Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

Tanaman rambat bisa jadi ide cemerlang untuk memperindah tampilan rumah, mommies. Ini dia 5 pilihannya buat Anda.

Beberapa bulan terakhir saya sedang mempertimbangkan  menambah tanaman rambat di rumah. Tepatnya di dinding yang mengarah ke jalanan depan rumah. Awalnya mau menaruh pot, tapi kok saya takut berisiko jatuh dan mengenai anak-anak yang sering bermain di depan rumah saya.

Lalu, tibalah ide mau menutupi dinding rumah saya itu, dengan tanaman rambat. Pikir saya, akan terasa lebih rindang dan tentu membuat tampilan rumah lebih kece. Sekarang, masih dalam tahap memilih, kalau mommies juga tertarik, silakan intip 5 pilihannya di bawah ini, yesss…

Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

  1. Lee Kwan Yew

Namanya lucu, ya, mommies…hihihi. Mirip seperti Perdana Menteri Singapura. Jenis tanaman rambat yang menjuntai ini sering saya temui untuk menutupi sebagian dinding bangunan rumah, atau jenis bangunan lainnya. Oh iya, karena dia menjuntai, dan akarnya tidak ikut menempel pada dinding, jadi tidak merusak permukaan tembok atau cat rumah. Dari berbagai sumber yang baca, Lee Kwan Yew, termasuk tanaman yang “bandel”, artinya bisa tumbuh di daerah panas atau dingin.

85b199435a744f99231f8fe4bb2ea349

  1. Bunga Air Mata Pengantin (Antigoron Leptopus)

Ada yang bilang tanaman ini sebagai perambat indah, iya, lantaran ada bunga yang umumnya berwarna pink. Hampir sama seperti Lee Kwan Yew, Bunga Air Mata Pengantin, bisa tumbuh iklim mana saja. Tumbuhan rambat berbunga ini, asalnya dari Meksiko. Dari referensi yang pernah saya lihat, cocok banget untuk menutupi gerbang masuk rumah yang berbentuk melengkung.

Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

  1. Morning Glory

Bunga yang dihasilkan tanaman rambat ini punya warna yang macam-macam. Umumnya berwarna biru dongker, mengarah ungu. Bisa mommies manfaatkan untuk menutupi, dinding yang terlebih dahulu dilengkapi media rambat, seperti kayu. FYI, jenis tanaman ini masih satu keluarga dengan kangkung, lho. Jika mommies pernah lihat bunga saur kangkung, nah bunga Morning Glory mirip seperti itu.

Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

  1. Mandevilla

Walau berbunga indah, tanaman rambat ini tahan terhadap iklim tropis yang cenderung panas. Punya aneka warna bunga, putih, kuning, merah dan pink. Menurut saya, Mandevillam termasuk tanaman rambat yang lebat. Jadi memang  perlu media tanam atau rambat yang juga mumpuni.

Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah - Mommies Daily

  1. Sirih Gading

Kalau melihat wujudnya, mommies pasti sering deh, menemukan Sirih Gading ini sebagai tanaman hias di halaman perkantoran. Pilihan terakhir saya ini, juga termasuk tanaman yang bandel. Terbukti, di rumah saya Sirih Gading merambat dengan lebatnya, padahal nggak pernah saya kasih pupuk, hanya modal menyiram. Sirih Gading juga bisa mommies gunakan sebagai tanaman hias indoor, cukup ditaruh di dalam vas yang diisi air. Kabarnya, Sirih Gading juga bisa menyerap racun, seperti karbonmonoksida.

Kalau saya pilih nomor 1 dan nomor 2, kalau mommies?

Baca juga:

Tanaman Hias yang Aman untuk Anak Kecil

5 Kiat Menyiasati Halaman Rumah Sempit Jadi Taman Asri


One Comment - Write a Comment

Post Comment