Kenapa Serum Wajah Penting Jadi Bagian Dari Perawatan Kulit Wajah?

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Bingung mencari serum yang tepat untuk kulit wajah kering, berjerawat, berminyak atau kusam? Ini beberapa pilihan yang saya suka.

Pentingnya serum menjadi bagian perawatan wajah - mommies daily

Serum sebagai salah satu bagian penting dari rangkaian perawatan wajah, seringkali terabaikan. Dianggap nggak penting, toh, sehari-hari sudah pakai moisturizer, sunblock, toner, hingga krim malam. Masih kurang juga? Tadinya saya juga berpikir begitu. Sudah demikian lengkap, masih perlu serum juga? Ternyata serum itu penting, lho, Moms. Buat yang masih usia 20-an juga disarankan menggunakan serum wajah, karena selain membuat struktur kulit lebih kencang dan kenyal, serum juga bisa mencegah penuaan dini.

Serum biasanya bentuknya lebih cair daripada moisturizer, dan digunakan sebelum mengaplikasikan krim malam. Tapi sekarang banyak juga brand yang menghadirkan serum yang bisa diaplikasikan pagi, sekaligus malam hari. Memang harga serum relatif lebih tinggi daripada krim perawatan wajah biasa. Soalnya, serum punya kemampuan yang lebih dalam merawat kulit wajah. Serum mampu meresap hingga ke lapisan terdalam kulit untuk memperbaiki sekaligus merawat struktur kulit.

Serum Kulit Berjerawat (dan berminyak)

product_1455107296_probio_c_s_800x800

Serum yang tepat adalah serum yang mengandung vitamin C, karena kandungan ini akan membantu kulit kita meningkatkan produksi kolagen, juga proses perbaikan kulit, serta mengurangi peradangan. Selain itu juga, serum yang mengandung retinol (anti-oksidan) juga bisa mengurangi peradangan, menenangkan iritasi, serta mengatur produksi minyak. Sementara serum yang juga mengandung asam salisilat bisa membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Serum Buat Kulit Kering

product_1432636109_Sulwhasoo__800x800

Mommies bisa memilih serum yang kaya akan anti-oksidan seperti vitamin E untuk melindungi sel dari kerusakan oksidatif, atau niacinamide untuk meningkatkan elastisitas kulit serta kadar ceramide. Perhatikan juga, bila serum mengandung asam hyaluronic, karena kandungan ini baik untuk mempertahankan kelembapan kulit wajah.

Serum Buat Kulit Kusam

1451375842-Innisfree-Green_Tea_Seed_Serum

Serum dengan kandungan ekstrak teh hijau, resveratrol, atau ferulic acid berguna untuk meningkatkan efektivitas tabir surya di siang hari, serta memicu perbaikan sel dan penyembuhan pada malam hari. Jadi buat Mommies yang merasa kulitnya kusam, dan terlihat lebih gelap dari seharusnya, coba pilih serum dengan kandungan tersebut di atas.

Serum memiliki kandungan dan partikel-partikel yang sangat efektif dalam merawat kulit wajah. Untuk itu, penggunaannya juga nggak boleh terlalu banyak karena bisa menyebabkan kulit iritasi. 2 menit setelah wajah dibersihkan, dalam keadaan lembap, gunakan serum. Saat ini adalah saat sel-sel kulit yang terhidrasi, hingga memungkinkan bahan aktif untuk menembus lapisan terdalam kulit lebih baik, dibandingkan bila sel sudah dalam keadaan kering. Keluarkan serum kira-kira seukuran kacang untuk diaplikasikan pada wajah dan leher. Tunggu sampai sekitar tiga atau lima menit, baru kemudian aplikasikan moisturizer. Jangan lupa gunakan tabir surya, atau sunblock terutama bila akan beraktivitas di bawah sinar matahari.


Post Comment