Hewan yang Aman Dipelihara Anak Alergi

Si kecil punya alergi tapi mau memelihara binatang? Tenang saja, ada beberapa hewan yang aman dipelihara buat anak-anak yang punya alergi, kok!

“Maaaa… Adis mau memelihara kucing yaaa…”

“Nggak, kamu kan ada asma. Mau bengek setiap hari?”

“Ya, sudah kalau begitu pelihara kelinci aja deh… ”

“Nggak… Di rumah kan, banyak pohon. Nanti pohonan mama habis, dong.”

Kira-kira, begini deh percakapan saya zaman kecil dulu. Iya, saya dulu pengen banget punya hewan peliharaan. Gemes kalau lihat kucing atau kelinci. Sayangnya keinginan saya ini nggak pernah bisa terwujud karena memang mama saya nggak memberikan izin lantaran saya cukup sensitif dengan bulu-buluan. Ujung-ujungnya saya pun bisa bersin-bersin bahkan memicu asma.

Kini, ‘penyakit’ saya pun akhirnya menurun ke anak saya Bumi, dia termasuk sensitif dengan bulu-buluan. Ketika anak saya meminta binatang untuk dipelihara di rumah, saya pun akhirnya mencari informasi, binatang apa saja sih yang cocok dipelihara buat anak alergi. Bukan apa-apa, saya nggak mau Bumi penasaran seperti zaman saya kecil dulu, hahahhaa. Lagipula bukankah memelihara binatang juga punya banyak manfaat?

Berikut beberapa binatang yang bisa dipilih:

Hamster

Ini dia hewan peliharaan anak saya yang pertama. Waktu sedang mengantar eninnya ke pameran pohon dan binatang, anak saya tertarik buat memelihara hamster.

Sepengetahuan saya, hamster ini cocok untuk orang dengan taraf alergi sedang, karena meski kecil, hewan-hewan ini juga berbulu. Mengingat hamster ini nggak berkeliaran di rumah karena hanya cukup hidup di kandangnya, saya pun akhirnya mengizinkan Bumi untuk memelihara.

Ikan

article-2251883-169A9040000005DC-114_964x716

Waaah.. Ini sih ikan yang paling aman buat anak-anak yang mengalami alergi. Karena kan memang ikan nggak punya bulu. Perawatan juga nggak ribet.  Ikan adalah hewan yang sangat cocok untuk semua penderita alergi. Tak ada bulu, tak ada protein penyebab alergi, mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak tempat untuk hidup. Lagi pula, menurut saya, sih, motif ikan yang cantik dengan akuarium yang indah bisa memanjakan mata dan menenangkan pikiran yang sedang stres.

Kura-kura

Selain ikan, kura-kura jadi hewan yang paling aman dipelihara buat anak yang mengalami alergi. Walaupun begitu, bukan berarti kura-kura ini aman dan nggak butuh perawatan lho, ya. Soalnya kura-kura kalau nggak dirawat dengan baik bisa membawa virus salmonella jika tidak dirawat kebersihannya.

Burung

Dari dulu saya suka banget dengan burung yang ukurannya imut semacam parkit dan kenari. Warna yang cerah juga membuat saya kepikiran untuk memelihara. Menurut saya sih, jenis burung juga bisa jadi hewan ‘ramah’ dan jadi pilihan buat anak-anak yang punya alergi.


Post Comment