Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Perjalanan Dinas

Buat saya, melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau ke luar negeri bisa jadi ajang me time yang menyenangkan. Supaya business trip lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu disiapkan lebih dulu. Apa saja?

perjalanan dinas mommiesdaily

Sebagai ibu bekerja tentu ada saatnya kita melakukan perjalanan dinas baik ke luar kota atau pun luar negeri. Tidak hanya saya yang bekerja di perusahaan media seperti Mommies Daily, buat Mommies yang bekerja di bidang lain pun bisa mendapatkan tugas serupa. Iya kan?

Terus terang saja, saat masih menyusui saya cukup menghindar kalau diminta untuk melakukan perjalanan dinas. Kalau kepepet dan memang tidak bisa ditolak, saya pun harus lebih dulu melakukan persiapan. Sementara sekarang, mengingat anak sudah cukup besar dan bisa ditinggal, saya sih senang sekali kalau dapat tugas seperti ini. Syukur-syukur kalau perjalanan dinas bisa mengajak anak.

Lagi pula, sepertinya working while parenting saat ini sudah menjadi hal yang lumrah kan? Selama kita bisa menyeimbangkan dan memisahkan secara tepat tanpa kehilangan profesionalisme dan tanpa meninggalkan tanggung jawab kita sebagai orangtua. Sebagai pekerja professional, kita tentu sudah paham kapan waktunya memisahkan saat work time dan family time.

Yang pasti, agar business trip berjalan lebih menyenangkan dan maksimal ada beberapa hal yang harus disiapkan lebih dahulu.

Pastikan Perlengkapan ‘Perang’ Sudah Lengkap

Yang saya maksud sebagai perlengkapan perang di sini tentu saja persiapan yang berkaitan dengan bahan pekerjaan yang kita perlukan. Sehari sebelum keberangkatan, pastikan file penting yang dibutuhkan harus sudah lengkap. Selain itu semua perlengkapan yang bisa mendukung pekerjaan juga jangan sampai ketinggalan.

Salah satu perlengkapan yang wajib dibawa adalah smartphone yang bisa mendukung semua pekerjaan seperti Samsung Galaxy J7 Prime. Smartphone ini memiliki fitur ultra data saving ,bisa saving kuota data sampai dengan 50%. Dan yang paling penting, fitur ultra power saving ini membuat baterai lebih awet. Menurut saya, sih, fitur ini sangat membantu, ya, jadi kita nggak terlalu  panik kalau beterai cepat habis.

samsungj7

Kebiasaan saya yang lain kalau business trip,  saya juga nggak pernah lupa untuk foto-foto. Iya, hari gini siapa sih, yang nggak selfie atau wefie dengan rekan sejawat? Hahahha… nah, Samsung Galaxy J7 Prime ini sudah dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP sementara untuk kamera depan 8 MP with screen selfie flash. Screen) selfie flash ini efektif banget bikin foto jadi terang meskipun pencahayaan lampu sangat terbatas. Yang penting, ketika membutuhkan dokumentasi selama perjalanan dinas bisa diabadaikan dengan baik. Oh, ya, perlengkapan perang ini juga termasuk menyiapkan make up dan skin care juga, ya. Jangan sampai lupa dibawa.

Packing Cerdas

Entah kenapa, meskipun perjalanan dinas hanya dilakukan beberapa hari, saya sering kali membawa barang berlebihan. Niatnya, sih, buat jaga-jaga, siapa tahu nanti diperlukan. Tapi, saya pun akhirnya mengakalinya dengan melakukan packing dengan cara yang lebih cerdas.

Caranya, dengan menggulung baju supaya menghemat ruang,kemudian masukan ke dalam kantong baju. Oh, pemilihan bau kalau bisa juga dperhatikan, ya. Biar gimana perjalanan ini, kan memang bukan liburan, sehingga penampilan juga lebih diperhatikan. Kalau, saya, sih, terbiasa mentukan tema warna baju.lebih dulu  kemudian bisa saya mix-match sebelum hari keberangkataakan. Buat saya, sih langkah ini bisa  menghemat banyak waktu sesampainya di tempat tujuan.

Cek dan Atur Rencana.Selama Perjalanan

Selanjutnya tentu saja membuat perencaan yang matang di kota tujuan. Apabila kita bisa melihat jadwal perkerjaan tidak terlalu padat, tentu bisa dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan sendiri. Misalnya bisa memanfaatkan waktu  untuk bertemu dengan kolega atau saudara yang memang tinggal di kota yang kia tuju. Mau sambil belanja, juga sah-sah saja. Asalkan waktu yang digunakan memang tidak mengganggu agenda pekerjaan.

Ada yang mau share, kiat lainnya ke saya? Boleh banget, lho.

 

 

 

 

 

 

 

 


Post Comment