Body Pump, Olahraga Angkat Beban yang Seru

Jika sedang mencari jenis olahraga yang berbeda dari biasanya, Body Pump bisa jadi pilihan menarik. Mau coba?
Setelah reda euphoria olahraga lari, yoga, dan bersepeda, ada lagi, ‘nih yang namanya Body Pump. Bukan jenis latihan baru memang, karena sudah ada sejak tahun 1992. Tapi sepertinya kurang diminati karena harus menggunakan beban dalam latihannya, tidak seperti lari yang cukup modal sepasang sepatu lari atau yoga yang cukup bawa matras.
Perangkat beban yang digunakan pun bukan dumbbell sederhana, tapi yang memang khusus untuk latihan angkat beban. Alat ini wajib ada, karena Body Pump lebih fokus pada pembentukan otot ketimbang penurunan berat badan atau pembakaran kalori. Dan untuk latihan pembentukan, memang biasanya harus menggunakan beban, apapun bentuknya. Karena itu Body Pump idealnya memang dilakukan di pusat kebugaran. Selain alatnya lengkap dan sesuai standar, ada instruktur juga yang bisa membantu mengkoreksi gerakan supaya memperoleh hasil yang efektif dan meminimalisasi kesalahan dan cedera.
20170112_152244
Dalam Body Pump olahraga beban yang dikombinasikan dengan gerakan seperti squat, press, dan deadlift dibuat lebih fun dengan model latihan berkelompok dan iringan lagu-lagu hits top 40 seperti umumnya olahraga cardio seperti zumba atau aerobik. Koreografi gerakan dan lagu pengiring selalu diperbarui setiap caturwulan. Jadi nggak cepat bosan seperti kalau latihan beban sendiri. Meski fun, jangan dikira lebih ringan, ya, latihannya. Bahkan rilis terbarunya, ke-100 yang baru dirilis bulan ini, menambahkan lebih banyak intensitas untuk membangun otot utama dengan gerakan yang lebih menantang guna meningkatkan daya tahan otot.
Tiap sesi latihan Body Pump diset 60 menit, dengan 10 lagu, dimana masing-masing lagu mewakili satu repetasi gerakan. Biasanya untuk pemula diperbolehkan mengikuti setengah kelas dulu, sambil bertahap meningkat tiap sesinya. Mereka akan diarahkan untuk ambil posisi di spot yang dekat dengan instruktur supaya bisa diawasi dan dibantu koreksi gerakannya supaya bisa mendapatkan hasil maksimal tapi tetap nyaman dan aman.
 20170112_152309
O, ya, beberapa peserta yang tertarik punya kekhawatiran kalau ikut Body Pump nanti badan jadi sangat berotot seperti binaragawan. Menurut Triesca Arisandy, instruktur Celebrity Fitness di FX Sudirman, ini tidak akan terjadi karena beban yang digunakan tidak seberat pada latihan binaraga. Pemula start dari 2 x 1,25 kg dan bisa ditingkatkan sesuai ketahanan tapi tidak sampai berpuluh-puluh kilogram per sisi. Bahkan bisa juga dimulai dari pelat bebannya saja dan kurang dari 1,25 kg per beban.
Bagi instruktur body pump sendiri ada pelatihan internal supaya selalu update dengan teknik latihan terbaru. Tiap instruktur akan meluangkan masa belajar dua sampai tiga jam sebelum kelas dimulai untuk membiasakan dengan koreografi terbaru. Jadi saat latihan terasa instruktur sangat menguasai kelas yang diajarkan.
Seberapa cepat hasil yang diperoleh melalui latihan Body Pump? Sedangkan untuk yang sama sekali belum pernah rutin berolahraga, akan perlu waktu empat sampai enam minggu untuk beradaptasi dengan latihan Body Pump, dan sekitar 3 bulan untuk bisa mulai terbentuk otot.
Ada yang berminat mencoba? Atau sudah rutin berlatih Body Pump saat ke gym?
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Post Comment