Pope Francis Support for Public Breastfeeding

Pimpinan tertinggi umat Katolik ini memberikan dukungannya terhadap ibu menyusui.

Pope Francis Supports for Public Breastfeeding - Mommies Daily

*Image dari WashingtonPost

Sejak kemarin banyak media asing yang memberitakan mengenai dukungan Paus Fransiskus terhadap para ibu yang sedang menyusui bayinya.

Saat memimpin sebuah acara acara baptisan di gereja Sistine, Paus ke 266 membaptis 28 anak, 15 anak laki-laki dan 13 anak perempuan, ketika satu dua bayi mulai menangis, beliau meminta para ibu untuk tidak perlu merasa sungkan jika ingin menyusui anaknya di dalam gereja.

Mengutip kalimat yang diucapkan oleh Paus “The ceremony is a little long, someone’s crying because he’s hungry. That’s the way it is.”

Paus Fransiskus berharap para ibu yang datang ke gereja tidak perlu merasa takut atau malu jika ingin menyusui si kecil, sama seperti dulu Maria menyusui bayi Yesus.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Paus Fransiskus menyatakan dukungannya terhadap breastfeeding di depan umum. Dua tahun lalu, di acara baptisan yang juga terjadi di Sistine Chapel, ketika Paus membaptis 33 infants, Paus juga meminta para ibu untuk menyusui bayinya jika si bayi menangis atau merasa lapar. “You mothers give your children milk and even now, if they cry because they are hungry, breast-feed them, don’t worry,” demikian ucap Paus Fransiskus saat itu.

Menurut Paus Fransiskus, sama seperti seseorang yang menolong orang kelaparan dengan memberikannya makanan tanpa perlu ditutupi atau merasa malu, demikian halnya dengan seorang ibu yang memberikan ASI kepada anaknya. Si bayi merasa lapar dan si ibu memiliki ASI untuk menghilangkan rasa lapar pada bayinya. Itu bukan hal yang memalukan.

Mungkin saja pernyataan Paus ini menjadi jawaban bagi Mary Fischer, parenting blogger ternama yang beberapa bulan sebelum Paus Fransiskus menyatakan dukungannya terhadap public breastfeeding, membuat sebuah tulisan berjudul “5 Places Moms Need to Breastfeed Discreetly,” dan salah satunya adalah gereja.

Menurut Mary, hal terakhir yang ingin ia lihat di dalam tempat ibadat adalah payudara dari seorang ibu yang sedang menyusui. Bagaimana menurut Mommies?


Post Comment