Waxing Sendiri di Rumah? Perhatikan Dulu Hal Ini

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Walau tampaknya mudah waxing sendiri di rumah, harus tahu aturannya biar nggak iritasi.

Waxing Sendiri di Rumah?  - Mommies Daily

Pernah nggak kepikiran, ngapain capek-capek ke salon, atau bayar mahal-mahal cuma buat buang bulu-bulu di ketiak, atau kaki? Buat sebagian kita, kalau bisa dikerjakan di rumah, ngapain ke salon? Cat rambut sendiri aja bisa, masa waxing yang lebih sederhana aja nggak bisa?

Waxing sendiri di rumah, sih, mungkin banget dilakukan. Tapi, tetap harus ikuti aturannya, ya. Sama kayak cat rambut sendiri, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya kulit nggak iritasi. Berikut panduannya. Pastikan sebelum melakukan waxing, area yang akan di-wax tidak ada luka, jerawat, atau pun ruam kulit, supaya tidak timbul radang, bengkak, atau infeksi.

Skin Exfoliate

Waxing Sendiri di Rumah?  - Mommies Daily
Baik sebelum dan sesudah waxing, ada baiknya kulit di-scrub terlebih dahulu. Gunakan body scrub yang mengandung bahan-bahan alami . Pastikan setelah waxing, Anda mengoleskan pelembap ringan di area tersebut.

Jangan Sampai Kependekan
Sebaiknya, sih, panjang bulu yang mau di-wax sekitar ¼ – ¾ inci. Kalau lebih pendek dari itu, biasanya aktivitas waxing nggak akan terlalu ngaruh, apalagi kalau kita melakukannya sendiri. Kalau dirasa bulu sudah terlalu panjang, trim sedikit dengan menggunakan gunting khusus.

Pakai Bedak Bayi
Setelah kulit dibersihkan, taburkan sedikit bedak bayi ke area yang akan di-wax untuk menyerap sisa pelembap. Aktivitas ini berguna supaya lilin wax dan kain stripnya dapat bekerja dengan optimal.

Pilih Merek Terpercaya

Waxing Sendiri di Rumah?  - Mommies Daily
Buat pemula, sebaiknya, sih, jangan coba-coba. Pilih merek wax atau hair removal yang sudah terpercaya dan dijamin BPOM. Ada baiknya juga memilih wax yang dilengkapi dengan kertas atau wax strip, agar lebih mudah menariknya, terutama di bagian kaki. Biasanya waxing kit jenis ini, lilinnya harus dihangatkan terlebih dahulu. Pastikan suhunya nggak terlalu panas, atau terlalu dingin, ya.

Lakukan Sesuai Instruksi
Selalu oleskan lilin wax sesuai arah tumbuhnya rambut, agar lilin bekerja optimal. Setelah itu tempelkan kain atau strip wax, dengan sedikit ditekan searah pertumbuhan rambut. Biarkan beberapa detik. Kemudian saat melepaskan strip, tahan kulit, dan cabut strip dengan cepat berlawanan arah dengan tumbuhnya rambut. Untuk meredakan rasa sakit, tekan-tekan perlahan area yang baru saja di-wax dengan handuk dingin.

Serahkan Pada Ahlinya
Saya, sih, nggak menyarankan untuk melakukan bikini wax sendiri, karena area tersebut adalah area yang sensitif. Serahkan saja pada ahlinya.  Pastikan juga Anda tidak melakukan waxing dia area intim 1- 2 hari sebelum atau sesudah haid, karena bisa jadi akan sangat sakit akibat perubahan hormon yang biasa kita alami.


Post Comment