7 Alasan Mengapa Singapura Jadi Destinasi Favorit Liburan Keluarga

Selalu ada alasan kenapa banyak keluarga yang tidak pernah bosan liburan ke Singapura. Setidaknya hal ini berlaku untuk keluarga Anita dan Fahfaz, pemenang Travel Battle #SGAduSeru yang diadakan Singapore Tourism Board. Apa alasannya?

Setuju nggak sih, kalau saya bilang Singapura jadi destinasi liburan favorit buat keluarga? Setidaknya gambaran ini saya dapatkan dari beberapa teman dekat yang sering bolak-balik ke sana.

Waktu saya tanya, kenapa, sih, senang sekali liburan ke Singapura? Rata-rata mereka menjawab karena Singapura merupakan negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia, alasan lain tentu tidak terlepas dari pandangan kalau Singapura merupakan negara yang children friendly.

Alasan ini pun diamini oleh keluarga Fahfaz Fimasyyika dan Anita Kusumaranny, keluarga yang beruntung menjadi pemenang Travel Battle yang diadakan Singapore Tourism Board dan Mommies Daily. Masih ingat, dong, beberapa bulan lalu kami mengadakan kompetisi ini? Kompetisi yang mengajak seluruh keluarga untuk mengidentifikasi destinasi liburan yang sesuai dengan karakter kepribadian keluarga.

Adalah keluarga Fahfaz, Aldy dan kedua anaknya Sulthan dan Adeeva yang mewakili #teamTheSasonos , tipe active family. Sementara keluarga Anita Kusumaranny, Ahmad Rizky, dan satu anaknya, Arkhan mewakili #TeamTitiTian, tipe fun family.

Meskipun perjalanan kami sudah lewat  beberapa minggu yang lalu, tapi saya masih ingat seluruh perjalanan bersama mereka. Maklum saja, meskipun baru kenal, tapi kesempatan mengeskplorasi Singapura selama 3 hari 2 malam menyisakan banyak kenangan.

sg

*Sesaat saya sampai di Changi bersama Keluarga Fahfaz dan Anita

Bagaimana tidak, perjalanan dinas saya kali ini benar-benar menyenangkan. Selain bisa mengeksplorasi Singapura lebih dalam, saya pun seperti punya keluarga baru! Kurang apa coba? Lah wong, pas dihari terakhir kami di Singapura, sudah mau janjian playdate bareng bersama, hahhaha.

Saya masih ingat sekali, saat kami kumpul di bandara Soekarno Hatta menuju Singapura, Fahfaz bercerita kalau kedua anaknya sudah antusias dan nggak sabar untuk eksplorasi tempat wisata di Singapura. “Anak-anak aku bangunnya cepet banget, nih, Mbak. Mereka sudah nggak sabar jalan-jalan di Singapura,” ungkap Fahfaz seraya tersenyum. Padahal, keluarga Fahfaz belum setahun liburan ke Singapura, lho.

Orto*Keluarga Fahfaz di ORTO, siap menangkap ikan dan mancing udang

Menurut Fahfaz, ada 3 alasan yang membuat dirinya dan keluarga tidak pernah  bosan menjadikan Singapura sebagai destinasi liburan keluarga. Apa saja?

  1. Singapura merupakan negara yang children-friendly.

Fahfaz mengatakan walaupun anak saya yang perempuan masih balita tapi kami tidak pernah khawatir berkunjung ke Singapura, karena negara ini memiliki banyak fasilitas umum yang sangat memudahkan kami meskipun travelling dengan balita. Saat mengantri di imigrasi Changi airport pun kami diprioritaskan karena membawa anak-anak.

  1. Banyak destinasi yang cocok untuk anak-anak.

Di Singapura banyak sekali tempat yang asik buat keluarga, misalnya ORTO, KidZania, Keppel Centre for Art Education, USS, Singapore Flyer, DUCKtours Tours dan masih banyak lagi tempat untuk anak-anak.

kappel art*Anak-anak bisa membuat paper craft di Keppel Centre for Art Education

  1. Jaraknya dekat dengan Jakarta.

Sudah tahu, dong, ya, perjalanan menuju Singapura ditempuh kurang dari 2 jam? Artinya, saat melakukan perjalanan memungkinkan anak tetap nyaman. “Lagipula Singapura selalu menawarkan atraksi yang menarik bagi kita pengunjung. Selalu ada yang baru” ujar Fahfaz lagi.

Jika keluarga Fahfaz punya 3 alasan yang membuatnya tidak pernah bosan ke Singapura, lain halnya dengan keluarga Anita. Perempuan berhijab ini mengatakan kalau setiap liburan, ia dan suami memiliki beberapa pertimbangan ketika menentukan destinasi liburan. Dan semuanya bisa didapatkan jika berlibur ke Singapura.

