D.

 Manikur Sendiri

Kalau pedikur sendiri dianggap susah karena ribet bungkuk-bungkuknya, manikur sendiri saya nggak masalah. Sayang soalnya kalau cuma buat gunting dan ngecat kuku aja harus bayar 100.000 setiap 2 minggu sekali, kan. Kalau perawatan tangan secara keseluruhan, cukup sebulan sekali.

 Bawa Selalu Botol Isi Air Putih

Yang namanya minum, sudah pasti jadi kebutuhan. Hanya saja, kadang-kadang kebutuhan ini disepelekan, sehingga untuk bawa air putih di dalam botol minum saja, malasnya bukan kepalang. Berat, itu alasan yang seringkali didengar. Padahal dengan beli air mineral dalam kemasan setiap kali haus selama di perjalanan, atau misalnya makan siang, berarti kita mengeluarkan banyak uang yang kelihatannya receh.

 5000 Setiap Hari

Kelihatannya aneh kalau dilakukan orang dewasa, tapi ini bagus untuk dilakukan. Coba beli celengan dari keramik yang bentuknya lucu banget, sehingga kalau mau diambil uangnya, celengannya harus dipecah. Disiplinkan diri untuk nabung 5000 setiap hari. Setelah 3 bulan, pecahkan celengan. Hmmm…kira-kira bisa dibelikan buat apa, ya? ;)

 Berhenti Merokok

Duh, membicarakan poin ini saya sebenernya sudah hampir hopeless. Saya sih nggak merokok, tapi ada satu teman saya yang susah banget saya minta berhenti merokok. Padahal dia punya anak-anak. Gini aja, deh, kalau Anda berhenti merokok, uang Anda utuh, dan paru-paru Anda akan sangat berterima kasih.

 Semedi Sebelum Membeli

Melihat pigura lucu, langsung mikir, ah beli ah…buat pasang foto anak-anak di meja kantor. Lihat baju kuning cakep, ah beli ah…buat dipasangkan sama kulot hitam yang kemarin baru beli juga. Padahal ternyata, ada baju kuning lain di lemari yang nggak kalah gaya. Sebelum membeli, terutama hal-hal perintilan, saya coba semedi dulu barang 5 menit. Selama proses semedi, tanyakan pada diri sendiri, barang ini penting nggak, ya? Kalau sudah dibeli akan diletakkan dimana? Sudah punya yang mirip belum, ya, kira-kira?

Demikian. Semoga tips receh ini, juga bisa menyelamatkan uang receh para mommies sekalian :D.

Baca juga:

Cara Membedakan Kebutuhan dan Keinginan


One Comment - Write a Comment

  1. adiesty

    Hahahaa.. Selain semedi, tambahin poin satu lagi, Mbak. Kebawa mimpi apa nggak. Kalau berhari-hari kebawa mimpi, biasanya gue akan mikir lagi. Beli apa nggak, syukur2 pas mau beli, eh, produknya udah nggak ada. Berarti emang belum rezeki, uang pun selamat. Aman sentosa, hehehhee

Post Comment