Menyusui VS Produk Kecantikan

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Apa saja kandungan di dalam produk kecantikan yang perlu dihindari oleh ibu menyusui? Plus, bagaimana aturan mewarnai rambut untuk ibu menyusui? Saya bertanya langsung pada para dokter ahlinya.

Menyusui VS Produk Kecantikan - Mommies Daily

Di beberapa grup whatsapp, kehebohan dalam membahas skin care dan make up selalu bikin saya mupeng berat. Belum lagi instragramnya Female Daily yang sering tebar ‘racun’ lipstik. Sukseslah bikin saya ngiler! Terus kenapa nggak beli saja kalau memang ingin? Nah ini dia masalahnya, beberapa orang mengatakan, bahwa ada produk-produk kecantikan yang tidak baik untuk ibu menyusui. Berhubung saya masih berjuang untuk menyusui Gia sampai dua tahun, jadilah keinginan itu harus ditunda, atau lebih tepatnya ditunda sampai kemudian saya menyakan hal ini pada ahlinya.

Ternyata, menurut dr. Fitria Amalia Umar, SpKK, M.Kes, dokter spesialis kulit yang sehari-hari praktik di Rumah Sakit Gandaria dan Rumah Sakit Siloam Simatupang, skin care dan make up masih boleh digunakan saat sedang menyusui. Horeee!! (langsung beli) Hahahaha. Pesannya, kita tetap harus memerhatikan setiap kandungan yang terdapat di dalam produk kecantikan tersebut. Dr. Fitria mengingatkan para busui untuk menghindari produk kecantikan yang mengandung retinoid, asam salisilat AHA dan turunannya, BHA, steroid, hidroquinon, formaldehyd, dan paraben.

Meskipun kemungkinannya tidak terserap ke dalam ASI, namun ada risiko terjadinya kontak langsung dengan kulit bayi yang membuatnya menjadi berbahaya,” ucap dr. Fitria. Jadi meski tidak akan mengontaminasi ASI, skin care atau make up yang kita gunakan bisa saja membahayakan bayi lewat kontak secara langsung. Bayi bisa mengalami iritasi dan mengalami dermatitis, terutama pada bayi yang memiliki kulit sensitif.

Sementara itu, menurut dr. Ladylove, SpA, dari Rumah Sakit Siloam Manado, saat bayi terpapar produk kecantikan yang mommies gunakan, selain bisa menimbulkan reaksi alergi, bayi juga bisa mengalami gangguan sistem endokrin. Dr. Lady juga menyarankan sebaiknya ibu menyusui tidak menggunakan produk kecantikan yang harus diminum. Beberapa akibat yang bisa terjadi pada bayi yang terpapar produk kecantikan, antara lain munculnya ruam kemerahan pada kulit hingga luka lepuh, yang bisa menyebabkan rasa gatal maupun nyeri. Kalau sudah begini, bayi pasti akan sangat rewel.

Selain produk kecantikan, dr. Fitria juga mengingatkan ibu menyusui yang hobi mewarnai rambut. Ternyata ada aturannya kalau mau mewarnai rambut saat menyusui. Beberapa penelitian mengatakan bahwa penyerapan cat rambut ke dalam ASI sangat minim, sehingga dianggap tidak membahayakan bagi bayi. Namun, dr. Fitria menyarankan untuk hanya menggunakan produk cat rambut yang alami, atau hanya mewarnai bagian batang rambut saja. Kontak cat rambut dengan kulit kepala dapat meningkatkan daya serap cat rambut ke dalam tubuh kita, yang dikhawatirkan dapat membahayakan bayi yang kita susui.

Jadiiii, berhubung proses menyusui masih cukup panjang, mulai sekarang saya tak hanya membaca kolom khasiat dalam produk kecantikan namun juga membaca isi kandungannya. Para suami, please, jangan protes ya kalau kita jadi berlama-lama di toko kecantikan, hihihi.


Post Comment