Cara Mudah Jinakkan Rambut Singa

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Kalau udah kena bad hair day, sepanjang hari pasti jadi bad mood :D. Apalagi kalau model rambutnya yang gampang ngembang. Gimana cara menjinakkan rambut singa?

Cara Mengatasi Rambut Singa - Mommies Daily

Maksud hati, sih, ingin punya rambut tergerai indah kayak di iklan shampoo. Tapi apa daya, tampilan rambut sendiri ternyata nggak seindah yang dibayangkan. Setiap bangun tidur, rambut selalu tampil bak rambut singa. Mengembang dan gampang banget berantakan.

Sebenarnya kita bisa, lho, menjinakkan rambut singa, karena biasanya yang bikin rambut jadi kayak rambut singa itu adalah karena pemilihan shampoo, waktu keramas, hingga perlakuan pada rambut saat tidur yang salah.

Ikat Rambut Saat Tidur
Peraturan pertama supaya bangun-bangun rambut nggak kaku, keras, dan megar, adalah dengan tidak mengikat rambut saat tidur. Waktu tidur adalah waktu rambut kita istirahat dan bernapas dengan bebas.

Keramas Pakai Air Dingin
Memang enak, sih, mandi dan keramas pakai air hangat di pagi-pagi yang dingin. Tapi air terutama yang terlalu panas akan bikin rambut malah jadi kering dan menghilangkan nutrisinya. Akibatnya rambut akan semakin mengembang.

Pakai Shampoo Khusus

Cara Mudah Mengatasi Rambut Singa - Mommies DailyKebanyakan rambut singa memang didominasi oleh rambut dengan jenis kering. Jadi, ada baiknya pilih shampoo yang memang diperuntukkan untuk rambut kering. Cari yang berlabel anti-frizz atau yang mengandung vitamin E.

Pakai Kondisioner Setelah Shampoo

Cara Mengatasi Rambut Singa - Mommies DailyKondisioner berfungsi melembutkan rambut karena kandungan silikonnya. Namun jangan khawatir, silikon pada kondisioner tidak mengkhawatirkan karena yang dipakai adalah jenis silikon yang ringan.

Nggak Usah Sering-Sering
Buat rambut kering dan mengembang memang nggak perlu terlalu sering keramas, apalagi setiap hari. Cukup 2-3 kali seminggu.

Dirawat Pakai Bahan Alami
Selain shampoo dan kondisioner khusus rambut kering, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu merawat rambut pakai bahan alami. Minyak zaitun, hingga EVCO (Extra Virgin Coconut Oil) baik untuk merawat rambut kering dan mengembang. Oleskan minyak zaitun atau EVCO secara merata pada rambut, diamkan 30 menit, lalu keramas sampai minyak hilang dan rambut nggak lepek.

Hindari Paparan Matahari
Terkena sinar matahari langsung dan terpapar olehnya dalam waktu lama, akan membuat rambut semakin kering. Hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung, ya, moms. Kalau aktivitas Anda banyak berada di luar ruangan, pertimbangkan untuk memakai pelindung seperti topi atau head scarves.

Catokan Bikin Kering

Cara Mengatasi Rambut Singa - Mommies Daily
Mencatok rambut memang cara paling cepat buat pemilik rambut singa tampil dengan rambut rapi dan tergerai indah. Sayangnya, pemakaian catok rambut yang terlalu sering justru bisa bikin rambut makin kering, merah dan bercabang. Kalau hidup mommies hampa tanpa catokan, usahakan untuk selalu mengoleskan serum rambut sebelum mencatok, ya.

Rambut Juga Butuh Maskeran

Cara Mengatasi Rambut Singa - Mommies Daily
Bukan cuma wajah, rambut ternyata butuh maskeran, tak terkecuali pemilik rambut tebal, dan mengembang seperti singa. Produk hair mask baik digunakan seminggu sekali. Tapi, kalau Mommies adalah jenis manusia yang nggak malas rempong, bikin sendiri saja maskernya. Bisa coba bikin masker alpukat atau masker lidah buaya buat perawatan rambut yang lebih alami.


One Comment - Write a Comment

Post Comment