Jangan Sampai Kuku Jadi Sumber Penyakit, Ya, Moms!

Ditulis oleh: Dewi Warsito

You are what you eat. Pernyataan ini ternyata berlaku juga buat kuku, mommies. You are what your nails say. Karena kondisi kuku mencerminkan kesehatan dan kebiasaan kita.

Ilfeel nggak, kalau lihat ada perempuan udah pakai matte lipstick terkini, rambut tergerai indah, fashionable dan stylish banget, pas salaman kukunya hitam. Ewwww…

Kadang peran kita sebagai ibu lantas dijadikan tameng atau alasan nggak merawat kuku dengan baik. “Soalnya sebelum ke sini, aku beresin mainan anak-anak dulu, sih,” atau “Duh, nggak sempat deh mau manicure pedicure, mana ada waktu,” baik kata ibu rumah tangga maupun ibu bekerja.

Sebenarnya apa pun peran kita, kuku itu kudu dan musti dirawat kebersihannya. Iya, deh, nggak ada waktu ke salon buat manicure atau pedicure, tapi sebenarnya nggak perlu ke salon, merawat kuku itu mudah, lho, moms.

Kuku yang panjang dan jarang dibersihkan bisa bikin kotoran dan kuman senang bersarang di sana. Kalau kita rajin bersihkan kuku, tentu kita sekaligus mencegah datangnya kuman. Lagipula kuku yang bersih, indah dipandang. Yuk, rawat kuku dengan cara yang benar.

Jangan Sampai Kuku Jadi Sumber Penyakit, Ya, Moms! 2 - Mommies Daily

Rajin Gunting Kuku
Buat yang suka kuku panjang, tetap kita harus rutin gunting kuku. Nggak mesti sampai batas maksimal, tapi ujung-ujungnya juga nggak apa-apa. Saya tipe yang malas ribet dengan kuku panjang. Jadi memang rutin gunting kuku. Saat menggunting itulah, kita bisa sekalian membersihkan kotoran yang terselip di bawah kuku menggunakan sabun lembut.

Cuci Tangan Pakai Sabun
Sebaiknya kita rutin cuci tangan menggunakan sabun cair khusus cuci tangan. Kalau memungkinkan, gunakan air hangat setiap kali kita cuci tangan.

No Alcohol
Sebaiknya kita menghindari menggunakan sabun tangan berbahan alkohol, karena kandungannya malah bisa merusak kuku. Cari yang berbahan natural atau alami.

Manicure ala ala
Nggak sempat ke salon? Bikin sendiri salon sendiri di rumah buat kuku kita. Nggak usah sering-sering, satu kali seminggu juga cukup. Rendam kuku tangan di dalam rendaman air hangat yang sudah dicampur sabun cuci tangan anti bakteri. Sikat kuku menggunakan sikat lembut. Bersihkan kutikel kuku dengan alat khusus. Setelah direndam air hangat dan sabun, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk lembut.

Jangan Sampai Kuku Jadi Sumber Penyakit, Ya, Moms!  - Mommies Daily

Kuku Kuat
Supaya kuku kuat dan nggak gampang patah, saya bisanya menggunakan losion khusus, atau semacam minyak kelapa untuk dioles di tangan termasuk kuku. Minyak zaitun juga boleh dicoba.

Jangan Sampai Kuku Jadi Sumber   Penyakit, Ya, Moms!  - Mommies Daily

Kuku Kuning
Buat para moms yang mungkin sulit menghentikan kebiasaan merokok, nggak jarang kuku kelihatan menguning. Ada trik khusus kalau mau dicoba. Potong jeruk lemon menjadi dua bagian. Lalu gosokkan ke kuku secara rutin. Yang paling bener, sih, berhenti merokok buat menghilangkan noda tersebut =)

Kasih Kuku Istirahat
Siapa yang suka gonta-ganti cat kuku? Sebenarnya nggak masalah kalau kuku sering pakai kuteks, cuma alangkah baiknya kalau kita kasih kuku istirahat buat bernapas. Berikan jeda waktu seminggu sebelum mengecatnya dengan warna lain. Bisa juga kita pakai cat kuku yang memiliki formula khusus supaya kuku tetap bisa bernapas walau lagi pakai kuteks.


Post Comment