3 Kegiatan Bersama Anak Mengisi Liburan

Ditulis oleh: Rosalia Titi Wening

Kegiatan apa ya, yang bisa kita kerjakan bareng bersama anak? Itu sih yang sedang saya pikirkan saat ini, biar liburan anak tetap berkualitas.

Sebagai Ibu pekerja, kadang binggung harus bikin kegiatan apa selama anak libur sekolah. Seperti sekarang ini, anak saya libur sekolah 2 minggu lamanya. Saya yang masih masuk kantor dan belum bisa cuti karena baru pindah kantor harus pintar-pintar atur waktu dengan bikin kegiatan yang bisa kita lakukan bersama di sela-sela saya pulang kantor.

Satu minggu masa liburan berlalu, saya sudah melakukan 3 hal ini. Mungkin mommies juga mau coba:

1. Membacakan cerita dengan alat peraga
Membacakan cerita sebelum tidur hal yang biasa ya, namun kali ini coba deh, gunakan alat peraga sebagai pendukung cerita biar makin seru. Jadi interaksi dengan anak akan lebih terasa. Anak-anak akan lebih menyimak cerita saat diselingi dengan visual. Tapi namanya kita pulang kantor juga sudah kelelahan ya, apa daya kalo sudah begitu baca buku hanya sekadar membacakannya saja. Kalo trik saya, sebelum aktivitas membacakan buku dimulai, karena Brillant belum bisa baca, saya lebih dulu membiarkan dirinya melihat-lihat gambarnya dulu. Nah, sesudah itu tanpa perlu membaca secara harafiah, saya tinggal langsung bercerita menggunakan bahasa saya sendiri sambil memegang topi misalnya, atau alat lain yang disesuaikan dengan cerita. Mayan Mom, energi tidak terkuras banget, meski mata tinggal 5 watt.

2. Bermain tebakan seru
Kegiatan yang satu ini bisa banget kita lakukan sepulang dari kantor, dan dilakukannya ketika ganti baju tidur, menyiapkan makan malam buat suami atau sambil si anak sedang menggambar atau menonton televisi. Biasanya, saya sudah browsing di kantor tebakan-tebakan seru yang belum pernah ia dengar. Bahkan kalo malas untuk mengingatnya, saya copy ke word kemudian print deh, sampe rumah sambil buka contekan:D. Awalnya karena ia masih TK, belum mengerti bermain tebak-tebakan, tapi pelan-pelan saya coba latih, dan sekarang sepertinya lebih jago anak saya nih..hahaha.

3. Masak bersama
Nah, kegiatan satu ini memang harus dilakukan saat weekend tiba, sehingga Mommies bisa lebih dulu menyiapkan bahan-bahan yang ingin dibuat, mau membuat makanan atau sekadar camilan pasti anak suka-suka aja ya. Kalo saya, biasanya menanyakan apa yang anak saya ingin buat bersama. Kalau untuk membuat kue saya memang nyerah saya nggak bisa masak. Jadi saya upayakan jika waktunya masak bersama saya akan membuat menu yang mudah dan cepat. Nah, kemarin saya mencoba mempraktikkan kreasi Lotte Choco Pie. Ini mudah banget, tinggal kita menyiapkan topping apa yang ingin digunakan. Dari bahan buah, keju, koko crunch dan lainnya untuk menghias. Yang penting warna warni dan menarik, anak-anak pasti suka.

snack creation 3

Serunya berkreasi dengan Lotte Choco Pie dengan biskuit vanilla, marshmallow yang lembut serta lapisan coklat premiumnya, bisa mommies kreasikan dalam bentuk makanan dingin, atau lainnya. Dan momen inilah yang menjadikan ibu dan anak ada interaksi yang kuat dan menjadi saling lebih terbuka. Kapan lagi buat camilan bersama anak tanpa perlu repot, kan?

Jadi, untuk mommies yang anaknya masih libur satu minggu, semoga terbantu dengan ide saya ya :D.


Post Comment