Memulai Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Juta

Jika mommies ingin mulai bisnis tapi budget terbatas, coba deh tengok pilhan usaha dengan modal di bawah 10 juta ini.

Nggak bisa dipungkirin lagi, yang namanya wirausahawan kini makin berjamuran. Kali ini saya fokus kepada mompreneur yang menunjukkan sepak terjangnya. Entah itu tujuannya untuk pengembangan diri, membangkitkan passion yang terpendam cukup lama akan bidang tertentu, atau melihat peluang yang menggiurkan. Tapi yang pasti berujung ada kesempatan bagus untuk menambah income keluarga.

how-start-business-studentImage: www.entrepreneur.com

Kata Prita Ghozie, seorang Financial Advisor, setidaknya ada 10 hal yang wajib diperhatikan jika ingin menjadi mompreneur. Salah satunya pilih usaha yang ongkos produksinya tidak terlalu tinggi, ekonomis tapi hasilnya bagus. Ini kaitannya erat banget sama permodalan, ya. Dari hasil ngobrol dengan beberapa mompreneur, ini dia 4 model bisnis dengan modal di bawah 10 juta.

  1. Hijab

Dunia fashion hijab saya perhatikan beberapa tahun belakangan ini, membuka  begitu banyak peluang bisnis. Jadi teringat saya pernah  ngobrol dengan Riri F. Hasan seorang pengusaha hijab. Dengan modal 1,5 juta, kini ia bisa meraup omzet tak kurang 50 juta setiap bulannya. Hal yang sama dikemukakan Fina, “alumni” Female Daily Network yang kini serius menggarap bisnis hijab Sophisteca-nya. Modal awal Fina, hanya 1 juta, berdua dengan kawannya. Dimulai dengan 25-30 psc hijab. Saran Fina, jika ingin bisnis online, tampilan foto barang dangan mommies harus proper. Dan bisa ditambah melalui website, dengan total modal sekitar 5 juta hosting website selama 1 tahun.Selain itu, Fina menyarankan tidak bisa hanya mengandalkan promosi online, harus gerilya branding kemana-mana, contohnya rajin ikut bazar.

  1. Pakaian

Perempuan mana yang tak ingin tampil trendy? Pakaian perempuan jadi salah satu item yang bisa dijadikan bisnis. Adalah Shenia, pemilik Gauri Batik, ia mulai bisnis dengan budget 5 juta. Untuk membeli bahan dan upah jahit. Saya perhatikan lewat akun instagram usahanya ini, lewat bisnisnya, ia juga memberdayakan para pejahit rumahan jadi lebih berdaya. Saya sudah pernah membeli produk Shenia, dengan harga terjangkau, kualitas barangnya terbilang mumpuni. Sepertinya poin ini yang ia usung untuk melanggengkan jalan bisnisnya.

  1. Tas kanvas

Adalah Presi Mandari, ia mulai merintis bisnis tas dari bahan kanvas yang diberi label Sackai Bags di tahun 2013 dengan modal 5 juta rupiah. Modal awal itu, untuk membeli mesin jahit dengan kualitas medium dan bahan kanvas. Dengan catatan, belum membeli bahan gulungan, mommies. Baru hanya beli bahan jika ada orderan datang. Sebelum mulai, Presi melakukan riset seputar model bisnisnya ini selama dua tahun, sebelum akhirnya keluar dari pekerjaan tetapnya. Oh iya, untuk makin menekan budget, Presi bilang, penting banget, lho mommies bisa multitasking. Misalnya dari belanja bahan, membungkus pesanan, pembukuan marketing dan lain-lain. Tujuan lainnya supaya jika usaha sudah besar, dan ada masalah kita akan tahu akar permasalahana dimana, dan tidak mudah ditipu orang.

  1. Clothing anak & DIY dari Kardus

Bisnis yang berhubungan dengan anak-anak memang selalu menggiurkan untuk digarap, ya, mommies. Seperti teman saya yang satu ini, Eni.  Ia pun mulai bisnis clothing anak-anak, Kiddledoodle, dengan modal awal skitar 5 juta rupiah. Digunakan untuk membuat label belakang baju, jasa jahit dan sablon. Sementara untuk desain baju, ia memanfaatkan suami yang pintar desain grafis. Nah, kalau pasangan punya bakat tertentu, bisa banget nih, dimanfaatkan, mommies, hihihi. Dari dulu Eni memang bercita-cita mewujudkan hobinya menjadi ladang bisnis. Nggak cuman clothing anak, Eni yang gemar membuat DIY untuk anaknya, juga menyulap hasil kreasinya menjadi DIY edukatif yang dijual. Puzzle layer dari kardus bermodalkan kardus, spidol, pensil warna, lem, cutter dan pastinya skill. Buat mommies yang punya bakat seputar DIY, bisa banget lho, dieksplore. Siapa tahu, DIY yang dibuat juga bisa dijual, kan?

Oh iya, rata-rata dana yang mereka dapatkan untuk memulai usaha adalah dari hasil tabungan. Ternyata nggak harus memulai bisnis dengan modal bombastis, di bawah 10 juta pun bisa, kan? Terbukti, dengan rata-rata 5 jutaan sudah bisa memulai usaha. Mommies tertarik?


Post Comment