Pendidikan Karakter, Sepenting Apa?

Penasaran nggak, sih, kalau sekarang banyak sekali lembaga pendidikan yang ‘menjual’ pendidikan sebagai basic sistem pendidikan? Sebenarnya, seberapa penting pendidikan karakter bagi anak?

Pernah nggak membayangkan kalau anak kita nggak punya karakter yang kuat? Kalau saya, sih, membayangkannya, anak bisa berisiko mengalami krisis moral. Bisa kebayang ya ke depannya akan seperti apa? Bahkan, banyak para ahli yang mengatakan, krisis moral termasuk banyak terjadinya korupsi lantaran kurangnya pendidikan karakter.

Kalau diperhatikan, dewasa ini berbagai sekolah juga banyak ‘menjual’ pendidikan karakter sebagai ladasan system pendidikan yang diterapkan. Setelah membaca berbagai sumber termasuk ngobrol dengan psikolog, pendidikan karakter ini bisa dibilang sebagai suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter meliputi beberapa komponen seperti pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tentu saha bagaimana seseorang bisa melakukan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.

Supaya lebih jelas mengenai pendidikan karakter ini, yuk, kita simak penjelasan Mbak Irma selaku psikolog anak dan keluarga dalam video ini.


Post Comment