Mengenal Program Cicilan 0%

Ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance.

Suka tergiur dengan program 0%? Sebelum memutuskan untuk belanja, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini lebih dulu.

program cicilan

Dalam menawarkan produknya, tidak jarang toko- toko menawarkan berbagai promo untuk menarik minat calon konsumen, salah satunya program cicilan 0%. Bagi mommies yang belum paham, program cicilan 0% adalah promo membeli produk melalui cicilan kartu kredit tanpa dikenakan bunga. Sehingga produk seharga Rp 4,5 juta misalnya, bisa dimiliki dengan membayar cicilan Rp375 ribu setiap bulan selama 12 kali tanpa mengalami perbedaan harga jika membeli secara tunai.

Promo ini sangat membantu apabila mommies ingin membeli barang tapi memiliki keterbatasan dana. Namun manfaat tersebut bisa berkurang apabila tidak disikapi secara bijak. Apa saja faktor yang perlu diperhatikan?

  1. Beli karena Butuh

Jangan paksakan keinginan membeli produk hanya karena tawaran program cicilan 0%. Meskipun Anda membayar secara cicilan namun limit kartu kredit Anda akan dipotongkan senilai harga produk di awal transaksi. Misalnya kartu kredit dengan limit Rp5 juta dipakai untuk transaksi program cicilan 0% senilai Rp 4,5 juta, maka batas transaksi kartu kredit yang bisa Anda gunakan akan berkurang menjadi Rp 500 ribu. Namun batas transaksi tersebut akan meningkat seiring pembayaran cicilan.

  1. Cek Kemampuan Bayar

Sebelum mengambil program cicilan 0%, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk membayar cicilan tersebut. Jangan sampai Anda menanggung kerugian bunga keterlambatan dan penurunan rating kredit di masa depan hanya karena godaan program cicilan 0% saat ini.

  1. Tanyakan Syarat Ketentuan yang Berlaku

Coba tanyakan apakah ada syarat ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengambil program cicilan 0%. Misalnya, ketentuan minimum transaksi ataupun pembebanan biaya administrasi. Syarat ketentuan ini bisa saja menjadi boomerang apabila tidak ditanyakan kejelasannya sedari awal sebelum mengambil program cicilan 0%.

  1. Cek Harga

Tidak ada salahnya untuk melakukan perbandingan harga ke toko- toko lain sebelum mengambil tawaran program cicilan 0%. Mungkin saja, Anda bisa menemukan penawaran yang lebih menguntungkan.

Bijaklah sebelum mengambil keputusan keuangan agar tidak menimbulkan masalah di masa depan. Live a beautiful life!

 

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

 

 


Post Comment