“Sebenarnya yang paling penting kalau liburan itu lokasinya yang kids friendly. Biar pun banyak yang sanggup ngajak toddler naik gunung tapi kalau saya, nggak sanggup, hahahaha. Jadi ada beberapa pertimbangan aku dan suami saat menentukan lokasi liburan.”

Anita Fam*Keluarga Anita sudah siap eksplorasi di Art Science Museum

Apa saja?

  1. Stroller friendly

“Anak aku, Arkhan masih harus tidur siang dan susah kalau jadwal liburan harus menyesuaikan jadwal tidur siang. Jadi kalau jalan ke yang banyak tangganya kaya candi, pasti harus googling dulu apakah ada fasilitas disable, lift, dan lainnya. Sementara kalau di Singapura, fasilitasnya sudah stroller friendly banget.

  1. Halal food

“Susah banget kalau  liburan tapi nggak bisa wisata kuliner. Kalo pilihan makanan halalnya sedikit jadi itu itu terus menunya selama liburan. Di Singapura untuk makanan juga banyak pilihan yang halal food, jadi nggak repot. Kalau sholat asal ada mall bisa sholat di changing room, hahahaa.”

  1. Budget

“Pertimbangan lain tentu saja soal biaya, tempat tujuan wisata kurs terhadap rupiah lagi bagus tidak ya ratenya? Standar harga tempat wisata dan makanan juga. Ini yang paling penting. Jangan sampai mau liburan malah tersiksa karena nggak bisa jajan ini itu”.

  1. Iklim Cuaca

“Percuma juga kalo musim hujan wisata ke pantai. Atau banyak atraksi yang ada hanya pada musim tertentu, Jadi salah satu pertimbangan menentukan lokasi liburan juga dipengaruhi dengan cuaca.”

Kalau melihat beberapa alasan yang diungkapkan keluarga Fahfaz ataupun Anita, tidak mengherankan, kalau program itinerary yang dilakukan selama perjalanan bersama Singapore Tourism Board benar-benar mereka nikmati. Hebatnya, nih, meskipun jadwal sangat padat karena setiap hari ada beberapa lokasi dikunjungi, tapi anak-anak baik Sulthan, Adeeva, dan Arkhan sangat menikmatinya. Saya sampai membatin, “Wah, hebat sekali anak-anak ini karena energinya nggak ada habisnya. Seharian tetap ceria dan nggak pernah ngerasa capek.”

Saya pun sempat bertanya kepada mereka, sebenarnya apa saja sih yang paling mengesankan selama melakukan perjalanan 3 hari 2 malam bersama Singapore Tourism Board dan Mommies Daily?

Menurut Fahfaz, selain mendapatkan pengalaman bisa mengeksplorasi hidden place yang  anti-mainstream dan belum pernah dikunjungi serta belum banyak diketahui orang seperti ORTO, ia mengatakan kalau perjalanan kemarin ia dan keluarga sangat terkesan dengan tempat menginapnya di Wanderlust Hotel karena unik, tematik, tidak seperti hotel kebanyakan.

“Anak itu girang banget, apalagi ada bathtub di tengah ruangan, hahaha. Mereka seneng banget main air.

hotel*Hotel Wanderlust, jadi Hotel Favorit Keluarga Fahfaz karena konsepnya yang unik

Selain itu tempat wisata yg berkesan itu pada waktu di ORTO, wah itu kelihatan banget kalau anak-anak sangat enjoy dan happy. Mungkin karena anak-anak saya tipikal yang aktif dan nggak bisa diem. Jadi segala aktivitas yg bergerak mereka seneng banget. Nangkepin ikan kecil-kecil, walaupun waktu itu udara panas, nggak masalah buat mereka, Terus di sana kan juga bisa main trampoline. Itu kesukaannya abang Sulthan.”

 orto2*Yay, tangkapan ikannya banyak!

Sementara Anita mengatakan kalau masing-masing dari anggota keluarga punya kesan yang berbeda-beda. “Buat saya, senang banget ke Gardens by the Bay. Tempatnya bagus banget dan nyaman, saking nyamannya saat jam tidur pun anak nggak rewel karena bisa ketiduran sendiri di stroller. Kalau buat suami, ia suka ke  Dolphin Island karena bener bener edukatif dan respectful sama hewan, bukan eksploitasi hewan disuruh atraksi untuk keuntungan manusia. Kalau buat Arkhan dia enjoy banget saat ke Pororo Park.”

Dolphin*Arkhan bersama kedua orangtuanya sedang mempelajari kehidupan lumba-lumba

Jadi siapa yang mau liburan ke Singapura? Selamat liburan, yah!


Post Comment