banner-detik
GREEN HOME

Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

author

?author?29 Aug 2021

Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

Tanaman rambat bisa jadi ide cemerlang untuk memperindah tampilan rumah, mommies. Ini dia 12 pilihan tanaman rambat untuk dinding, kolam hingga pergola.

Tanaman rambat selain membuat suasana menjadi lebih sejuk juga sudah pasti membuat tampilan rumah lebih segar. Ada beberapa jenis tanaman rambat, yaitu tanaman rambat yang merambat di dinding, di air dan untuk di dalam rumah.

Untuk Mommies yang sedang mempertimbangkan  menambah tanaman rambat di rumah silakan cek pilihannya di bawah ini.

  • Lee Kwan Yew
  • Namanya lucu. Mirip seperti Perdana Menteri Singapura. Jenis tanaman rambat yang menjuntai ini sering saya temui untuk menutupi sebagian dinding bangunan rumah, atau jenis bangunan lainnya. Oh iya, karena dia menjuntai, dan akarnya tidak ikut menempel pada dinding, jadi tidak merusak permukaan tembok atau cat rumah. Dari berbagai sumber yang baca, Lee Kwan Yew, termasuk tanaman yang “bandel”, artinya bisa tumbuh di daerah panas atau dingin.

    Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

  • Bunga Air Mata Pengantin (Antigoron Leptopus)
  • Ada yang bilang tanaman ini sebagai perambat indah, iya, lantaran ada bunga yang umumnya berwarna pink. Hampir sama seperti Lee Kwan Yew, Bunga Air Mata Pengantin, bisa tumbuh iklim mana saja. Tumbuhan rambat berbunga ini, asalnya dari Meksiko. Dari referensi yang pernah saya lihat, cocok banget untuk menutupi gerbang masuk rumah yang berbentuk melengkung.

    85b199435a744f99231f8fe4bb2ea349

  • Morning Glory
  • Bunga yang dihasilkan tanaman rambat ini punya warna yang macam-macam. Umumnya berwarna biru dongker, mengarah ungu. Bisa mommies manfaatkan untuk menutupi, dinding yang terlebih dahulu dilengkapi media rambat, seperti kayu. FYI, jenis tanaman ini masih satu keluarga dengan kangkung, lho. Jika mommies pernah lihat bunga saur kangkung, nah bunga Morning Glory mirip seperti itu.

    Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

  • Mandevilla
  • Walau berbunga indah, tanaman rambat ini tahan terhadap iklim tropis yang cenderung panas. Punya aneka warna bunga, putih, kuning, merah dan pink. Menurut saya, Mandevillam termasuk tanaman rambat yang lebat. Jadi memang  perlu media tanam atau rambat yang juga mumpuni.

     

    Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

  • Sirih Gading
  • Kalau melihat wujudnya, mommies pasti sering deh, menemukan Sirih Gading ini sebagai tanaman hias di halaman perkantoran. Pilihan terakhir saya ini, juga termasuk tanaman yang bandel. Terbukti, di rumah saya Sirih Gading merambat dengan lebatnya, padahal nggak pernah saya kasih pupuk, hanya modal menyiram. Sirih Gading juga bisa mommies gunakan sebagai tanaman hias indoor, cukup ditaruh di dalam vas yang diisi air. Kabarnya, Sirih Gading juga bisa menyerap racun, seperti karbonmonoksida.

    Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

    6. Tanaman Dolar

    Image dari sini

    Tanaman dolar adalah salah satu jenis tanaman hias merambat yang berasal dari Afrika. Memiliki permukaan yang mengilap dan mampu menciptakan suasana asri. Habitat aslinya merupakan tempat beriklim tropis yang sama seperti Indonesia sehingga tidak heran kalau tanaman dolar juga populer dan mudah ditemukan di sejumlah hunian di tanah air. Tanaman ini juga mampu melindungi dinding dari sengatan sinar matahari sehingga cat dinding eksterior pun akan awet.

    7. Sirih

    Kalau selama ini Mommies selalu menganggap sirih adalah tanaman obat, sebenarnya dia juga bisa dijadikan alternatif tanaman rambat lho! Perawatannya mudah sekaligus bisa dijadikan obat, multifungsi kan :). Berwarna kehijauan, tanaman sirih juga memiliki jenis yang memiliki daun berwarna kemerahan yang dikenal dengan nama tanaman sirih merah untuk jadi pilihan tanaman merambat di tamanmu yang lebih berwarna.

    8. Ivy

    English ivy telah lama digunakan sebagai elemen dekorasi. Jika tumbuh secara horizontal, ia dapat menyebar setidaknya dengan lebar 15 kaki dan tinggi 8 inci dan jika secara vertikal bisa tumbuh hingga lebih dari 50 kaki. Tanaman ini dapat tumbuh dalam cahaya terang dan tidak langsung. Tanaman ini lebih menyukai kondisi lembap dan suhu yang konsisten untuk menjaga warna gelap dan kehijauannya.

    9. Teratai

    Photo by Mufid Majnun on Unsplash

    Terarai atau Lotus adalah tanaman rambat di air yang bisa Mommies pilih untuk menambah keindahan kolam di rumah. Bunga ini tidak memerlukan kolam yang dalam. Daun dan bunganya sama-sama menarik untuk dilihat dari atas kolam.

    10. Ganggang Rantai

    Ganggang rantai disukai karena dapat menciptakan kadar oksigen lebih banyak. Bahkan saat ditanam memakai metode hidroponik di dalam kolam, ganggang rantai bisa menjadi tempat perlindungan para ikan, lho!

    11. Alamanda

    Biasanya untuk area pergola sehingga merambat dari atas menuju bawah. Dengan bunganya yang berwarna kuning dan beerbentu terompet dijamin akan membuat rumah terlihat segar dan cantik.

     

    12. Flame of Irian

    Tanaman ini juga cocok untuk menjadi tanaman rambat di pergola. Mengutip dari CNN Indonesia, tanaman ini adalah salah satu flora endemik dari tanah Papua, Indonesia. Orang-orang sering menyebutnya juga dengan nama Kuku Macan. Flame of Irian tergolong tanaman rambat gantung yang dapat tumbuh dengan baik pada hutan dataran rendah dengan suhu panas berkisar 30-35 derajat Celsius. Selain itu dapat berbunga selama 3-5 kali dalam satu bulan. Satu hal yang paling mencolok dari sang Kuku Macan ini adalah warna merah merona pada bunga. Selain sebagai tanaman hias, tumbuhan ini juga punya khasiat sebagai obat.

    Jadi, yang mana pilihan Mommies?

    Baca juga:

    Tanaman Hias yang Aman untuk Anak Kecil

    5 Kiat Menyiasati Halaman Rumah Sempit Jadi Taman Asri

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan